Hamas Merilis Pernyataan Terkait Pembicaraan Gencatan Senjata, Ini Klarifikasi & Daftar Poin Utama
(LR):Basem Naim, seorang pemimpin Hamas yang merupakan mantan menteri kesehatan Gaza dan Khaled Qaddoumi, perwakilan Hamas di Iran, berbicara dalam konferensi pers di Cape Town pada tanggal 29 November. Ribuan warga sipil, baik warga Palestina maupun Israel, telah tewas sejak 7 Oktober 2023, setelah militan Hamas Palestina yang bermarkas di Jalur Gaza memasuki Israel selatan dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu perang yang dideklarasikan oleh Israel terhadap Hama
15:20
21 Agustus 2024

Hamas Merilis Pernyataan Terkait Pembicaraan Gencatan Senjata, Ini Klarifikasi & Daftar Poin Utama

Gerakan Perlawanan Palestina Hamas mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa mengenai negosiasi gencatan senjata Gaza.

Posisi Hamas terungkap menyusul klaim Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima proposal baru AS.

Hanya beberapa jam setelah pengumuman Blinken, Netanyahu kembali menegaskan kembali persyaratan sebelumnya, menegaskan bahwa perang di Gaza tidak akan berhenti.

Hamas mengonfirmasi pada hari Selasa dalam klarifikasi, yang salinannya diperoleh Al-Jazeera, komitmennya dan kesiapan segera untuk melaksanakan apa yang disepakatinya pada tanggal 2 Juli.

Apa yang disetujui Hamas saat itu didasarkan pada pidato Presiden AS Joe Biden dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyusulnya.

Pernyataan terbaru Hamas dikeluarkan oleh Bassem Naim, seorang anggota senior biro politik gerakan tersebut.

Disebutkan bahwa deklarasi Biden pada tanggal 31 Mei – yang pada dasarnya merupakan usulan Israel, menurut Presiden AS sendiri – dan Resolusi Dewan Keamanan 2735 tanggal 11 Juni menetapkan hal-hal berikut (sebagai bagian dari fase pertama dari tiga fase perjanjian gencatan senjata):

Gencatan senjata segera, lengkap, dan menyeluruh.

Penarikan pasukan Israel ke daerah perbatasan.

Pemulangan para pengungsi ke rumah mereka di seluruh wilayah Jalur Gaza tanpa syarat.

Akses yang memadai dan aman terhadap bantuan kemanusiaan dan perumahan sementara.

Kesepakatan pertukaran antara kedua pihak.

Negosiasi selama tahap pertama harus mengarah pada gencatan senjata permanen dan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza.

Hamas mengatakan pihaknya menyambut baik pengumuman Biden dan resolusi Dewan Keamanan. Hamas menyampaikan tanggapannya yang menyetujui usulan mediator pada 2 Juli.

Penolakan Israel

Namun, menurut pernyataan gerakan tersebut, tanggapan Netanyahu terhadap semua inisiatif dan usulan tersebut adalah lebih banyak pembantaian dan pembunuhan. Pembantaian tersebut meliputi pembantaian Mawasi, pembunuhan kepala gerakan Ismail Haniyeh di Teheran, dan pembantaian sekolah Tabaeen di lingkungan Daraj di Gaza.

Hamas menambahkan bahwa Netanyahu telah menambahkan persyaratan baru untuk negosiasi, termasuk:

Tidak menarik diri dari penyeberangan Rafah.

Tidak menarik diri dari poros Philadelphia.

Tidak menarik diri dari poros Netzarim.

Memeriksa pengungsi yang kembali ke rumah mereka dari selatan ke utara.

Mengubah apa yang telah disetujui mengenai kesepakatan pertukaran tahanan, sehingga mengosongkan kesepakatan tersebut dari isinya.

Menghubungkan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi dengan persetujuan kondisi di atas.

Di antara kondisi lainnya.

Hamas mengatakan pemerintah AS dan masyarakat internasional diminta untuk “mengakhiri ini dan menekan Netanyahu dan pemerintahan fasisnya untuk menghentikan agresi dan menandatangani perjanjian gencatan senjata.”

