Keluarga Sandera Israel: Proposal 'Safe Exit' Buat Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Adalah Tipu Muslihat
Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar bersama anggota gerakan militer pembebasan Palestina, menghadiri sebuah parade di Kota Gaza, 30 Mei 2021. 
23:00
20 September 2024

Keluarga Sandera Israel: Proposal 'Safe Exit' Buat Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Adalah Tipu Muslihat

Keluarga sandera Israel mengkritik proposal "safe exit (jalan keluar yang aman)" yang diajukan oleh Gal Hirsch, koordinator Israel untuk tahanan dan orang hilang, kepada pemerintah AS.

Proposal itu yang bertujuan untuk merundingkan pertukaran sandera dengan Gerakan Pembebasan Palestina, Hamas.

 

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (19/9/2024) malam, keluarga tersebut mengatakan: "Hirsch sekali lagi memilih untuk terlibat dalam manipulasi sinis dan mahal dengan mengorbankan para sandera, keluarga mereka, dan rakyat Israel."

Menurut laporan Israeli Public Broadcasting Corporation, KAN, Israel telah mengusulkan kepada Washington sebuah rencana baru untuk mengakhiri perang di Gaza, yang mencakup pembebasan semua sandera secara serentak dan "jalan keluar yang aman" bagi pemimpin Hamas Yahya Sinwar dari Gaza.

Puluhan peti mati tiruan itu diarak mengelilingi ibu kota Tel Aviv sambil diselimuti bendera Israel, bersamaan dengan sejumlah foto para tawanan Israel yang telah meninggal dunia. Sebagai lambang atas kematian para sandera Israel yang beberapa hari terakhir ditemukan tewas di terowongan Rafah, Gaza. Puluhan peti mati tiruan itu diarak mengelilingi ibu kota Tel Aviv sambil diselimuti bendera Israel, bersamaan dengan sejumlah foto para tawanan Israel yang telah meninggal dunia. Sebagai lambang atas kematian para sandera Israel yang beberapa hari terakhir ditemukan tewas di terowongan Rafah, Gaza. (Times of Israel)

Netanyahu Mau Korbankan Sandera Israel

Para keluarga sandera tersebut menggambarkan usulan tersebut sebagai tipu muslihat yang dirancang untuk melemahkan inisiatif baru Amerika untuk membebaskan sandera dan menghentikan perang di Gaza.

Mereka menuduh pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menelantarkan 101 sandera yang diyakini ditawan di Gaza, dengan menegaskan bahwa Hirsch bekerja di balik layar untuk menyabotase upaya internasional agar para sandera bisa kembali. 

"Proses penipuan ini merupakan bagian dari serangkaian langkah panjang yang dikoordinasikan oleh Netanyahu dan mitranya, yang sekali lagi membuktikan bahwa Netanyahu telah memutuskan untuk menelantarkan para sandera," kata mereka.

Keluarga-keluarga tersebut mengecam tindakan ini sebagai kegagalan moral dan etika yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh negara.

Media Israel melaporkan bahwa usulan Israel tersebut mencakup pembebasan semua sandera sekaligus, penyediaan "jalan keluar yang aman" bagi Sinwar dan mereka yang ingin pergi bersamanya, pembebasan sejumlah tahanan Palestina yang tidak disebutkan, pelucutan senjata di Gaza, dan penerapan kerangka kerja administratif untuk mengakhiri perang.

 Laporan tersebut mencatat bahwa Hirsch bertemu dengan keluarga para sandera untuk memberi tahu mereka tentang usulan baru tersebut, tetapi tidak menyebutkan kapan pertemuan tersebut berlangsung.

 Ia mengindikasikan bahwa garis besar usulan tersebut disampaikan selama diskusi dengan pejabat AS di Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri.

Baik Kantor Perdana Menteri Israel maupun Hamas belum mengomentari usulan tersebut.

Garis perbatasan antara Mesir dan Rafah, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Garis ini dikenal sebagai koridor Philadelphia, wilayah yang ngotot dikuasai Israel dan membuat marah negara-negara Arab. Garis perbatasan antara Mesir dan Rafah, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Garis ini dikenal sebagai koridor Philadelphia, wilayah yang ngotot dikuasai Israel dan membuat marah negara-negara Arab. (omanobserver)

Israel Ngotot Pertahankan Pasukan di Gaza

Negosiasi tidak langsung antara Israel dan Hamas telah berlangsung selama berbulan-bulan, difasilitasi oleh Mesir dan Qatar dengan dukungan AS, tetapi terhenti karena desakan Netanyahu untuk mempertahankan kendali atas wilayah-wilayah penting, termasuk Koridor Philadelphia, sementara Hamas menuntut penarikan penuh militer Israel.

Saat ini, Israel menahan sekitar 9.500 tahanan Palestina, sementara Hamas mengatakan bahwa 101 sandera Israel berada di Gaza, dengan laporan banyak yang tewas dalam serangan udara Israel yang membabi buta.

Israel telah melanjutkan serangan brutal di Gaza setelah serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Hampir 41.300 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah tewas sejak saat itu dan lebih dari 95.500 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

 Serangan Israel telah menyebabkan hampir seluruh penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah blokade yang terus berlanjut yang menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. Israel menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

 

(oln/anews/*)

Tag:  #keluarga #sandera #israel #proposal #safe #exit #buat #pemimpin #hamas #yahya #sinwar #adalah #tipu #muslihat

KOMENTAR