5 Poin Penting Upaya Pembunuhan Trump yang Kedua Kalinya, dari Tersangka hingga Secreet Service
Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]
14:24
17 September 2024

5 Poin Penting Upaya Pembunuhan Trump yang Kedua Kalinya, dari Tersangka hingga Secreet Service

Pihak berwenang pada hari Senin mendakwa seorang pria yang diduga merencanakan pembunuhan Donald Trump dengan kejahatan senjata federal.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang insiden akhir pekan, di mana Secret Service menemukan pria bersenjata di lapangan golf Trump di Florida.

Upaya penembakan

Sekitar pukul 1:30 siang (1730 GMT) pada hari Minggu, seorang agen Secret Service AS melihat laras senapan menunjuk keluar dari semak-semak di Trump International Golf Course di West Palm Beach.

Baca Juga: Nangis Baca Kartu Ucapan Ultah dari Donald Trump, Aksi Anak Lelaki dengan Penyakit Langka Ini Sentuh Hati Warganet

Para agen, yang ditempatkan dalam gelembung keamanan yang bergerak satu atau dua lubang di depan mantan presiden, "menyerang" orang tersebut, kata Rafael Barros dari Secret Service, sementara tersangka melarikan diri.

Pria bersenjata itu tidak "menembakkan atau melepaskan tembakan apa pun," kata penjabat direktur Secret Service Ronald Rowe kepada wartawan pada hari Senin, seraya menambahkan bahwa ia tidak memiliki garis pandang yang jelas terhadap mantan presiden tersebut pada saat konfrontasi.

Polisi menemukan senapan semi-otomatis berisi peluru yang dilengkapi dengan teropong, dua ransel, dan kamera video GoPro dari tempat kejadian, menurut pengaduan pidana yang diajukan pada hari Senin.

Pria bersenjata itu berada "antara 300 dan 500 yard (meter)" dari Trump saat ia ditemukan, kata Sheriff Ric Bradshaw.

"Dengan senapan dan teropong seperti itu, jaraknya tidak terlalu jauh," kata Bradshaw.

Baca Juga: Anak Pelaku Penembakan Donald Trump Bongkar Fakta Mengejutkan

Penangkapan terduga pelaku

Sekitar 45 menit kemudian, polisi menangkap seorang tersangka setelah menerima informasi dari seorang saksi yang melaporkan seorang pria melarikan diri dengan kendaraan hitam.

Mobil itu diidentifikasi berdasarkan informasi registrasinya dan terlihat di jalan raya I-95 saat memasuki Martin County yang berdekatan.

Pihak berwenang menghentikan mobil itu, yang pelat nomornya milik kendaraan lain yang dicuri, dan menahan tersangka.

Catatan telepon menunjukkan bahwa ia telah menunggu di semak-semak semalaman, menurut pengaduan pidana.

Siapa tersangkanya?

Polisi mengidentifikasi calon penyerang sebagai Ryan Wesley Routh, yang diwawancarai AFP di Kyiv pada tahun 2022, tempat ia bepergian untuk mendukung upaya perang melawan Rusia.

Di tengah klaim bahwa Routh terdaftar sebagai pemilih dari Partai Republik atau Demokrat, catatan publik menunjukkan bahwa saat ini dia bukan salah satu dari keduanya.

Postingan media sosial yang tersebar di akun X milik Routh yang kini telah ditangguhkan menunjukkan opini politiknya berubah seiring waktu, dengan dukungan yang ditunjukkan untuk Trump dan Presiden Joe Biden.

Dalam beberapa posting awal tahun ini, Routh menyerukan tiket presiden dari Partai Republik yang menampilkan pengusaha Vivek Ramaswamy dan mantan gubernur Carolina Selatan Nikki Haley. Dia baru-baru ini memberikan suara secara langsung selama pemilihan pendahuluan Demokrat tahun 2024.

Routh, 58 tahun, dilaporkan adalah seorang pembangun yang tinggal di Hawaii, dengan catatan penangkapan selama beberapa dekade dan beberapa negara bagian.

Dia secara teratur memposting tentang politik dan kejadian terkini di media sosial, termasuk kritik terhadap Trump, kata media AS.

Pemilihan yang menegangkan

Insiden itu tampaknya merupakan upaya pembunuhan kedua terhadap Trump, setelah serangan di sebuah rapat umum pada bulan Juli yang membuatnya terluka ringan di telinga kanannya, dengan satu peserta rapat umum tewas.

Sejak itu, Trump telah memindahkan sebagian besar acara kampanye ke dalam ruangan dan berbicara kepada audiens dari balik layar antipeluru. Saingannya dari Partai Demokrat, Kamala Harris, juga mulai berbicara dari balik layar.

Retorika politik Trump selalu agresif, tetapi kampanyenya untuk tahun 2024 telah meningkatkan suhu, dengan fokus pada isu imigrasi yang menjadi topik hangat.

Minggu lalu, kota Springfield di Ohio menerima ancaman bom setelah Trump membuat marah basis pendukungnya terhadap 15.000 warga migran Haiti di kota itu, dengan menuduh mereka memakan hewan peliharaan orang lain.

Secret Service menjadi sasaran

Drama hari Minggu membawa sorotan kembali ke Secret Service AS, yang bertugas menjaga keamanan presiden AS yang sedang menjabat dan mantan presiden.

Serangan terhadap Trump pada rapat umum bulan Juli menimbulkan pertanyaan tentang kompetensi Secret Service dan menyebabkan pengunduran diri direktur lembaga tersebut.

Di Florida, Secret Service tidak mengamankan seluruh lapangan golf, dengan fokus pada zona di sekitar presiden, kata Sheriff Bradshaw.

"Dia bukan presiden yang sedang menjabat. Jika dia presiden, kita akan mengepung seluruh lapangan golf ini," katanya. "Namun karena dia tidak melakukannya, pengamanan dibatasi pada area yang dianggap memungkinkan oleh Secret Service."

Biden meminta Kongres untuk memberikan wewenang kepada lebih banyak personel untuk badan tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #poin #penting #upaya #pembunuhan #trump #yang #kedua #kalinya #dari #tersangka #hingga #secreet #service

KOMENTAR