Tentara Israel Perlihatkan Kondisi Terowongan Tempat Tawanan Hamas
Tentara Israel perlihatkan terowongan tempat sandera/tawanan (X)
20:00
11 September 2024

Tentara Israel Perlihatkan Kondisi Terowongan Tempat Tawanan Hamas

Darah di tanah terowongan gelap dan sempit yang ditutup oleh pintu besi, peluru, dan papan catur terlihat dalam sebuah video yang dirilis oleh militer Israel dari lorong bawah tanah tempat enam sandera yang terbunuh ditawan dan dibunuh oleh Hamas.

Video tersebut direkam oleh militer Jumat lalu, kata juru bicaranya, Laksamana Muda Daniel Hagari, saat tim forensik menyelidiki kematian para sandera. Video tersebut dirilis ke publik pada hari Selasa setelah ditonton oleh keluarga mereka dan kabinet keamanan Israel.

Enam sandera tersebut tewas pada malam 29 Agustus, kata Hagari. Mayat mereka ditemukan dan diambil oleh tentara Israel di wilayah selatan Gaza, Rafah, sekitar dua hari kemudian.

Hagari mengatakan sedikitnya dua orang bersenjata Hamas menembak mati mereka di terowongan tersebut, yang berada 20 meter (66 kaki) di bawah tanah, tingginya kurang dari 170 sentimeter (5,6 kaki) dan lebarnya sekitar 80 sentimeter (32 inci). Ada terowongan keluar yang digunakan oleh para militan, di bawah kamar anak-anak di sebuah rumah.

Baca Juga: Serangan Udara di Kamp Pengungsi Gaza, Puluhan Warga Sipil Tewas saat Tidur

Para sandera kemungkinan telah disekap di terowongan yang lembab, di mana sulit untuk bernapas dan berdiri tegak, selama beberapa waktu, mungkin berminggu-minggu, kata Hagari.

Versi video dengan narasi bahasa Inggris menunjukkan magasin senapan Kalashnikov, tas berisi botol plastik berisi urin, dan ember di lubang yang berfungsi sebagai toilet. Pakaian wanita berserakan di tanah. Versi bahasa Ibrani, yang disiarkan langsung di saluran televisi Israel, juga menunjukkan set catur.

Reuters tidak dapat memverifikasi lokasi atau tanggal saat video tersebut direkam secara independen.

Pasukan Israel berada di daerah tersebut, memerangi militan Hamas di atas tanah saat para sandera terbunuh, kata Hagari, seraya menambahkan bahwa para prajurit tidak berupaya melakukan operasi penyelamatan. Militer tidak memiliki informasi intelijen yang diverifikasi secara tepat tentang keberadaan para sandera di daerah tersebut, katanya.

Enam sandera yang tewas adalah dua wanita dan empat pria berusia antara 23 dan 40 tahun, lima di antaranya diculik dari festival tari Nova yang diserang oleh militan pada 7 Oktober tahun lalu. Salah satunya adalah seorang ayah yang bayinya lahir setelah ia disandera. Pembunuhan tersebut telah memicu kemarahan dan curahan kesedihan di Israel.

Baca Juga: 40 Orang Tewas! Israel Serang Zona Aman di Jalur Gaza Selatan Gunakan Bom Amerika Serikat

Upaya untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza yang akan mencakup kesepakatan pembebasan sandera telah gagal, dengan Israel dan Hamas saling menyalahkan atas kebuntuan tersebut. Protes massa minggu lalu menuntut para pemimpin Israel berbuat lebih banyak untuk pembebasan mereka.

Pejuang yang dipimpin Hamas menyandera sekitar 250 warga asing dan Israel ketika mereka menyerbu Israel pada 7 Oktober dan menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina sejak saat itu.

Sekitar 100 sandera masih berada di Gaza, setidaknya sepertiganya diyakini tewas. Lebih dari 100 sandera dibebaskan sebagai imbalan bagi tahanan Palestina pada bulan November dan delapan telah diselamatkan oleh pasukan Israel.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tentara #israel #perlihatkan #kondisi #terowongan #tempat #tawanan #hamas

KOMENTAR