Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berikut Ucapan Beberapa Pemimpin Dunia: Dari Presiden Turki hingga Ibu Negara Mesir
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Instagram/@rterdogan)
20:21
16 September 2024

Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berikut Ucapan Beberapa Pemimpin Dunia: Dari Presiden Turki hingga Ibu Negara Mesir

Senin (16/9) 2024, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membagikan ucapan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pria yang lebih akrab dikenal sebagai Jokowi itu, membagikan ucapan tersebut di akun media sosial pribadinya.

“Di hari Maulid Nabi Muhammad SAW, mari jadikan kehidupan Rasulullah sebagai inspirasi untuk menebar kebaikan dan kedamaian bagi sesama. Semoga kita terus diberi kekuatan untuk meneladani akhlak mulia beliau,” dilansir dari postingan Instagram @jokowi.

Selain Jokowi, inilah daftar para pemimpin dunia yang membagikan ucapan dalam rangka merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

  1. Presiden Turki

Dilansir dari media AA, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membagikan ucapan selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW pada (15/9) lalu. Dalam postingan media sosialnya, Erdogan menyampaikan harapannya terkait perdamaian dan keberkahan bagi umat manusia.

“Pada hari yang spesial ini, perayaan kelahiran Nabi, saya menyampaikan rasa hormat yang mendalam untuk Nabi kita tercinta Muhammad SAW, yang telah membimbing dan memimpin kita semua,” ucap Erdogan.

“Saya berdoa agar malam Maulid membawa kebaikan dan keberkahan bagi umat muslim dan manusia di seluruh dunia,” pungkasnya.

  1. Ibu Negara Mesir

Dilansir dari website resmi State Information Service negara Mesir, Istri dari Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi juga membagikan ucapan selamat untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW (15/9).

Wanita bernama lengkap Entisar Al-Sisi itu membagikan doa dan harapannya.

“Pada kesempatan merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, saya sampaikan salam saya kepada rakyat Mesir, bangsa Arab dan umat Islam. Nabi merupakan contoh kesucian, kebajikan, kesederhanaan, kerja keras yang tulus, dan pengabdian di jalan Allah SWT,” ucap Ibu Negara Mesir.

“Saya juga berdoa kepada Allah SWT agar bangsa Mesir diberi keberkahan di hari yang penuh keberkahan ini,” tambah Entisar.

  1. Presiden Sri Lanka

Dilansir dari media daily news, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe membagikan kata-katanya pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW (16/9). Ia mengajak umat muslim Sri Lanka merakayakan hari tersebut dengan semangat persatuan dan persaudaraan.

Pada kesempatan tersebut, Ranil Wickremesinghe mengingatkan ajaran inti Nabi Muhammad SAW sekaligus mengajak umat muslim di seluruh dunia untuk mengalahkan segala bentuk ekstrimisme.

“Ajaran Nabi Muhammad SAW menekankan kita untuk saling mengerti, mengutamakan keadilan, keharmonisan dan penolakan terhadap kebencian,” ucap Kepala Negara Sri Lanka tersebut.

“Di momen perayaan yang diberkahi ini, saya percaya bahwa umat muslim di seluruh dunia akan bersatu, berkomitmen untuk mengalahkan segala bentuk ekstremisme dan berjuan untuk dunia yang lebih adil dan sejahtera sesuai dengan nilai-nilai yang dicontohkan nabi,” tutupnya.

  1. Perdana Menteri Eithiopia

Perdana Menteri Eithiopia Abiy Ahmed menyampaikan pesan untuk umat muslim pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dilansir dari media ENA, perayaan Maulid Nabi tahun 2024 bertepatan dengan hari jadi Dewan Tertinggi Umat Islam Eithiopia (majlis) yang ke-50.

Di hari yang istimewa itu, Abiy Ahmed mengajak umat Islam di seluruh dunia untuk merenungkan tujuan manusia sebagai individu.

“Setiap individu tidak serta-merta dilahirkan ke dunia, tetapi juga memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Maulid merupakan momen bagi kita untuk mengenang visi dan misi yang telah diemban oleh Nabi Muhammad SAW begitu pun dengan jasa beliau untuk dunia ini, “ucap Kepala Pemerintahan Eithiopia itu.

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan sebagai bahan renungan menurut Abiy Ahmed,

“Kita harus bertanya kepada diri sendiri, mengapa saya di sini? Apa misi dan kontribusi saya untuk masa depan dunia? Apakah saya secara aktif memenuhi tujuan tersebut,” pungkasnya.

  1. Presiden Nigeria

Dikutip dari media daily post, Presiden Nigeria Godswill Akpabio juga membagikan ucapan selamat dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW (15/9). Dalam ucapan tersebut, Akpabio membagikan harapannya sekaligus mengajak umat muslim mencontoh nilai-nilai dari Nabi Muhammad SAW.

“Saya berdoa agar di hari yang baik ini, kita diberkahi dengan kedamaian, kegembiraan dan keberkahan umumnya untuk seluruh dunia, umumnya untuk negara kita.” ungkapnya.

“Saya juga mengajak umat muslim untuk menerapkan ajaran Nabi Muhammad SAW yakni mengutamakan harmoni, cinta, dan pengabdian terhadap kemanusiaan,” tambah Akpabio.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #rayakan #maulid #nabi #muhammad #berikut #ucapan #beberapa #pemimpin #dunia #dari #presiden #turki #hingga #negara #mesir

KOMENTAR