Bukan hanya Wibu, Ini 10 Jenis Penggemar Anime Paling Populer, Kamu Masuk Kelas yang Mana?
Anime punya basis fandom yang besar dan tersebar luas di seluruh dunia dengan berbagai jenis orang di dalamnya. (Anime Fandom)
21:28
16 Oktober 2024

Bukan hanya Wibu, Ini 10 Jenis Penggemar Anime Paling Populer, Kamu Masuk Kelas yang Mana?

 

 

Penggemar anime sering kali dipandang sebagai orang aneh. Semuanya berakar karena pandangan bahwa kartun adalah tontonan anak-anak.

Inilah yang membuat orang memandang para penggemar anime, yang pada dasarnya adalah animasi atau kartun buatan Jepang, sebagai orang aneh. Padahal, tidak demikian.

Sebagian besar anime justru ditujukan untuk orang-orang yang sudah bisa memakai akal pikiran mereka untuk memahami jalan ceritanya. Sementara, tidak semua penggemar anime punya pandangan yang sama.

Sama seperti fandom lainnya, anime juga punya beberapa macam penggemar yang berbeda. Dari yang paling garis keras sampai yang biasa saja, semuanya ada.

Apa saja jenis penggemar anime ini? Mengutip Ranker, simak ulasannya berikut!

1. Shipper

Shipper menyukai semua hubungan cinta di antara karakter di anime. Penggemar jenis ini suka menjodohkan siapa pun di dalam anime itu dan memuja-muja pasangan kekasih di dalamnya. Meski begitu, itu tidak akan menghalangi mereka untuk menjodohkan karakter yang sudah punya pasangan dengan karakter lain. Mereka sangat suka momen imut yang melibatkan pasangan yang mereka sukai. Sayang, tidak semua orang menyukai jenis fandom ini. Mereka dikenal toxic. Obsesi mereka terhadap pasangan kekasih sering kali mengacaukan cerita yang sudah ada di dalamnya dengan khayalan mereka.

2. Si Paling Hipster

Penggemar jenis ini membenci semua hal yang populer. Bisa dikatakan, mereka ini sok edgy dan sok anti-mainstream. Bagi mereka, semua orang itu bodoh, selain mereka tentunya. Jadi, apa pun yang populer pastinya juga bodoh. Mereka akan terang-terangan mengungkapkan kebenciannya terhadap anime populer seperti My Hero Academia, Tokyo Ghoul, One Piece, dan apa pun yang disukai orang banyak. Kalau serial kesukaan mereka jadi populer, mereka akan bilang sudah tidak suka lagi serial tersebut.

3. Biasa Saja

Penggemar anime jenis biasa saja ini sudah menonton banyak anime yang juga ditonton orang lain. Tapi, mereka tidak akan mengingat detailnya. Mereka menikmati tontonan anime sebagai tontonan. Orang-orang ini dipastikan telah menonton sejumlah anime yang sangat populer dan merasa biasa saja. Ini adalah level penggemar paling santai dan menyenangkan.

4. Fujoshi

Fujoshi sering kali diparodikan di anime. Mereka adalah penggemar yaoi, genre yang menampilkan hubungan antara sesama jenis dan ditujukan untuk cewek heteroseksual. Mereka termasuk salah satu jenis penggemar paling aneh dan terburuk. Fujoshi tidak segan mengikuti pasangan pria sesama jenis di konvensi anime dan meminta mereka berciuman.

5. Monogamis

Monogamis hanya menonton satu anime. Satu saja. Mereka tahu apa pun tentang anime yang mereka tonton itu. Dalam setiap percakapan, mereka selalu menemukan cara untuk membahas anime tersebut. Kadang, tanpa diminta, mereka akan membahas anime tersebut. Penggemar jenis ini sebenarnya menyenangkan. Tapi, bisa bikin bosan kalau diajak mengobrol dalam waktu lama karena topiknya cuma anime itu.

6. Aktivis

Orang lain menyebut para aktivis ini sebagai SJW atau Social Justice Warrior. Mereka berfokus untuk mengenyahkan penindasan yang terjadi di dalam fandom. Mereka akan selalu siap untuk membela apa pun dari fat shaming, masalah gender, atau imperialisme yang diolok-olok penggemar lain. Kadang, mereka agak keterlaluan, tapi sesungguhnya mereka adalah penggemar yang sangat menyayangi anime.

7. Entrepreneur

Entrepreneur adalah salah satu jenis fandom paling kreatif. Mereka bisa mengubah apa pun untuk mendapatkan uang. Mereka bisa membuat dompet, gantungan kunci, atau barang-barang terkait anime untuk kemudian dijual. Selain itu, mereka juga bisa menulis tentang anime di website, menawarkan komisi online, komedi tunggal tentang anime, dan lain sebagainya. Mereka bahkan bisa menjual sesuatu yang populer yang mereka sendiri tidak tertarik sama sekali. Bagi mereka, apa pun, yang penting bisa cuan.

8. Cosplayer

Tujuan utama Cosplayer adalah mewujudkan karakter yang mereka sukai secara fisik. Mereka adalah penggemar yang paling maksimal usahanya. Mereka menghabiskan waktu untuk mencari bahan, menjahit, berdandan, dan menyempurnakan penampilan mereka kalau akan tampil. Sejumlah cosplayer memilih penampilan mereka berbasis pada sebesar apa mereka terkoneksi dengan karakter itu. Lainnya lebih suka pada kostumnya yang keren. Kadang, mereka tampil hanya untuk memamerkan kostum terbaru.

9. Wibu

Wibu adalah sebutan bagi penggemar anime yang tidak hanya menyukai anime. Mereka juga suka budaya Jepang. Wibu biasanya masih remaja dan bukan orang Jepang. Mereka suka mengenakan kimono, menyebut apa pun dengan kata bahasa Jepang, dan merasa apa pun yang terkait Jepang itu yang terbaik. Mereka jelas ingin pindah ke Jepang karena ingin mengalami apa yang ada di anime.

10. Mantan Penggemar

Mantan penggemar adalah mereka yang sudah tidak lagi terlalu tertarik pada anime. Ketika mereka masih remaja, mereka memang suka. Tapi, begitu memasuki usia dewasa, mereka lebih suka tontonan sesuai usia mereka, seperti serial live-action. Kadang, mereka akan mencoba kembali untuk menonton anime. Tapi, baru satu episode, mereka tidak lagi melanjutkannya. Kadang, mereka akan menghujat penggemar anime dan anime itu sendiri. (***)

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bukan #hanya #wibu #jenis #penggemar #anime #paling #populer #kamu #masuk #kelas #yang #mana

KOMENTAR