Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-940: Desa Heorhiivka di Donetsk Jatuh ke Tangan Putin
Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-940: Desa Heorhiivka di Donetsk Jatuh ke Tangan Putin. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah merebut desa Heorhiivka, sebelah timur kota Kurakhove, di wilayah Donetsk timur Ukraina. 
08:30
20 September 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-940: Desa Heorhiivka di Donetsk Jatuh ke Tangan Putin

Berikut ini peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-940, Jumat (20/9/2024).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah merebut Desa Heorhiivka, sebelah timur Kota Kurakhove, di wilayah Donetsk timur Ukraina.

Blog militer Ukraina yang populer, DeepState, juga mengatakan desa itu berada di tangan Rusia.

Staf Umum militer Ukraina, dalam laporan sore, mengakui desa itu sebagai salah satu dari beberapa desa yang dilanda pertempuran.

Dalam pidato video malam harinya, Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah "berhasil mengurangi potensi serangan penjajah di wilayah Donetsk", meskipun situasinya tetap sulit di daerah-daerah yang menjadi sasaran serangan terberat, dekat Kurakhove dan target utama Rusia lainnya, kota Pokrovsk.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya yang telah Tribunnews.com rangkum di artikel ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-940:

1. Pencapaian Rusia dalam beberapa hari terakhir

Sebelum merebut desa di wilayah Donetsk, kantor berita milik pemerintah Rusia, RIA dan para blogger perang pro-Rusia melaporkan Pasukan Rusia merebut kota Ukrainsk, Ukraina, di wilayah Donetsk timur pada hari Selasa (17/9/2024).

Pasukan Rusia kemudian mengibarkan bendera mereka di sebuah poros ventilasi ranjau di pinggiran kota tersebut.

Kemajuan ini tercapai saat Pasukan Rusia bergerak maju ke arah barat dalam upaya untuk mengambil alih seluruh Donbas. 

Dikutip dari RIA, Staf Umum militer Ukraina, dalam laporan larut malam, tidak mengatakan apa pun tentang Ukrainsk yang berpindah tangan, menyebutnya sebagai salah satu dari beberapa daerah yang diserang Rusia.

Dikatakan 34 serangan telah dicatat di dekat Kota Pokrovsk.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi klaim medan perang dari kedua belah pihak karena pembatasan pelaporan di zona perang.

Pada Senin (16/9/2024) kemarin, Pasukan Rusia merebut kembali kendali atas dua desa di wilayah Kursk barat dari Ukraina.

Moskow menyebut operasi di Kursk sebagai serangan balasan yang signifikan di sana.

Pasukan Rusia telah memerangi pasukan Ukraina di wilayah Kursk sejak 6 Agustus 202.

Kala itu Kyiv mengejutkan Moskow dengan serangan terbesar di tanah Rusia sejak perang dunia kedua.

Ukraina kemudian merebut 100 desa di wilayah seluas lebih dari 1.300 kilometer persegi. 

Kendati demikian, klaim Rusia tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen pada Senin (16/9/2024).

2. Rusia pindahkan puluhan ribu bala tentara

"Serangan Ukraina ke wilayah perbatasan Rusia di Kursk mengalihkan sekitar 40.000 tentara Rusia dari garis depan," kata Zelenskyy pada hari Kamis (19/9/2024). 

Kyiv melancarkan serangan Kursk pada tanggal 6 Agustus dalam upaya untuk menarik pasukan Moskow dari Ukraina timur, tempat tentara Rusia telah merebut sejumlah desa dalam beberapa bulan terakhir.

3. Pasukan Rusia serang panti jompo di Sumy

Pasukan Rusia menyerang panti jompo di kota Sumy, Ukraina, dan menargetkan sektor energinya dalam gelombang serangan udara baru pada hari Kamis (19/9/2024), menewaskan sedikitnya satu warga sipil, kata pejabat Ukraina.

"Selama serangan siang hari di kota utara itu, sebuah bom berpemandu Rusia menghantam sebuah gedung berlantai lima," kata pejabat regional dan militer.

