Mau Operasi Ganti Kelamin, Pria di China Gugat RS karena Dipaksa Terapi Setrum
Ilustrasi operasi. (Pixabay)
14:48
22 Agustus 2024

Mau Operasi Ganti Kelamin, Pria di China Gugat RS karena Dipaksa Terapi Setrum

Seorang pria di Tiongkok yang sedang menunggu operasi penggantian kelamin telah mengajukan gugatan sebesar 80.000 yuan (kira-kira Rp175 juta) terhadap rumah sakit, mengklaim bahwa dia dipaksa menerima perawatan kejut listrik, sesuai laporan di South China Morning Post.

Pria berusia 27 tahun ini adalah seorang live-streamer dari provinsi Hebei di Tiongkok utara dan mengunggah video dirinya mengenakan pakaian dan riasan wanita. Pria tersebut mengatakan bahwa dia menerima sengatan listrik selama beberapa hari saat dipaksa masuk rumah sakit selama 97 hari.

Meskipun terlahir sebagai laki-laki, dia memberi tahu Hongxing News bahwa dia mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan. Bintang media sosial ini mulai mengonsumsi estrogen, salah satu hormon seks utama wanita. Akibatnya, ia memiliki rambut panjang, rambut wajah rontok, dan suaranya menjadi lembut. Dia mengklaim bahwa dia telah menyisihkan uang yang dia peroleh dari siaran langsung dengan harapan menjalani operasi untuk mengubah jenis kelaminnya.

Namun, orang tua Linger tidak menyetujui pilihannya. Karena masyarakat Tiongkok secara tradisional percaya bahwa tubuh seseorang adalah hadiah dari orang tua mereka dan bahwa jenis kelamin seseorang tidak boleh diubah, mereka tidak dapat menerima transisi gender anak laki-laki mereka, yang menyebabkan beberapa perselisihan dalam keluarga. Khususnya di Tiongkok, melakukan prosedur ganti kelamin dianggap tidak menghormati orang tua.

Baca Juga: Dapat Pesan 'Tidak Menyeramkan' dari Pria di Pesawat, Wanita Ini Terima Sejumlah Uang di Amplop

Ilustrasi pasien menderita Pansitopenia (freepik/tongpatong)Ilustrasi pasien menderita Pansitopenia (freepik/tongpatong)

Linger mengatakan kepada Hongxing News bahwa dia setuju untuk mengunjungi rumah sakit pada tahun 2022 untuk menghindari konflik lainnya. Meski ia sadar bahwa fasilitas tersebut diperuntukkan bagi pasien psikiatris, namun ia tidak percaya bahwa dirinya sakit jiwa. Seorang dokter di sana mendiagnosisnya dengan "gangguan kecemasan" dan "orientasi seksual ego-distonik", suatu penyakit mental yang mencirikan konflik antara orientasi seksual yang diinginkan dan orientasi seksual sebenarnya.

Segera setelah itu, petugas medis mengambil teleponnya dan memaksanya dirawat di rumah sakit selama 97 hari. “Setelah dirawat di rumah sakit, saya diikat ke tempat tidur dengan tali, dan banyak dokter mengontrol tubuh saya dan memberikan terapi kejut listrik selama berhari-hari,” kata Linger.

Dia menggugat rumah sakit karena melanggar hak asasi manusianya, meminta ganti rugi sebesar 80.000 yuan. Namun, pada tanggal 13 Agustus, Rumah Sakit Jiulongshan mengatakan selama persidangan bahwa mereka "tidak melakukan kesalahan apa pun" dan kejutan diberikan untuk mengendalikan emosi guna meningkatkan kesadaran diri pasien psikiatris.

Menurut pihak rumah sakit, ibu Linger menandatangani formulir persetujuan. Kasus hukumnya masih disidangkan di pengadilan.

Baca Juga: 5 Karakter dalam Drama China Royal Rumours, Dibintangi Meng Ziyi

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #operasi #ganti #kelamin #pria #china #gugat #karena #dipaksa #terapi #setrum

KOMENTAR