Serangan Israel di Suriah Tewaskan 14 Orang, Pusat Penelitian Ilmiah Jadi Sasaran
Ilustrasi serangan Israel di Suriah [ANTARA/Reuters/Ronen Zvulun]
22:20
9 September 2024

Serangan Israel di Suriah Tewaskan 14 Orang, Pusat Penelitian Ilmiah Jadi Sasaran

Jumlah orang yang tewas dalam serangan Israel semalam di Suriah telah meningkat menjadi 14 orang dengan lebih dari 40 orang terluka, kata media pemerintah Suriah Senin pagi.

Serangan Israel menghantam beberapa daerah di Suriah tengah Minggu malam, merusak jalan raya di provinsi Hama dan memicu kebakaran, kata kantor berita pemerintah Suriah SANA. Jumlah kematian awal yang dilaporkan oleh Rumah Sakit Nasional Masyaf di provinsi Hama barat adalah empat.

Mengutip kepala rumah sakit Faysal Haydar, mengatakan 14 orang tewas dan 43 orang terluka. Syrian Observatory for Human Rights, pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan sedikitnya empat dari mereka yang tewas adalah warga sipil.

Salah satu serangan menargetkan pusat penelitian ilmiah di Maysaf dan yang lainnya menyerang lokasi tempat "milisi dan pakar Iran ditempatkan untuk mengembangkan senjata di Suriah," kata Syrian Observatory for Human Rights. Media lokal juga melaporkan serangan di sekitar kota pesisir Tartous.

Baca Juga: Warga AS Tewas Setelah Ditembak Pasukan Israel di Tepi Barat

Tidak ada komentar langsung dari militer Israel. Israel telah melancarkan ratusan serangan terhadap target di wilayah yang dikuasai pemerintah di Suriah yang dilanda perang dalam beberapa tahun terakhir, tetapi jarang mengakui atau membahas operasi tersebut. Serangan tersebut sering kali menargetkan pasukan Suriah atau kelompok yang didukung Iran.

Israel telah berjanji untuk menghentikan persembunyian Iran di Suriah, terutama karena Suriah merupakan rute utama bagi Iran untuk mengirim senjata ke kelompok militan Lebanon, Hizbullah.

Hizbullah telah bentrok dengan pasukan Israel selama 11 bulan terakhir dengan latar belakang perang Israel melawan Hamas, sekutu Hizbullah, di Gaza.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #serangan #israel #suriah #tewaskan #orang #pusat #penelitian #ilmiah #jadi #sasaran

KOMENTAR