Satu orang tewas dan 12 lainnya luka-luka, kata kementerian dalam negeri.

Zelenskyy mengatakan tim penyelamat dengan tangkas memeriksa untuk melihat apakah ada orang yang terjebak di bawah reruntuhan. 

Gambar-gambar dari situs yang dibagikan bersama dengan unggahan kementerian itu menunjukkan pasien lanjut usia yang dievakuasi dari gedung yang rusak tergeletak di tanah di atas karpet dan selimut.

4. Pelanggaran hukum kemanusiaan

Misi pemantauan hak asasi manusia PBB di Ukraina mengatakan serangan terhadap jaringan listrik mungkin melanggar hukum kemanusiaan.

Sementara Badan Energi Internasional mengatakan dalam sebuah laporan bahwa kekurangan pasokan listrik Ukraina pada bulan-bulan musim dingin yang kritis dapat mencapai sekitar sepertiga dari permintaan puncak yang diharapkan . 

Moskow telah berulang kali menyerang wilayah Sumy, yang berbatasan dengan wilayah Kursk Rusia, lokasi serangan besar Ukraina di mana Kyiv mengatakan telah merebut lebih dari 100 permukiman.

5. Zelensky ke Amerika, Temui Biden dan Harris

Zelenskyy dijadwalkan bertemu Presiden AS, Joe Biden dan Wakil Presiden AS, Kamala Harris di Gedung Putih minggu depan.

Kunjungan tersebut mungkin menjadi kunjungan terakhirnya sebelum pemilihan umum AS yang dapat mengubah kebijakan Washington terhadap Kyiv.

6. Pemimpin Republik Chechnya tuduh Elon Musk matikan Tesla Cybertruck

Pemimpin kuat Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, menuduh Elon Musk pada hari Kamis (19/9/2024) menonaktifkan Tesla Cybertruck yang ia klaim telah diterima dari miliarder itu bulan lalu.

Kadyrov, yang telah memerintah Chechnya dengan tangan besi selama lebih dari 17 tahun.

Ia sempat membagikan sebuah video pada bulan Agustus tentang dirinya yang mengendarai kendaraan listrik dengan apa yang tampak seperti senapan mesin yang dipasang di atapnya.

Kadyrov mengatakan ia menerima kendaraan itu dari Musk, sebuah klaim yang oleh pemilik Tesla itu disebut sebagai kebohongan di platform media sosialnya, X. 

"Sekarang, baru-baru ini, Musk menonaktifkan Cybertruck dari jarak jauh," kata Kadyrov dalam sebuah posting di akun Telegramnya.

Sayangnya, mustahil untuk memverifikasi klaim Kadyrov secara independen.

7. AS luncurkan sanski baru

AS menjatuhkan sanksi pada hari Kamis (19/9/2024) terhadap jaringan yang terdiri dari lima kelompok dan satu orang karena memungkinkan pembayaran antara Rusia dan Korea Utara untuk mendukung perang Moskow di Ukraina dan program senjata Pyongyang, kata Departemen Keuangan.

AS dan Ukraina, serta analis independen, mengklaim Pyongyang membantu Rusia dengan memasok roket dan rudal sebagai imbalan atas bantuan ekonomi dan bantuan militer lainnya dari Moskow.

8. Putin tingkatkan produksi drone

Presiden Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis (19/9/2024) bahwa Rusia meningkatkan produksi pesawat nirawak sekitar sepuluh kali lipat menjadi hampir 1,4 juta tahun ini untuk memastikan kemenangan di Ukraina .

"Secara total, sekitar 140.000 kendaraan udara nirawak dari berbagai jenis telah dikirim ke angkatan bersenjata pada tahun 2023," kata Putin. 

"Tahun ini, produksi pesawat nirawak direncanakan akan meningkat secara signifikan.

 Lebih tepatnya, hampir 10 kali lipat.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #desa #heorhiivka #donetsk #jatuh #tangan #putin

KOMENTAR