Google Dikritik Tekan Influencer Teknologi untuk Ajak Gunakan Ponsel Pixel Dibanding Produk Pesaing
Google Pixel 9. [Google]
15:12
20 Agustus 2024

Google Dikritik Tekan Influencer Teknologi untuk Ajak Gunakan Ponsel Pixel Dibanding Produk Pesaing

Raksasa teknologi Google mendapat kecaman setelah menekan influencer teknologi untuk mempromosikan perangkat seluler Pixel baru dibandingkan gadget pesaingnya, menurut laporan di New York Post. Jika mereka tidak menyetujuinya, mereka berisiko dikeluarkan dari program yang memberi mereka akses awal terhadap gadget tersebut.

Para pencipta diundang untuk menjadi anggota program "Team Pixel" perusahaan, yang memberi mereka akses awal ke gadget sebelum masyarakat umum. Khususnya, Google meluncurkan rangkaian ponsel pintar Pixel baru pada awal bulan ini dengan tujuan meningkatkan integrasinya dengan alat AI.

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar secara online, influencer yang ikut serta dalam program ini, "mengakui bahwa Anda diharapkan untuk menampilkan perangkat Google Pixel sebagai pengganti perangkat seluler pesaing?" Ia menambahkan, “Harap diperhatikan bahwa jika tampaknya merek lain lebih disukai daripada Pixel, kami harus menghentikan hubungan antara merek tersebut dan pembuatnya.”

Klausul baru ini tidak diterima dengan baik oleh para pembuat digital yang melihatnya sebagai upaya perusahaan untuk mendapatkan ulasan positif dengan kedok konten bersponsor.

Baca Juga: Huawei Pamer Teknologi Terbaru, Ponsel Lipat Tiga, Harganya Bikin Melongo

Ketentuan tersebut disebut-sebut sebagai "hal baru" tahun ini oleh analis Max Weinbach, mantan anggota Team Pixel.

Sebagai protes, pengulas teknologi Adam Matlock mengumumkan bahwa dia secara resmi mengeluarkan diri dari piksel tim. “Ini berjalan dengan baik tetapi program ini tidak lagi sejalan dengan etika saya atau demi kepentingan terbaik saluran saya dan konten yang saya berikan untuk penayangan saya,” katanya di X.

Peninjau teknologi lainnya, Marques Brownlee, yang bukan bagian dari Tim Pixel berkata, "Agak membuat frustrasi bagi orang-orang yang hanya mencoba melakukan peninjauan. Saran saya adalah, jika Anda seorang peninjau teknologi, jangan pernah mendaftar untuk apa pun yang membuat Anda tim satu hal di atas yang lain. Itu bukanlah langkah objektif yang baik jika Anda mencoba menyajikan tinjauan objektif."

Juru bicara Google mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The Verge bahwa program ini berbeda dan tidak memiliki persyaratan cakupan Pixel yang sama. "#TeamPixel adalah program yang berbeda, terpisah dari program ulasan pers dan pembuat konten kami."

Khususnya, Google dan 1000heads, sebuah agensi PR, berkolaborasi dalam kampanye Team Pixel. Untuk mematuhi peraturan pengungkapan federal, peserta harus menandai postingan mereka dengan "#teampixel" atau "#giftfromgoogle". "Tujuan #TeamPixel adalah untuk memberikan perangkat Pixel ke tangan pembuat konten, bukan pers dan peninjau teknologi. Kami gagal mencapai sasaran dengan bahasa baru yang muncul di formulir #TeamPixel kemarin, dan telah dihapus," kata mereka .

Baca Juga: Muncul di IMEI, Vivo Siapkan Ponsel Entry Level Vivo Y19s

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #google #dikritik #tekan #influencer #teknologi #untuk #ajak #gunakan #ponsel #pixel #dibanding #produk #pesaing

KOMENTAR