Penampakan Dampak Serangan Israel di Lembah Bekaa Lebanon, 1 Orang Tewas dan 20 Lainnya Luka-luka
Dampak serangan udara Israel di Lembah Beeka Lebanon, dokumen AFP 20 Agustus 2024 
10:50
21 Agustus 2024

Penampakan Dampak Serangan Israel di Lembah Bekaa Lebanon, 1 Orang Tewas dan 20 Lainnya Luka-luka

- Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan bahwa serangan Israel di Lembah Bekaa, timur negara itu menewaskan satu orang dan melukai 20 lainnya, Selasa (20/8/2024).

"Serangan musuh, Israel, di lembah Bekaa menewaskan satu orang dan melukai 20 lainnya," kata kementerian kesehatan dalam laporan terbaru, mengutip RTE.

Pernyataan tersebut menambahkan satu orang dalam kondisi kritis sementara delapan anak dan seorang wanita hamil mengalami luka sedang.

Dampak kerusakan serangan udara Israel itu terlihat dalam video yang dibagikan oleh AFP.

Tampak sejumlah bangunan serta rumah kaca rusak parah.

Dampak serangan udara Israel di Lembah Beeka Lebanon, dokumen AFP 20 Agustus 2024 Dampak serangan udara Israel di Lembah Beeka Lebanon, dokumen AFP 20 Agustus 2024 (AFP)

Secara terpisah, pejabat Hizbullah mengumumkan bahwa empat pejuang mereka tewas di hari yang sama, ABC News melaporkan.

Seorang sumber Hizbullah, yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan, beberapa serangan menghantam Lebanon timur dekat kota Baalbek, termasuk desa Nabi Sheet (An-Nabi Shayth), tanpa menyebutkan targetnya.

Seorang sumber dari rumah sakit setempat mengatakan kepada AFP bahwa lima anak berusia tidak lebih dari 10 tahun, semuanya dari keluarga yang sama, termasuk di antara yang terluka.

Serangan yang terjadi sekitar tengah malam itu terjadi setelah serangan serupa di wilayah Bekaa pada Senin malam.

Menurut Israel, mereka menargetkan "fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah".

Hizbullah yang didukung Iran, sekutu kelompok bersenjata Palestina Hamas, telah saling serang hampir setiap hari dengan pasukan Israel di perbatasan sejak perang Gaza dimulai pada bulan Oktober.

Kekerasan biasanya terbatas pada wilayah perbatasan Lebanon-Israel.

Namun Israel berulang kali menyerang lembah Bekaa di timur Lebanon, dekat perbatasan dengan Suriah, di mana Hizbullah juga memiliki pengaruh yang kuat.

Hizbullah kemudian mengklaim serangkaian serangan terhadap pasukan dan posisi Israel pada Selasa sebagai balasan.

Hizbullah melancarkan rentetan roket Katyusha ke beberapa posisi militer Israel utara, termasuk di Dhayra.

Gerakan Muslim Syiah itu juga mengatakan telah meluncurkan skuadron pesawat tanpa awak bermuatan bahan peledak dan rentetan roket hebat ke beberapa posisi Israel di Dataran Tinggi Golan.

115 Proyektil Ditembakkan dari Lebanon

Militer Israel dalam pernyataan terpisah mengatakan total sekitar 115 proyektil diidentifikasi melintas dari Lebanon.

Dikatakan juga bahwa banyak target udara mencurigakan diidentifikasi melintas dari Lebanon.

Pertahanan udara Israel disebut dapat mencegat beberapa di antaranya.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan, meskipun militer Israel mengatakan insiden tersebut memicu kebakaran di beberapa daerah.

Militer Israel juga mengatakan angkatan udaranya menyerang peluncur proyektil dan beberapa bangunan militer Hizbullah di Lebanon selatan.

Petugas Medis Lebanon Terluka

Kementerian Kesehatan Lebanon mengutuk dengan keras penargetan berulang kali terhadap petugas kesehatan di Lebanon selatan.

Beberapa kelompok militan di Lebanon mengoperasikan pusat kesehatan dan operasi tanggap darurat, dengan sedikitnya 21 petugas penyelamat tewas sejak Oktober, menurut penghitungan AFP.

Kekhawatiran akan eskalasi besar telah meningkat sejak Hizbullah dan Iran berjanji untuk menanggapi pembunuhan pejabat Hamas dan Hizbullah yang dilakukan Israel akhir bulan lalu.

Akhir Juli lalu, serangan Israel di pinggiran selatan Beirut menewaskan seorang komandan tinggi Hizbullah, Fuad Shukr, sesaat sebelum serangan di Teheran yang menewaskan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh.

Kekerasan lintas perbatasan telah menewaskan sekitar 590 orang di Lebanon, sebagian besar pejuang Hizbullah tetapi juga termasuk sedikitnya 128 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Di pihak Israel, termasuk di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi, 23 tentara dan 26 warga sipil telah tewas, menurut angka militer.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #penampakan #dampak #serangan #israel #lembah #bekaa #lebanon #orang #tewas #lainnya #luka #luka

KOMENTAR