Pernyataan Antony Blinken Menyesatkan

Sebelumnya pada hari itu, Hamas mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti dengan “keheranan dan ketidaksetujuan” pernyataan Presiden AS Biden yang mengklaim bahwa Hamas menarik diri dari perjanjian gencatan senjata Gaza.

Dalam pernyataan resminya, Hamas menambahkan bahwa pernyataan Biden dan Menteri Luar Negerinya Antony Blinken termasuk "tuduhan yang menyesatkan dan tidak mencerminkan realitas posisi kami," yang ingin menghentikan agresi di Gaza.

Kelompok Palestina menekankan bahwa pernyataan Biden dan Blinken muncul dalam kerangka “bias Amerika terhadap pendudukan Israel dan kemitraan dalam agresi dan perang genosida” terhadap rakyat Gaza.

Hamas menyebut pernyataan mereka sebagai “lampu hijau dari Amerika bagi pemerintah ekstremis Zionis untuk melakukan lebih banyak kejahatan terhadap warga sipil.”

Pernyataan Blinken

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Senin setelah pembicaraan selama 3 jam dengan Netanyahu di Israel bahwa perdana menteri Israel menerima proposal AS yang diperbarui yang bertujuan untuk mendekatkan pandangan para pihak.

Akan tetapi, Blinken tidak mengungkapkan isi proposal tersebut.

Namun, media Israel pada hari Selasa mengutip pernyataan Netanyahu:

Kami tidak akan menerima usulan yang mencakup diakhirinya perang.

Kami tidak akan menarik diri dengan cara apa pun dari kesepakatan Philadelphia dan Netzarim meskipun ada tekanan yang sangat besar.

Amerika Serikat menyampaikan usulan barunya untuk “menjembatani kesenjangan” antara Hamas dan Israel selama negosiasi di ibu kota Qatar, Doha, Kamis dan Jumat lalu.

Saluran 12 Israel mengutip sumber-sumber Israel mengenai proposal baru AS:

Ia memenuhi sebagian besar tuntutan Israel tanpa menyelesaikan pertikaian mengenai kesepakatan Philadelphia dan Netzarim.

Jumlah dan nama tahanan yang akan dibebaskan pada tahap pertama akan ditentukan.

Ini termasuk membebaskan terlebih dahulu para wanita dan tentara Israel, serta para tahanan yang masih hidup.

Daftar tahanan Palestina mencakup nama 47 tahanan yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan pertukaran tentara Israel Gilad Shalit yang kemudian dipenjarakan kembali oleh Israel.

Hamas Mengatakan Usulan Gencatan Senjata Terbaru Menyimpang dari Perjanjian Sebelumnya

Kelompok Palestina mengkritik Biden atas komentarnya yang 'menyesatkan' dan menuduh Washington memberi Israel lebih banyak waktu dalam perangnya di Gaza

Hamas tidak akan terlibat dengan usulan gencatan senjata terbaru AS karena penyimpangannya dari garis besar kesepakatan Presiden Joe Biden yang diumumkan pada bulan Mei, sumber yang dekat dengan gerakan Palestina tersebut mengatakan kepada Middle East Eye.

Usulan terbaru, yang dibahas di Qatar minggu lalu, berbeda dari apa yang telah disetujui Hamas sebelumnya dan mencakup tuntutan baru oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang tidak dapat diterima oleh kelompok tersebut, kata sumber tersebut.

Karena itu, Hamas menolak menerimanya dan tidak akan menghadiri pembicaraan lanjutan yang direncanakan di Kairo akhir minggu ini.

Pada hari Selasa, gerakan Palestina mengatakan pihaknya berkomitmen pada proposal 2 Juli yang telah disetujui sebelumnya, yang didasarkan pada pengumuman Biden pada tanggal 31 Mei.

Kelompok itu mengatakan mereka hanya akan datang ke meja perundingan untuk membahas mekanisme pelaksanaan rencana 2 Juli dan tidak akan membahas usulan baru.

Ia menggambarkan usulan terbaru tersebut sebagai "pembalikan" rencana sebelumnya yang didukung AS dan "penyerahan Amerika terhadap persyaratan baru teroris Netanyahu dan rencana kriminalnya terhadap Jalur Gaza".

Rencana gencatan senjata sebelumnya didukung oleh Biden sebagai “proposal Israel” dan kemudian diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB pada bulan Juni.

