Imunisasi Polio Tetes Umur Berapa, Bisa Didapatkan di PIN Tahap Dua
Ilustrasi Imunisasi PIN Polio 2024 (Freepik)
13:40
24 Juli 2024

Imunisasi Polio Tetes Umur Berapa, Bisa Didapatkan di PIN Tahap Dua

Polio merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit yang masih menjadi ancaman bagi kesehatan anak-anak di Indonesia ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin polio, baik yang diberikan secara oral (tetes) maupun suntik. Lalu, pemberian imunisasi polio tetes umur berapa?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih menerima laporan terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat virus polio di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan, sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi polio.

Lantaran masih tingginya kasus polio serta risiko penularan yang masif, Kemenkes kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga Juli 2024.

“Pelaksanaan PIN Polio akan dilakukan secara massal dan serentak untuk mencapai kekebalan kelompok yang optimal dan dapat mencegah perluasan transmisi virus polio,” kata Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Dr. Yudi Pramono pada temu media yang dilaksanakan secara daring pada Jumat (19/7/2024).

Baca Juga: Pekan Imunisasi Nasional Dimulai, Kemenkes Target 95 Persen Anak Dapat Vaksin Polio

PIN Polio tahap kedua yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2024 itu akan dilaksanakan di 27 provinsi. Sasarannya adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Jenis vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi polio tetes dan juga suntik. Muncul pertanyaan, imunisasi polio tetes untuk umur berapa?

Direktur Pengelola Imunisasi Kemenkes dr. Prima menjelaskan bahwa imunisasi polio tetes atau oral diberikan sebanyak tiga kali pemberian, yaitu umur 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan, yang dikenal dengan OPV 1, OPV 2 dan OPV 3.

"Sedangkan pada umur 4 bulan, pemberian vaksin digabung, yaitu tetes dan suntikan yang disebut dengan IPV. Tidak hanya sampai di situ, pada umur 9 bulan akan kembali diberikan vaksin IPV 2,” kata dr. Prima pada acara yang sama.

Lebih lanjut, dr. Prima mengatakan bahwa pemberian imunisasi lengkap atau kombinasi imunisasi polio tetes (OPV) dan imunisasi polio suntik (IPV) ini diperlukan untuk membentuk kekebalan yang optimal terhadap semua virus polio.

Baca Juga: Pekan Imunisasi Nasional Ada Lagi, Ini Jadwal Vaksin Polio Anak yang Wajib Diketahui Ayah dan Bunda

Itulah penjelasan mengenai pemberian imunisasi polio tetes umur berapa. Jangan lupa ajak anak berusia 0-7 tahun ke PIN Polio tahap kedua ini, ya!

Editor: Vania Rossa

Tag:  #imunisasi #polio #tetes #umur #berapa #bisa #didapatkan #tahap

KOMENTAR