Generasi yang Hilang? Gaza Awali Tahun Ajaran Baru Pekan Ini Tanpa Satupun Sekolah yang Buka
Warga Palestina membawa beberapa barang yang diselamatkan ketika mereka menuju kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, Jumat (30/5/2024). [Omar AL-QATTAA / AFP]
14:56
10 September 2024

Generasi yang Hilang? Gaza Awali Tahun Ajaran Baru Pekan Ini Tanpa Satupun Sekolah yang Buka

Tahun ajaran baru di wilayah Palestina secara resmi dimulai pada hari Senin, dengan semua sekolah di Gaza ditutup setelah 11 bulan perang dan tidak ada tanda-tanda gencatan senjata.

Saat pertempuran terus berlanjut, Israel mengumumkan perintah baru kepada penduduk di Jalur Gaza utara untuk meninggalkan rumah mereka, sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan ke Israel.

Putra Umm Zaki, Moataz, 15 tahun, seharusnya mulai masuk kelas 10. Namun, ia terbangun di tenda mereka di Deir al-Balah di Gaza tengah dan disuruh mengambil wadah air dari jarak lebih dari satu kilometer.

"Biasanya, hari seperti itu akan menjadi hari perayaan, melihat anak-anak mengenakan seragam baru, pergi ke sekolah, dan bermimpi menjadi dokter dan insinyur. Hari ini yang kami harapkan hanyalah perang berakhir sebelum kami kehilangan satu pun dari mereka," kata ibu lima anak itu kepada Reuters melalui pesan teks.

Baca Juga: Aslinya Bandel, Amanda Manopo Pernah Tonjok Teman Sendiri

Kementerian Pendidikan Palestina mengatakan semua sekolah di Gaza ditutup dan 90% di antaranya telah hancur atau rusak dalam serangan Israel di wilayah itu, yang dilancarkan setelah orang-orang bersenjata Hamas menyerang kota-kota Israel pada bulan Oktober tahun lalu.

Badan bantuan PBB untuk Palestina, UNRWA, yang mengelola sekitar setengah dari sekolah-sekolah di Gaza, telah mengubah sebanyak mungkin sekolah-sekolah tersebut menjadi tempat penampungan darurat yang menampung ribuan keluarga pengungsi.

"Semakin lama anak-anak tidak bersekolah, semakin sulit bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam belajar dan semakin rentan mereka menjadi generasi yang hilang, menjadi korban eksploitasi termasuk perkawinan anak, pekerja anak, dan perekrutan ke dalam kelompok-kelompok bersenjata," kata Direktur Komunikasi UNRWA Juliette Touma kepada Reuters.

Anak-anak di Gaza melakukan konferensi pers di dekat Rumah Sakit Al-Shifa (X)Anak-anak di Gaza melakukan konferensi pers di dekat Rumah Sakit Al-Shifa (X)

Selain 625.000 warga Gaza yang telah mendaftar sekolah tetapi tidak dapat mengikuti kelas, 58.000 anak berusia enam tahun lainnya seharusnya telah mendaftar untuk memulai kelas satu tahun ini, kata kementerian pendidikan.

Bulan lalu, UNRWA meluncurkan program kembali belajar di 45 tempat penampungannya, dengan para guru menyiapkan permainan, drama, seni, musik, dan kegiatan olahraga untuk membantu kesehatan mental anak-anak.

Baca Juga: Donald Trump Punya Keyakinan 'Israel Akan Hilang' Jika Kamala Harris Menang Pilpres AS

Hampir seluruh dari 2,3 juta penduduk Gaza telah dipaksa meninggalkan rumah mereka setidaknya sekali, dan beberapa telah harus mengungsi sebanyak 10 kali.

Dalam perintah evakuasi terbaru, Israel memberi tahu penduduk di suatu daerah di Jalur Gaza utara bahwa mereka harus meninggalkan rumah mereka, menyusul penembakan roket ke Israel selatan pada hari sebelumnya.

"Kepada semua orang di daerah yang ditentukan. Organisasi teroris sekali lagi menembakkan roket ke Negara Israel dan melakukan tindakan teroris dari daerah ini. Daerah yang ditentukan telah diperingatkan berkali-kali di masa lalu. Daerah yang ditentukan dianggap sebagai zona pertempuran berbahaya," kata seorang juru bicara militer Israel dalam bahasa Arab pada X.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendesak warga Palestina di Jalur Gaza utara untuk mendatangi fasilitas medis guna mendapatkan vaksinasi polio bagi anak-anak di bawah usia 10 tahun. Jeda terbatas dalam pertempuran telah diadakan untuk memungkinkan kampanye vaksinasi, yang bertujuan untuk menjangkau 640.000 anak di Gaza setelah kasus polio pertama di wilayah tersebut dalam sekitar 25 tahun.

Pejabat PBB mengatakan kampanye di Jalur Gaza bagian selatan dan tengah sejauh ini telah menjangkau lebih dari separuh anak-anak di sana yang membutuhkan obat tetes. Vaksinasi tahap kedua akan diperlukan empat minggu setelah yang pertama.

Kemudian pada hari Senin, Touma mengatakan 450.000 anak yang menjadi sasaran kampanye telah divaksinasi.

"Selasa adalah bagian tersulit saat kami meluncurkan kampanye di utara. Mudah-mudahan, itu akan berhasil sehingga kami menyelesaikan tahap pertama kampanye. Tahap kedua dan terakhir direncanakan pada akhir bulan saat kami harus melakukan semua ini lagi," kata Touma.

Pejabat kesehatan mengatakan pada hari Senin dua serangan udara Israel yang terpisah telah menewaskan tujuh orang di Gaza bagian tengah, sementara serangan lainnya menewaskan satu orang di Khan Younis lebih jauh ke selatan.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengatakan mereka bertempur melawan pasukan Israel di beberapa daerah di Jalur Gaza dengan roket anti-tank dan tembakan mortir.

Militer Israel mengatakan pasukannya terus membongkar infrastruktur militer dan menewaskan puluhan militan dalam beberapa hari terakhir, termasuk komandan senior Hamas dan Jihad Islam.

Perang itu dipicu pada 7 Oktober ketika kelompok Hamas yang menguasai Gaza menyerang Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel berikutnya di Gaza telah menewaskan lebih dari 40.900 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan daerah kantong itu.

Kedua pihak yang bertikai saling menyalahkan atas kegagalan sejauh ini untuk mencapai gencatan senjata yang akan mengakhiri pertempuran dan membebaskan para sandera.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #generasi #yang #hilang #gaza #awali #tahun #ajaran #baru #pekan #tanpa #satupun #sekolah #yang #buka

KOMENTAR