Boris Johnson Puji Donald Trump: Pemimpin yang Dibutuhkan Dunia
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson(AFP/GETTY IMAGES/DANIEL LEAL)
18:06
20 Januari 2024

Boris Johnson Puji Donald Trump: Pemimpin yang Dibutuhkan Dunia

- Mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson mendukung Donald Trump menjelang pemilihan presiden AS pada November mendatang.

Dia mengatakan kembalinya Trump ke Gedung Putih bisa menjadi hal yang dibutuhkan dunia.

Dalam kolom mingguannya di Daily Mail, mantan perdana menteri tersebut berpendapat bahwa jika Trump mendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia, pembaruan kepemimpinannya dapat menjadi kemenangan besar bagi dunia.

Namun dilansir dari Guardian, Trump telah berulang kali meragukan kelanjutan dukungan AS terhadap Kyiv jika ia terpilih kembali, sambil membual tentang hubungannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Trump, yang juga berulang kali secara terbuka mengkritik NATO, sebelumnya mengklaim bahwa ia dapat mengakhiri perang Rusia terhadap Ukraina dalam 24 jam.

“Saya tidak percaya Trump akan menyingkirkan Ukraina; sebaliknya, setelah menyadari bahwa tidak ada kesepakatan yang bisa dicapai dengan Putin, saya rasa ada peluang besar bahwa Putin akan melipatgandakan dan menyelesaikan apa yang telah ia mulai dengan memberi mereka apa yang mereka perlukan untuk menang," tulis Johnson.

“Jika itu yang terjadi, maka ada kemungkinan besar, di bawah kepemimpinan Trump, negara-negara barat akan menjadi lebih kuat, dan dunia menjadi lebih stabil," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengundang Trump, yang merupakan kandidat terdepan untuk mendapatkan nominasi Partai Republik, untuk mengunjungi Kyiv.

Dalam sebuah wawancara dengan Channel 4 News, pemimpin Ukraina tersebut menyampaikan harapannya.

“Jika Anda dapat menghentikan perang dalam waktu 24 jam, saya rasa cukup dengan datang ke Kyiv, kapan pun saya berada di sini," ujarnya.

Di bagian lain kolomnya, Johnson mengakui bahwa mantan presiden Partai Republik, yang menghadapi 91 dakwaan kejahatan dalam empat kasus pidana, mengatakan beberapa hal yang sembrono.

Johnson menyatakan bahwa yang dibutuhkan dunia saat ini adalah seorang pemimpin AS yang bersedia menggunakan kekuatan dan ketidakpastian.

"Ini merupakan pencegah utama bagi musuh-musuh Barat," tambahnya.

Tag:  #boris #johnson #puji #donald #trump #pemimpin #yang #dibutuhkan #dunia

KOMENTAR