10 Rekomendasi Anime dengan Tema Balas Dendam Paling Seru, Penuh Plot Twist dan Emosi Tingkat Tinggi
Lelouch Lamperouge memulai pemberontakan di Jepang untuk membebaskan negara itu sekaligus menggulingkan ayahnya. (Anime Trending)
11:20
21 September 2024

10 Rekomendasi Anime dengan Tema Balas Dendam Paling Seru, Penuh Plot Twist dan Emosi Tingkat Tinggi

Anime dengan tema balas dendam punya kedalaman emosional tersendiri.

Motivasi untuk membalaskan rasa sakit hati bisa mengantarkan karakternya mencapai batasan yang tidak terbayangkan.

Sejumlah karakter itu melakoni serangkaian peristiwa yang penuh ketegangan dan dilema sampai kemudian mencapai titik di mana mereka siap untuk membalaskan dendam mereka. Meski, tidak semua berhasil mengatasi emosi yang membuncah dalam hati mereka.

Usaha karakter-karakter ini untuk bisa membalaskan dendam mereka pun tidak mudah. Ada yang bahkan harus mengorbankan dirinya agar keinginan itu terwujud atau menyusup tubuh lawan demi misi pribadi mereka.

Berikut anime bertema balas dendam yang wajib ditonton sekali seumur hidup!

1. Code Geass

Code Geass berfokus pada Lelouch Lamperough yang ingin membalas dendam atas kematian ibunya. (Screen Rant)

Code Geass berlatar pada 2010 di dunia alternatif. Seorang anak SMA, Lelocuh Lamperough, menyimpan dendam kepada ayahnya, Kaisar Charles zi Britannia. Ayahnya itu telah menyebabkan ibunya tewas dan adiknya, Nunnally, jadi lumpuh serta buta.

Mengutip Anime Hunch, Lelouch, yang diasingkan ke Jepang, muak dengan penjajahan yang dilakukan ayahnya terhadap negara itu.

Setelah mendapatkan kekuatan misterius bernama Geass, dia memimpin pemberontakan dengan memakai identitas Zero. Dengan Geass, Lelouch juga membalas dendam atas kekejaman ayahnya.

Code Geass dirilis pada 2006. Anime produksi Sunrise itu punya 50 episode yang terbagi dalam dua season. Code Geass bisa ditonton di Bstation.

2. Dororo

Hyakkimaru memulai perjalanan untuk mendapatkan kembali anggota tubuhnya yang ditumbalkan. (Anime Herald)

Dororo berfokus pada perjalanan hidup Hyakkimaru. Ayahnya, Daigo, menumbalkan anak itu untuk mendapatkan kemakmuran di wilayahnya. Hyakkimaru terlahir tanpa tangan, kaki, kulit wajah, mata, cuping hidung dan telinga, bibir, dan suara.

Hyakkimaru kemudian dirawat seorang dokter yang memberinya wajah dan anggota tubuh dari prostetik. Ketika remaja, Hyakkimaru melakukan perjalanan untuk mendapatkan kembali anggota tubuhnya. Dia lalu pergi untuk membalas dendam pada ayahnya.

Mengutip SportsKeeda, Dororo punya bobot emosi tinggi di saat Hyakkimaru berusaha menjawab pertanyaan apa arti menjadi manusia. Anime buatan Mappa ini dirilis pada 2019 dengan 24 episode. Dororo bisa ditonton di Prime Video.

3. 91 Days

Angelo Lagusa yang bertekad membalas dendam atas kematian keluarganya nekad menyusup ke keluarga mafia. (MovieWeb)

91 Days berlatar pada Era Percobaan. Anime ini berkisah tentang Angelo Lagusa. Dia menyaksikan bagaimana keluarganya dibunuh secara brutal oleh keluarga mafia, Vanetti. Angelo selamat dari pembantian itu karena bersembunyi di dalam lemari.

Mengutip Dual Shockers, Angelo lalu menyamar menjadi Avilio Bruno dan menyusup ke keluarga Vanett.

Dia berniat menghancurkan mereka dari dalam dan membalas dendam atas kematian keluarganya. Tapi, dia malah dekat dengan Nero Vanetti, anak keluarga pembunuh itu.

