Perang Rusia-Ukraina Hari ke-938: Setelah 2 Desa di Kursk, Pasukan Rusia Rebut Kota Ukrainsk
Bendera Vostok Brigade. Pasukan Rusia merebut kota Ukrainsk, Ukraina, di wilayah Donetsk timur pada hari Selasa, kantor berita milik pemerintah Rusia, RIA, dan para blogger perang pro-Rusia melaporkan , saat mereka maju ke arah barat dalam upaya untuk mengambil alih seluruh Donbas.  
09:20
18 September 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-938: Setelah 2 Desa di Kursk, Pasukan Rusia Rebut Kota Ukrainsk

Berikut ini peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-938 pada Rabu (18/9/2024).

Kantor berita milik pemerintah Rusia, RIA dan para blogger perang pro-Rusia melaporkan Pasukan Rusia merebut kota Ukrainsk, Ukraina, di wilayah Donetsk timur pada hari Selasa (17/9/2024).

Pasukan Rusia kemudian mengibarkan bendera mereka di sebuah poros ventilasi ranjau di pinggiran kota tersebut.

Kemajuan ini tercapai saat Pasukan Rusia bergerak maju ke arah barat dalam upaya untuk mengambil alih seluruh Donbas. 

Sebelumnya, Pasukan Rusia Rusia mengonfirmasi pencapaian terbarunya dengan merebut kembali kendali atas dua desa di wilayah Kursk barat dari Ukraina pada Senin (16/9/2024) kemarin, The Guardian melaporkan.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya berikut ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-938:

  1. Dikutip dari RIA, Staf Umum militer Ukraina, dalam laporan larut malam, tidak mengatakan apa pun tentang Ukrainsk yang berpindah tangan, menyebutnya sebagai salah satu dari beberapa daerah yang diserang Rusia.

    Dikatakan 34 serangan telah dicatat di dekat kota Pokrovsk.

    Reuters tidak dapat segera memverifikasi klaim medan perang dari kedua belah pihak karena pembatasan pelaporan di zona perang.

    Pada Senin (16/9/2024) kemarin, Pasukan Rusia merebut kembali kendali atas dua desa di wilayah Kursk barat dari Ukraina.

    Moskow menyebut operasi di Kursk sebagai serangan balasan yang signifikan di sana.

    Pasukan Rusia telah memerangi pasukan Ukraina di wilayah Kursk sejak 6 Agustus 202.

    Kala itu, Kyiv mengejutkan Moskow dengan serangan terbesar di tanah Rusia sejak perang dunia kedua.

    Ukraina kemudian merebut 100 desa di wilayah seluas lebih dari 1.300 kilometer persegi. 

    Kendati demikian, klaim Rusia tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen pada Senin (16/9/2024).

  2. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mendengarkan pengarahan selama perjalanannya ke Kyiv mengenai unsur-unsur rencana Ukraina untuk mendorong Rusia mengakhiri perang, kata Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada hari Selasa (17/9/2024).

    Sebelumnya, Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan Washington telah melihat rencana tersebut.

    "Kami pikir itu merupakan strategi dan rencana yang dapat berhasil," katanya.

  3. Sedangkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky diperkirakan akan menyampaikan rencana tersebut di sela-sela pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York minggu depan.
  4. Klaim palsu yang beredar di media sosial bahwa Calon Presiden (Capres_ dari Partai Demokrat, Kamala Harris melumpuhkan seorang gadis berusia 13 tahun setelah dugaan tabrak lari di San Francisco pada tahun 2011 adalah hasil kerja operasi disinformasi rahasia Rusia, menurut penelitian baru oleh Microsoft. 

    Para peneliti menemukan bahwa operasi tersebut membuat video, membayar seorang aktor untuk tampil sebagai korban yang diduga, dan menyebarkan klaim tersebut melalui situs web palsu untuk outlet berita San Francisco yang tidak ada bernama "KBSF-TV".

    Kelompok Rusia yang bertanggung jawab, yang disebut Microsoft sebagai Storm-1516, digambarkan sebagai peternakan troll yang berpihak pada Kremlin.

  5. Pemilik Facebook Meta mengatakan pada hari Senin (16/9/2024) bahwa mereka melarang RT, Rossiya Segodnya, dan jaringan media pemerintah Rusia lainnya dari platformnya.

    Dikatakan, alasannya adalah media tersebut telah menggunakan taktik penipuan untuk melakukan operasi pengaruh secara rahasia secara daring.

    Larangan tersebut, yang dikritik keras oleh Kremlin.

    Kebijakan baru dari Meta menandai peningkatan tajam dalam tindakan yang dilakukan oleh perusahaan media sosial terbesar di dunia terhadap media pemerintah Rusia.

  6. Pasukan Rusia menembaki area di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina tenggara, Selasa (17/9/2024) malam, menewaskan dua orang dan melukai lima orang , kata gubernur daerah Ivan Fedorov.

    Fedorov, menulis di Telegram, mengatakan tim penyelamat sedang mencari di bawah reruntuhan di kota Komishuvakha, tenggara pusat daerah Zaporizhzhia.

  7. Juara Olimpiade tinju kelas berat Ukraina, Oleksandr Usyk telah dibebaskan setelah ditahan oleh petugas penegak hukum di bandara Krakow, Polandia , kata Zelenskiy pada hari Rabu (18/9/2024).

    "Saya marah dengan sikap ini terhadap warga negara dan juara kami," kata Zelensky di aplikasi perpesanan Telegram.

    Tidak segera jelas mengapa Usyk yang berusia 37 tahun itu ditahan.

    Juara WBC, WBO dan WBA, yang memenangkan emas di Olimpiade London 2012, telah menjadi pahlawan nasional yang membantu upaya perang Kyiv.

    "Teman-teman, semuanya baik-baik saja," kata Usyk dalam sebuah posting Instagram.

    "Ada kesalahpahaman yang dengan cepat diselesaikan. Terima kasih kepada semua orang yang peduli."

    Dana amal Usyk, Usyk Foundation, membantu pasukan Kyiv dalam perang yang diluncurkan Rusia dengan invasi skala penuh terhadap Ukraina pada tahun 2022.

    Yayasan ini membeli ambulans dan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke garis depan.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #setelah #desa #kursk #pasukan #rusia #rebut #kota #ukrainsk

KOMENTAR