Mengenal Daun Insulin, Tanaman Ajaib Pembasmi Diabetes?
Ilustrasi apa itu daun insulin (ksdae.menlhk.go.id)
19:56
22 Juli 2024

Mengenal Daun Insulin, Tanaman Ajaib Pembasmi Diabetes?

Ramai jadi perbincangan bahwa daun insulin mampu mengobati penyakit diabetes. Lantas, apa itu insulin? Simak berikut ini penjelasa lengkapnya dengan ciri-ciri, manfaat dan cara mengolahnya.

Diketahui bahwa ada banyak tanaman obat yang bisa kamu jumpai di Indonesia, salah satunya daun insulin. Bagi yang belum tahu apa itu daun insulin, jadi daun insulin ini disebut juga dengan tanaman yakon dan nama ilmiahnya yaitu Smallanthus sonchifolia.

Daun insulin ini berasal dari Andes mountains di Peru. Daun ini masih satu kerabat dengan tanaman bunga matahari. Keberadaannya pun menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Daun ini sering digunakan untuk mengobati penyakit diabetes.

Ciri-ciri Daun Insulin

Baca Juga: 3 Tips Sederhana bagi Penderita Diabetes untuk Mengatur Porsi Makan

Mungkin masih ada yang belum tahu seperti apa bentuk daun insulisn. Jadi, daun insulin ini ciri-ciri khusus. Adapun ciri-cirinya yaitu daunnya berwarna hijau tua. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bunga yang bentuknya mirip bunga aster.

Manfaat Daun Insulin

Daun insulin sering dimanfaat sebagai obat untuk penyakit diabetes. Sebenarnya, daun insulin ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain untuk diabetes, berikut ini manfaat lainnya daun insulin.

  • Daun insulin mengandung asam corosolic yang bermanfaat untuk  meningkatkan sekresi insulin
  • Daun insulin bermanfaat untuk meninggalkan fruktosa  dan dapat membuat kinerja sistem usus besar meningkat. Selain itu juga bermanfaat untuk memperlancar proses ekskresi.
  • Daun insulin bermanfaat untuk diuretic.
  • Daun insulin membantu memecah kadar asam lemak yang menumpuk di hati serta meningkatkan fungsi hati.

Cara Mengolah Daun Insulin

Untuk mengolah daun insulin ini terbilang mudah.  Namun, para dokter memberikan saran jika ingin mengonsumsinya bisa dengan mengunyah daun insulin setiap hari sekitar sebulan. Namun pastikan mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan dokter.

Baca Juga: Simak! 3 Tips Aman Mengonsumsi Daging bagi Penderita Diabetes

Selain itu, ada juga cara lain untuk mengonsumsi daun insulin.  Adapun cara yaitu dengan mengeringkan daunnya.  Petik terlebih dulu daunnya, lalu diamkan di atas wadah dah taruh di tempat teduh. Setelah itu, giling daun keringnya.

Daun insulin kering yang sudah digiling atau ditumbuk sehingga berbentuk bubuk ini sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Namun pastikan setiap hari hanya  mengonsumsi satu sendok makan dan jangan lebih. 

Diabetes adalah kondisi medis kronis yang ditandai oleh tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar gula darah.

Cara Mencegah Diabetes

Pola Makan Sehat: Mengonsumsi makanan seimbang yang tinggi serat dan rendah gula.
Olahraga Teratur: Aktivitas fisik membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.
Pengelolaan Berat Badan: Menjaga berat badan ideal dapat mengurangi risiko.
Pemeriksaan Kesehatan Rutin: Melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala untuk mendeteksi dini.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #mengenal #daun #insulin #tanaman #ajaib #pembasmi #diabetes

KOMENTAR