91 Days punya 12 episode. Anime buatan studio Shuka ini dirilis pada 2016. 91 Days mengeksplorasi kesetiaan, balas dendam, dan garis abu-abu keadilan.

4. Vinland Saga

Thorfinn menyaksikan bagaimana ayahnya dibunuh dengan keji oleh pasukan Viking dan berniat balas dendam. (The Economic Times)

Vinland Saga mengikuti perjalanan Thorfinn. Suatu kali, dia menyusup ke kapal ayahnya, tapi, malah menyaksikan ayahnya itu tewas dibunuh pasukan Viking. Dendam, Thorfinn bertekad membunuh Askeladd, dalang pembunuhan tersebut.

Askeladd merawat Thorfinn dan melatihnya untuk menjadi prajurit. Seiring berjalannya waktu, Thorfinn bertambah dewasa dan menghadapi banyak lawan. Tapi, itu tidak menyurutkan niatnya untuk membunuh Askeladd.

Mengutip Anime Hunch, Vinland Saga menggambarkan pertumbuhan karakter yang kompleks dan mengeksplorasi efek psikologis pada diri Thorfinn.

Serial ini dirilis pada 2019 dengan dua season. Anime ini total telah merilis 48 episode dan dibuat dua studio, yaitu Wit dan Mappa. Vinland Saga bisa ditonton di Netflix.

5. Attack on Titan

Eren Yeager bergabung dengan Pasukan Pengintai untuk membalas dendam atas kematian ibunya karena dimakan Titan. (IGN)

Attack on Titan berlatar di sebuah dunia di mana kehidupan manusia terancam oleh Titan pemakan daging.

Eren Yeager memendam dendam setelah ibunya tewas akibat dimangsa Titan. Dia bertekad untuk membasmi Titan dan membebaskan dunianya dari makhluk raksasa itu.

Mengutip Screen Rant, Eren kemudian bergabung dengan Pasukan Pengintai untuk mewujudkan cita-citanya itu.

Dia lalu menemukan kekuatan Titan dan menjadi sosok kunci dalam pertarungan manusia untuk meraih kebebasan. Tapi, Eren juga tahu kalau Titan bukanlah musuh utamanya.

Attack on Titan memperlihatkan betapa misi balas dendam bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih berbahaya. Serial ini dirilis pada 2013 dengan total 94 episode.

Attack on Titan awalnya dibuat studio Wit sebelum pindah ke Mappa. Anime ini bisa ditonton di berbagai layanan streaming legal seperti Netflix, Disney+ Hotstar, iQIYI, Bstation, Prime Video, dan lain-lain.

6. Oshi no Ko

Aqua Hoshino bertekad menguak kematian ibunya dan membalas dendam pada pelakunya. (SportsKeeda)

Oshi no Ko berkisah tentang seorang idol remaja, Ai Hoshino, yang hamil di luar nikah dan diungsikan ke sebuah rumah sakit di desa.

Dia melahirkan anak kembar yang merupakan reinkarnasi dokter kandungan yang merawatnya dan pasien lain. Malang, wanita itu lantas tewas dibunuh di depan dua anaknya.

Mengutip Ranker, salah satu anak kembar itu, Aqua Hoshino yang merupakan reinkarnasi dokter kandungan itu, bertekad untuk membalas dendam pada orang yang telah membunuh ibunya. Dia bersedia melakukan apa pun untuk bisa menguak misteri tersebut.

Oshi no Ko adalah salah satu anime gebrakan pada 2023. Saat ini, anime itu memasuki season 2 yang tayang untuk 13 episode. Total, serial buatan Doga Kobo itu punya 22 episode. Oshi no Ko bisa ditonton di Netflix, Bstation, iQIYI, dan lain-lain.

7. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Tanjiro Kamado memburu Raja Iblis Muzan Kibutsuji yang telah membantai ibu dan adik-adiknya. (CBR)

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba berkisah tentang Tanjiro Kamado, yang pulang dari berdagang arang dan mendapati ibu beserta 4 adiknya tewas dibantai iblis.

