Ciri-Ciri Makanan yang Mengandung Pengawet Sintesis Berbahaya
Ilustrasi ciri-ciri makanan yang mengandung pengawet (Freepik)
08:08
23 Juli 2024

Ciri-Ciri Makanan yang Mengandung Pengawet Sintesis Berbahaya

Ada banyak makanan yang memiliki kandungan zat pengawet. Lantas, adakah ciri-ciri makanan yang mengandung pengawet, terutama pengawet sintesis yang berbahaya? Nah untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasannya.

Diketahui bahwa ada beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan zat-zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Contohnya bahan makanan dengan kandungan pengawet.

Bahan-bahan pengawet ini banyak beredar di pasaran. Adapun bahan pengawet ini terbagi dua macam, yakni bahan pengawet sintesis/buatan dan bahan pengawet alami.

Bahan pengawet alami tentu saja yang paling aman digunakan untuk makanan. Biasanya bahan pengawet alami yang sering digunakan yakni gula atau garam.

Baca Juga: Produsen Roti Aoka Buka Suara Usai Dituding Bahan Bakunya Mengandung Pengawet Kosmetik

Sedangkan bahan pengawet sintetis ini adalah bahan pengawet dari zat-zat kimia. Baha pengawet sinstes ini ada banyak macamnya, beberapa di antaranya yaitu natrium benzoat dan asam sorbat.

Bahan pengawet sintesis ini boleh dipergunakan untuk makanan namun harus sesuai kadar yang diijinkan BPOM. Selain itu, ada juga pengawet sintetis yang tidak diizinkan untuk bahan pengawet makanan. Adapun bahan pengawet makanan yang tidaj diizinkan, diantaranya yaitu formalin atau boraks. Formalin ini disebut juga sodium borate, disodium tetraborate, atau sodium tetraborate.

Umumnya, zat ini dipakai untuk pembuatan kosmetik, pembasmi serangga, deterjen, dan keramik. Namun, masih ada “oknum-oknum” yang menggunakannya sebagai bahan pengawet makanan.

Jika menggunakan bahan pengawet buatan seperti formalin atau boraks untuk pengawet makanan, hal ini bisa berbahaya buat mereka yang mengonsumsinya, di antaranya dapat menyebabkan demam, pusing, mual, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Oleh karena itu, pastikan untuk hati-hati dan waspada dalam memilih makanan agar jangan sampai mengonsumi makanan yang mengandung formalin atau boraks.

Baca Juga: MPASI Buatan Pabrik Bahaya Gak Sih Buat Bayi? Pakar Pangan Ungkap Faktanya

Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Pengawet Sintesis Berbahaya

Penting untuk diketahui bahwa ada ciri-ciri khusus bagi makanan yang mengandung pengawet buatan atau sintesis berbahaya. Untuk selengkapnya, berikut ini ciri-cirinya.

  • Teksturnya sangat kenyal, sangat renyah, dan tak mudah hancur
  • Warnanya lebih mencolok dari aslinya.
  • Beraroma menyengat, bahkan lalat pun enggan untuk mendekat
  •  Tidak mudah rusak dan busuk meskipun sudah disimpan berhari-hari di suhu ruang.

Penting untuk diingat juga untuk tidak menilai produk makanan hanya dari tampilannya saja, tapi perhatikan juga cara pembuatan juga keamanan setiap produk yang dibeli dan konsumsi.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri makanan yang mengandung pengawet berbahaya yang penting untuk diketahui. 

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #ciri #ciri #makanan #yang #mengandung #pengawet #sintesis #berbahaya

KOMENTAR