Disebut Menarik Diri dari Perjanjian Gencatan Senjata, Hamas Tegaskan Pernyataan Biden Menyesatkan
Ilustrasi - Seorang petempur Hamas, membawa panji kebesaran gerakan tersebut. Joe Biden menyebut Hamas telah menarik diri dari perjanjian gencatan senjata Gaza dengan Israel. 
21:40
20 Agustus 2024

Disebut Menarik Diri dari Perjanjian Gencatan Senjata, Hamas Tegaskan Pernyataan Biden Menyesatkan

- Hamas mengatakan komentar Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyesatkan.

Joe Biden diketahui menyebut kelompok Palestina itu menarik diri dari perjanjian gencatan senjata Gaza dengan Israel.

Hamas mengatakan pernyataan Joe Biden tidak mencerminkan posisi sebenarnya dari gerakan itu, yang mengatakan bahwa mereka sangat ingin mencapai penghentian permusuhan.

"Proposal yang baru-baru ini diajukan kepada kami bertentangan dengan apa yang telah disepakati para pihak pada tanggal 2 Juli, ini dianggap sebagai tanggapan dan persetujuan Amerika terhadap kondisi baru teroris Netanyahu dan rencana kriminalnya terhadap Jalur Gaza," kata Hamas, merujuk pada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Selasa (20/8/2024), dilansir Arab News.

Pernyataan Joe Biden

Pada Senin (19/8/2024), Joe Biden menanggapi pernyataan tentang kesepakatan gencatan senjata dalam perang di Gaza.

Biden mengklaim Hamas telah menarik diri dari kesepakatan gencatan senjata tersebut.

"Israel mengatakan mereka dapat menyelesaikannya, mereka siap. Tetapi saya diberi tahu Hamas sekarang menarik diri," katanya.

"Itu masih harus dilihat. Kami akan terus mendorong," lanjut Biden.

Hamas Tuduh AS Berpihak pada Israel

Sementara itu, Hamas mengatakan pihaknya kehilangan kepercayaan pada AS sebagai mediator.

Dikutip dari AP News, Hamas menuduh negosiator Amerika berpihak pada Israel, karena mengajukan tuntutan baru yang ditolak kelompok militan tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, tidak mengatakan apakah usulan tersebut membahas tuntutan Israel untuk menguasai dua koridor strategis di dalam Gaza — yang menurut Hamas tidak mungkin — atau masalah lain yang telah lama mengganggu negosiasi.

Adapun misi kesembilan Blinken ke Timur Tengah sejak konflik dimulai terjadi beberapa hari setelah para mediator, termasuk Amerika Serikat, menyatakan optimisme baru bahwa kesepakatan sudah dekat.

Namun, Hamas telah menyatakan ketidakpuasan yang mendalam dengan usulan terbaru tersebut, dan Israel mengatakan ada beberapa hal yang tidak ingin dikompromikan.

Sebelumnya, AS telah mengajukan proposal yang menjembatani yang diyakini oleh negara-negara penengah — Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir — akan menutup kesenjangan antara Israel dan Hamas, serta mengakhiri permusuhan yang telah mengganggu stabilitas seluruh wilayah.

Update Perang Israel-Hamas

Diberitakan Al Jazeera, Hamas menuduh Amerika Serikat “mengulur waktu bagi Israel untuk melanjutkan genosidanya”.

Hal itu setelah Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengumumkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menerima proposal penghubung untuk kesepakatan gencatan senjata Gaza dan mendesak kelompok Palestina tersebut untuk melakukan hal yang sama.

Sumber medis mengatakan, pasukan Israel telah menewaskan 35 warga Palestina di Gaza selama 24 jam terakhir.

Ribuan orang turun ke jalan di Chicago untuk memprotes dukungan pemerintahan Biden terhadap perang Israel di Gaza saat Konvensi Nasional Demokrat dimulai di kota itu.

Hamas mengungkapkan rincian persyaratan baru Israel untuk gencatan senjata di Gaza, dan mendesak dunia untuk menekan Netanyahu agar menandatangani kesepakatan yang diusulkan oleh Biden pada 31 Mei dan didukung oleh Dewan Keamanan PBB pada 11 Juni.

Seorang pria Palestina yang ditembak di mata oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki meninggal karena luka-lukanya ketika militer Israel melakukan lebih banyak serangan di kota-kota di seluruh wilayah Palestina.

Warga Palestina berjalan melewati tumpukan sampah di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 18 Juli 2024, saat konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas berlanjut. Warga Palestina berjalan melewati tumpukan sampah di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 18 Juli 2024, saat konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas berlanjut. (AFP/BASHAR TALEB)

Mesir menolak rencana Israel untuk mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphi dan penyeberangan Rafah selama negosiasi gencatan senjata yang sedang berlangsung, menurut penyiar al-Qahera dan laman berita Axios.

Di Lebanon, delapan orang terluka dalam serangan Israel di Lembah Bekaa bagian timur, menurut pejabat kesehatan.

Sementara itu, Israel mengklaim lebih banyak serangan terhadap apa yang disebutnya sebagai posisi Hizbullah di Lebanon selatan.

Wakil komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran menjanjikan “tanggapan yang tepat” terhadap Israel “pada waktu dan tempat yang tepat” atas pembunuhan Ismail Haniyeh dari Hamas di Teheran.

Setidaknya 40.139 orang tewas dan 92.743 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel selama serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #disebut #menarik #diri #dari #perjanjian #gencatan #senjata #hamas #tegaskan #pernyataan #biden #menyesatkan

KOMENTAR