Tak hanya itu, salah satu adiknya, Nezuko telah diubah menjadi manusia setengah iblis. Hancurlah hati Tanjiro.

Tanjiro kemudian bertekad membalas dendam pada Muzan Kibutsuji, Raja Iblis, yang membunuh keluarganya itu.

Mengutip Game Rant, Tanjiro kemudian bergabung dengan Korps Pembasmi Iblis untuk mewujudkan misinya itu. Dia juga berusaha untuk mencari pengobatan untuk Nezuko agar bisa kembali menjadi manusia.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dikenal punya animasi kelas tinggi berkat kepiawaian Ufotable. Adegan tarungnya bak tontonan di bioskop.

Anime ini dirilis pada 2019 dan sudah berjalan sepanjang 4 season dengan total 55 episode. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba bisa ditonton di banyak layanan streaming legal seperti Netflix, Disney+ Hotstar, iQIYI, Bstation, Prime Video, dan lain-lain.

8. Hell Girl

Ai Enma adalah gadis neraka yang mengirimkan jiwa-jiwa orang yang disebut di situs tertentu ke neraka. (CBR)

Hell Girl berkisah tentang sebuah situs di internet yang ketika tengah malam mengizinkan penggunanya memasukkan nama orang yang mereka benci. Gadis neraka, Ai Enma, kemudian akan mengirim jiwa orang-orang itu ke neraka. Tapi, tentu saja, jasa itu tidak gratis.

Mengutip Anime Hunch, penggunanya juga akan kehilangan nyawa kalau melakukannya. Jiwa-jiwa para pengguna ini pun turut masuk neraka. Serial ini mengeksplorasi konsekuensi bagi mereka yang berusaha balas dendam.

Hell Girl punya lebih dari 26 episode. Serial ini tampil dengan kisah berbeda untuk setiap episodenya dengan menampilkan orang yang menghadapi dilema moral sementara menekan hasrat untuk balas dendam. Anime buatan Studio Deen ini dirilis pada 2005.

9. Gungrave

Gungrave berkisah tentang dua orang teman yang ingin balas dendam dan menebus dosa.

Mereka berdua adalah Brandon Heat dan Harry MacDowel. Keduanya terjerat di jarigan Millennion, sindikat mafia terbesar dan paling kejam di kawasan tempat tinggal mereka.

Mengutip Anime Hunch, Harry segera mencapai puncak kepemimpinan mafia itu berkat arahan Big Daddy. Sementara, Brandon ingin melakukan balas dendam karena ingin melindungi cewek yang dia suka dari cengkeraman Big Daddy.

Gungrave membawa penonton untuk melihat dunia persabahatan, pengkhianatan, dan keserakahan. Anime ini punya total 26 episode. Dibuat Madhouse, Gungrave dirilis pada 2003.

10. Black Butler

Ciel Phantomhive menjadi kepala keluarga setelah seluruh anggota klannya tewas dibunuh. (Crunchyroll)

Black Butler berkisah tentang Ciel Phantomhive, seorang anggota keluarga ningrat di Inggris era Victoria. Bocah berusia 13 tahun itu harus menghadapi kenyataan pahit ketika orang tuanya tewas dalam sebuah kebakaran misterius. Ciel pun bertekad membalas dendam terhadap pelaku pembunuhan itu.

Mengutip Anime Hunch, demi membalas dendam, Ciel kemudian membuat perjanjian dengan iblis yang berwujud seorang kepala pelayan bernama Sebastian Michaelis. Berdua, mereka pun berusaha mencari orang yang bertanggung jawab atas peristiwa tragis tersebut.

Black Butler tidak hanya menyajikan usaha Ciel untuk balas dendam, tapi juga menguji jiwa detektifnya untuk menguak kasus pelik.

Anime ini telah berjalan hingga 43 episode yang membentang di sepanjang 4 season. Dirilis pada 2008, anime ini diproduksi A-1 Picture.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #rekomendasi #anime #dengan #tema #balas #dendam #paling #seru #penuh #plot #twist #emosi #tingkat #tinggi

KOMENTAR