Termasuk rencana tiga tahap untuk mengakhiri perang Israel di Gaza, penarikan penuh pasukan Israel dari jalur itu, dan pembebasan semua tawanan Israel dengan imbalan tahanan Palestina.

Akan tetapi, Netanyahu telah menarik kembali komitmen yang dibuat Israel dalam proposal tersebut dan mengajukan tuntutan garis keras baru dalam beberapa minggu terakhir.

Posisinya yang diperbarui telah digambarkan oleh para kritikus sebagai upaya untuk memblokir kesepakatan dan mempertahankan perang untuk menghindari runtuhnya pemerintahannya.

Kepala negosiator Israel, termasuk direktur Mossad David Barnea, kepala Shin Bet Ronen Bar dan Mayor Jenderal Nitzan Alon, yang bertugas menemukan tawanan, telah mengatakan kepada Netanyahu bahwa "kesepakatan berdasarkan posisinya saat ini tidak mungkin," menurut outlet berita Axios .

 

 

Tuntutan baru

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Senin mengatakan Netanyahu mendukung "proposal penghubung" terbaru Amerika setelah bertemu dengan perdana menteri di Israel.

“Usulan penghubung” tersebut diajukan selama perundingan yang melibatkan pejabat AS, Israel, Qatar, dan Mesir minggu lalu, dan pejabat AS dan Israel secara terbuka menyatakan optimisme atas peluang keberhasilannya.

Namun, pejabat senior Israel mengatakan kepada Axios pada hari Senin bahwa setiap kesenjangan yang dijembatani dalam pembicaraan terakhir adalah antara posisi AS dan Israel, bukan Israel dan Hamas.

Komentar Blinken pada hari Senin “membingungkan” beberapa pejabat Israel yang meyakini posisi baru Netanyahu membuat kesepakatan semakin sulit dicapai.

Para pejabat tersebut juga menggambarkan komentar publik Netanyahu bahwa para negosiator "bersikap optimis secara hati-hati" sebagai "sikap politik".

Blinken pada hari Senin mendesak Hamas untuk menerima proposal tersebut beberapa jam sebelum Biden menuduh kelompok itu “menjauh” dari kesepakatan tersebut.

Kelompok Palestina mengkritik Blinken dan Biden atas komentar mereka, yang mereka gambarkan sebagai “menyesatkan”.

"Pernyataan-pernyataan ini muncul dalam kerangka bias penuh Amerika terhadap pendudukan Zionis, dan kemitraan penuh dalam agresi dan perang pemusnahan terhadap warga sipil yang tak berdaya di Jalur Gaza," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

“Mediator persaudaraan kita Qatar dan Mesir tahu bahwa gerakan ini telah bertindak positif dan bertanggung jawab dalam semua putaran negosiasi sebelumnya dan bahwa Netanyahu selalu menjadi pihak yang menghalangi kesepakatan dengan menetapkan persyaratan dan tuntutan baru.”

Berbicara kepada Al Jazeera pada hari Senin, pejabat Hamas Osama Hamdan menuduh Washington “membeli waktu agar genosida dapat berlanjut”.

Hamdan mengatakan pemerintahan Biden gagal meyakinkan Netanyahu untuk menerima proposal bulan Juli, dan bahwa Hamas siap untuk segera menegakkan perjanjian tersebut jika Israel mematuhinya.

“Kami hanya ingin melaksanakan usulan Presiden Biden yang telah kami setujui,” katanya.

Menurut kebocoran di media Israel, posisi terbaru Israel melibatkan penarikan kembali isu-isu utama yang telah diselesaikan dalam pembicaraan sebelumnya.

Israel sekarang ingin mempertahankan kendali militer di beberapa bagian Jalur Gaza, terutama di Koridor Netzarim, yang memisahkan Gaza utara dan selatan, dan Koridor Philadelphi, yang berbatasan dengan Mesir.

Israel juga memperkeras posisinya mengenai kriteria pertukaran tahanan, di antara isu lainnya.

SUMBER: ANADOLU AJANSI, PALESTINE CHRONICLE, MIDDLE EAST EYE

Tag:  #hamas #merilis #pernyataan #terkait #pembicaraan #gencatan #senjata #klarifikasi #daftar #poin #utama

KOMENTAR