'Diskon' Mesin Cuci Super Murah, Karyawan Ini Bikin Perusahaan Rugi Miliaran karena Typo Harga!
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels.com)
16:16
10 September 2024

'Diskon' Mesin Cuci Super Murah, Karyawan Ini Bikin Perusahaan Rugi Miliaran karena Typo Harga!

Sebuah perusahaan kecil Tiongkok yang mengkhususkan diri dalam penjualan mesin cuci menghadapi potensi kerugian sebesar 30 juta yuan (Rp65 miliar) setelah seorang karyawan secara keliru memberi label harga yang salah pada produk.

Toko Waralaba Little Swan Dongshan, sebuah bisnis kecil yang berbasis di Anhui, Tiongkok, terpaksa meminta pelanggan untuk membatalkan pesanan mereka setelah kesalahan seorang karyawan menyebabkan pesta belanja daring selama 20 menit yang dapat mengakibatkan kerugian bersih sebesar $4,2 juta atau sekitar Rp65 miliar.

Media berita Tiongkok Red Star News melaporkan bahwa pada tanggal 28 Agustus, lebih dari 40.000 pesanan untuk berbagai mesin cuci dilakukan di toko daring Tmall milik perusahaan kecil tersebut hingga seseorang menyadari kesalahan harga dan menutup toko tersebut.

Dalam kurun waktu 20 tahun tersebut, Little Swan menjual mesin cuci senilai 70 juta yuan hanya dengan harga 40 juta yuan, yang berarti perusahaan tersebut mungkin harus menanggung kerugian sebesar $30 juta yuan jika dipaksa untuk memenuhi pesanan.

Baca Juga: Daftar Harga Honda Vario per September 2024, Lengkap dengan Spesifikasi

“Puluhan ribu pesanan dan puluhan juta yuan adalah angka yang sangat besar bagi kami. Kami merasa sangat menyesal untuk semua pelanggan yang terdampak,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. “Kami dengan rendah hati memohon Anda untuk memahami kesulitan kami dan setuju untuk membatalkan pesanan. Kami akan mengembalikan uang Anda secepat mungkin.”

Merespon minat pasar yang meningkat terhadap penggunaan mesin cuci top load, Modena memperkenalkan 3 seri mesin cuci top load terbaru WT 1120 UFGY berkapasiatas 11 kg, WT 1020 UGWH kapasitas 10 kg, dan WT 0820 UGWH berkapasaitas 8 kg, menjawab kebutuhan konsumen dengan pilihan yang lebih fleksibel dan efisien. (Foto: Dok. Modena)Ilustrasi mesin cuci (Foto: Dok. Modena)

Rupanya, salah satu karyawan perusahaan secara tidak sengaja memberi label harga yang salah pada beberapa mesin cucinya karena mereka salah memahami harga istimewa toko daring Tmall-nya, yang mengakibatkan diskon besar yang langsung menarik perhatian pembeli. Misalnya, mesin cuci yang biasanya dihargai 1.699 yuan (Rp3,7 juta) hanya dihargai 299 yuan (Rp650 ribu), sementara model yang seharusnya 2.499 yuan (Rp5,4 juta) salah diberi harga 439 yuan (Rp950 ribu).

“Karena kesalahpahaman ini, kami membuat kesalahan besar,” kata pemilik Toko Waralaba Little Swan Dongshan. “Kami menyadari bahwa masalah ini telah menyebabkan kebingungan di antara masyarakat dan telah benar-benar mengganggu pasar. Kami merasa sangat bersalah dan kesal.”

Untuk meyakinkan orang-orang bahwa diskon besar-besaran itu adalah hasil dari kesalahan seseorang, Little Swan Dongshan Franchise Shop merilis klip pendek dari karyawan yang bertanggung jawab atas kesalahan harga tersebut, di mana mereka meminta maaf atas kesalahan tersebut, seraya menambahkan bahwa mereka tidak dapat menutupi kerugian meskipun mereka menjual semua barang yang mereka miliki.

Otoritas pengawasan pasar setempat saat ini sedang menyelidiki kasus ini, dan para ahli hukum mengatakan kepada SCMP bahwa perusahaan harus memberikan bukti kuat yang menunjukkan bahwa mereka memang telah melakukan kesalahan yang sebenarnya sehingga pengadilan akan dibujuk untuk memutuskan pembatalan kontrak pembelian. Jika tidak, perusahaan mungkin harus memenuhi puluhan ribu pesanan dan berpotensi bangkrut.

Baca Juga: Apple Rilis Jajaran iPhone 16, Ini Spesifikasi dan Harga Lengkapnya

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #diskon #mesin #cuci #super #murah #karyawan #bikin #perusahaan #rugi #miliaran #karena #typo #harga

KOMENTAR