6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong
Jenis makanan yang harus dihindari saat perut kosong. (Sumber : Pexels Foto Julie Aagaard)
17:36
19 Januari 2024

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

- Kita perlu memastikan makanan yang kita konsumsi dalam jumlah takaran yang cukup dan tentunya makanan yang bergizi. Karena hal ini merupakan kunci untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.   Tetapi perlu kita ingat bahwa tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi saat perut kosong. Dilansir dari Microsoft, dikutip dari Radar Papua, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari untuk dikonsumsi saat perut kosong.   1. Ubi Jalar   Mengkonsumsi ubi jalar saat perut kosong dapat menyebabkan nyeri seperti terbakar dibagian dada, karena mucilage dan tannin dalam ubi jalar dapat merangsang lapisan lambung dan dapat meningkatkan asam lambung berlebih.  

  2. Pisang   Pisang sering kali dijadikan sebagai pengganti sarapan seperti halnya ubi jalar. Buah pisang mengandung sekitar 48mg magnesium, jumlah yang relatif tinggi.   Sehingga mengkonsumsi pisang dalam keadaan perut yang kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan, terutama bagi seorang yang memiliki tekanan darah rendah.   3. Sereal   Makanan satu ini banyak dikonsumsi oleh orang sebagai pengganti sarapan yang cepat dan mudah. Faktanya tidak semua sereal direkomendasikan untuk dikonsumsi saat perut kosong.  

  Sereal memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan fluktuasi cepat dalam kadar gula darah dan membuat kita merasa sering lapar.   Kita dapat memilih sereal yang rendah gula dan dapat ditambah dengan protein jika dikonsumsi sebagai sarapan.   4. Susu   Minum susu dengan sereal tentu dianggap baik, akan tetapi minum susu saja dengan perut yang kosong tentu tidak disarankan.  

  Karena kandungan kalsium dan protein casein dalam susu dapat menyebabkan asam lambung naik, hingga mengiritasi lapisan lambung, dan nyeri pada dada. Sebaiknya minum susu dibarengi dengan roti, sereal atau kacang-kacangan.   5. Kopi   Meminum kopi di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong sangat tidak disarankan.   Kandungan kafein dapat menyebabkan kewaspadaan yang berlebihan, selain itu dapat menyebabkan nyeri di dada dan denyut jantung yang cepat.  

  Kopi juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gastritis. Dianjurkan untuk meminum kopi setelah makan siang.   6. Jeruk   Jeruk dapat menybabkan asalm lambung naik jika dikonsumsi saat perut kosong. Hal ini bisa saja menyebabkan nyeri di dada, dan merusak mukosa lambung. Tentu dapat menyebabkan gastritis atau esofagitis.   Jeruk dan buah-buahan asam tinggi lainnya juga dapat menjadi bahaya jika dikonsumsi saat perut kosong, terutama bagi penderita gerd.  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jenis #makanan #yang #harus #dihindari #saat #perut #kosong

KOMENTAR