Ruam Popok Hambat Eksplorasi Si Kecil: Ini Tips Mencegahnya!
Ilustrasi bayi (Pexels.com/@av-photography)
09:16
5 Agustus 2024

Ruam Popok Hambat Eksplorasi Si Kecil: Ini Tips Mencegahnya!

Kekurangan aktivitas fisik di masa-masa awal pertumbuhan ini dapat berdampak negatif pada kemampuan motorik si kecil di kemudian hari. Karena itulah, dukungan terhadap perkembangan motorik anak-anak sangat penting, salah satunya dengan meningkatkan kenyamanan dalam setiap tahap tumbuh kembang mereka.

"Anak-anak pada masa pertumbuhan sangat membutuhkan kebebasan untuk bereksplorasi, karena hal ini merupakan bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan mereka," kata dr. Nitish Basant Adnani, B.Med.Sc, M.Sc, Sp.A dalam acara Kids Festival Spesial Hari Anak Nasional yang digelar Makuku dan Mommils Birth Club Community, beberapa waktu lalu.

Bebas bereksplorasi, lanjut dia, berarti orang tua memberikan ruang bagi anak untuk belajar mengenali lingkungan sekitarnya dan melatih kemampuan diri mereka. Dengan membiarkan anak bebas bereksplorasi, para orang tua juga dapat mengidentifikasi minat dan bakat si kecil. 

Memberikan kebebasan anak dalam bereksplorasi sebaiknya juga disertai dengan perawatan yang tepat. Dokter spesialis anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya ini menyarankan agar orangtua dapat selektif dalam memilih popok yang nyaman untuk mencegah ruam popok agar bayi dapat bebas bereksplorasi. 

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal! Ini Rahasia Tumbuh Kembang Anak Optimal di Era Digital

Popok yang tepat, kata dia tidak hanya membantu mencegah ruam popok, tetapi juga memberikan kenyamanan yang memungkinkan si kecil untuk bergerak leluasa. Orang tua harus memperhatikan kesehatan kulit bayi anak dengan mengganti popok setiap 3 jam sekali. 

"Perpaduan antara stimulasi yang tepat dan perawatan yang baik dapat mendukung anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensinya," jelasnya lagi.

Sebaliknya, masalah kesehatan kulit seperti ruam popok dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel, yang akhirnya membuat mereka malas bergerak. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sekitar 7-35% bayi berusia 9-12 bulan mengalami ruam popok. 

Ketidaknyamanan ini mengakibatkan bayi cenderung kurang aktif dan menghambat perkembangan motoriknya. Padahal, gerakan aktif seperti merangkak, berguling, dan berjalan sangat penting untuk perkembangan otot dan koordinasi bayi. 

Mengingat ruam popok paling sering disebabkan oleh iritasi akibat kontak dengan popok itu sendiri atau kontak yang terlalu lama dengan urin atau feses. Maka para orang tua selalu diimbau untuk mengganti popok secara rutin.

Baca Juga: Orang Tua Mesti Tahu, Ini Pertimbangan Beli Popok Untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi

Titi Nurmalasari, Head of Communications Makuku Indonesia, mengatakan, dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemilihan popok yang tepat dan rutin menggantinya 2-3 jam sekali atau sesering mungkin sesuai anjuran IDAI, diharapkan anak-anak dapat bergerak dengan nyaman tanpa risiko ruam popok yang mengganggu.

Acara dengan tema “Bebas Bereksplorasi, Si Kecil Berani Coba” ini kata dia dapat mengedukasi para orang tua dalam memberikan perawatan terbaik demi menunjang kesehatan kulit dan kenyamanan anak terutama dalam menekan risiko ruam popok. 

"Karena ketidaknyamanan akibat ruam popok adalah salah satu hambatan utama bagi anak dalam bereksplorasi," tutup dia.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #ruam #popok #hambat #eksplorasi #kecil #tips #mencegahnya

KOMENTAR