Benarkah Tidur Siang Hambat Pertumbuhan Anak? Ini Penjelasan Dokter
Ilustrasi tidur siang sebagai bentuk self reward for self love. (Pixabay/@ddimitrova)
13:16
31 Juli 2024

Benarkah Tidur Siang Hambat Pertumbuhan Anak? Ini Penjelasan Dokter

Selama ini ada semacam anggapan di masyarakat yang dipercaya bahwa anak yang kurang tidur siang akan mengganggu pertumbuhan, yang membuat tubuhnya relatif lebih pendek. Ternyata anggapan itu bukan sekadar isapan jembol belakan.

Menurut dr. Patar Parmonangan Oppusungu, Sp.OT (K)  anggapan itu ada benarnya. Menurut dr. Patar Parmonangan Oppusungu, Sp.OT (K), hormon pertumbuhan, atau growth hormone, dilepaskan saat tidur.

"Jika anak tidak cukup tidur, produksi hormon pertumbuhan ini tidak optimal. Meskipun kebutuhan tidur anak berkurang seiring bertambahnya usia, durasi tidur yang memadai—sekitar 7-8 jam sehari, termasuk tidur siang—tetap sangat penting. Ini mendukung produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat manfaat dari nutrisi yang diberikan,” jelas dr. Patar dalam sebuah talkshow bertema Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Eka Hospital lewat keterangan tertulisnya. 

Tidur siang (Unsplash.com/Annie Spratt)Tidur siang (Unsplash.com/Annie Spratt)

Lebih lanjut, dr. Patar menekankan bahwa nutrisi merupakan aspek krusial dalam pertumbuhan anak. “Nutrisi ibarat fondasi bangunan. Walaupun kita sudah menyediakan kalsium, jika asupan nutrisi tidak mencukupi sejak dini, maka pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan maksimal. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari,” tegasnya.

Baca Juga: Gairahkan Ekonomi Kreatif, Ini yang Dilakukan Emiten CNMA di Hari Anak Nasional

Dr. Patar juga menambahkan bahwa aktivitas fisik yang baik harus didukung oleh nutrisi yang tepat agar pertumbuhan anak tidak terganggu dan risiko gangguan kesehatan bisa diminimalkan.

Sejalan dengan hal itu, CEO PT MMI Tbk, Mengky Mangarek lewat MIUBABY  berusaha meningkatkan kesadaran tentang pentingnya stimulasi tumbuh kembang dan motorik bayi serta pemilihan popok yang tepat. 

"Komitmen kami untuk menyediakan produk perawatan harian dan pribadi berkualitas tinggi sejalan dengan dedikasi Eka Hospital terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak. Bersama-sama, kami bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebahagiaan anak-anak di seluruh Indonesia," kata dia. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #benarkah #tidur #siang #hambat #pertumbuhan #anak #penjelasan #dokter

KOMENTAR