Apa Itu Gangguan Kecemasan, Gejala, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi gangguan kecemasan. (freepik.com/jcomp)
07:24
17 Juli 2024

Apa Itu Gangguan Kecemasan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Apa itu gangguan kecemasan, di mana kamu merasa sangat cemas atau khawatir, bahkan tanpa alasan yang jelas? Gangguan kecemasan ini pernah dialami oleh Vidi Aldiano baru-baru ini. Dalam Instagram Story-nya beberapa waktu lalu, ia membagikan kabar dirinya mengalami gangguan kecemasan alias anxiety disorder saat tengah berada di Singapura.

"Siapa yang baru sampe Singapura untuk transit, udah anxiety attack sendirian?" tanya Vidi Aldiano di Instagram Story, Senin (8/7/2024).

Serangan kecemasan ini tentu saja membuat sang penyanyi merasa panik dan bingung. Ia pun langsung menelepon sang istri, Sheila Dara, untuk meminta bantuan menenangkan dirinya.

Menurut Vidi, ini bukan pertama kalinya ia mengalami gangguan kecemasan. Tahun 2019, Vidi mengaku dirinya mulai mengalami anxiety attack yang parah hingga kemudian memaksanya untuk mencari pertolongan.

Baca Juga: Survei Ungkap 72 Persen Pemilih Cemaskan Kesehatan Mental Joe Biden, Tak Layak Lagi Pimpin AS?

Lalu, apa itu gangguan kecemasan, gejala, cara mengatasinya? Mari cari tahu di bawah ini.

Apa itu gangguan kecemasan?

Melansir dari Cleveland Clinic, gangguan kecemasan adalah salah satu jenis gangguan kesehatan mental yang membuat seseorang merespons hal dan situasi tertentu dengan ketakutan dan ketakutan.

Merasa cemas adalah hal yang wajar. Seseorang mungkin merasa cemas atau gugup jika menghadapi suatu masalah di tempat kerja, menghadiri wawancara, mengikuti ujian, atau membuat keputusan penting. Namun gangguan kecemasan lebih dari sekadar rasa gugup dan takut yang mungkin dirasakan orang kebanyakan di situasi tersebut.

Di sini, kecemasan yang berlebih akan mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi dengan normal. Bahkan, reaksi mereka sering kali cenderung berlebihan. Hal ini karena penderita gangguan kecemasan umumnya tidak dapat mengontrol respons mereka terhadap situasi tertentu.

Baca Juga: Polusi Udara Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental, Bisa Sampai Picu Bunuh Diri?

Gejala gangguan kecemasan

Gejalanya psikologis yang mungkin dialami oleh penderita di antaranya:

  • Merasa panik, takut, takut dan gelisah.
  • Mudah tersinggung.
  • Kesulitan berkonsentrasi.

Sedangkan gejala fisik yang mungkin dialami antara lain:

  • Palpitasi jantung.
  • Sesak napas.
  • Ketegangan otot.
  • Tangan dingin atau berkeringat.
  • Mulut kering.
  • Mual.
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Insomnia

Penyebab gangguan kecemasan

Seperti jenis kondisi kesehatan mental lainnya, peneliti belum mengetahui secara pasti apa penyebab gangguan kecemasan, tapi diduga merupakan kombinasi faktor-faktor berikut:

  • Ketidakseimbangan kimiawi
  • Perubahan otak
  • Genetika
  • Faktor lingkungan

Cara mengatasi

Gangguan kecemasan dapat diobati. Umumnya, pengobatan yang dilakukan berupa terapi perilaku kognitif ataupun obat-obatan.

Namun, penderita gangguan kecemasan juga bisa melakukan beberapa hal berikut yang dapat membantunya mengatasi kecemasan:

  1. Terapkan pola hidup sehat: Makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  2. Teknik relaksasi: Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.
  3. Hindari kafein dan alkohol: Kafein dan alkohol dapat memperburuk gejala kecemasan.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu gangguan kecemasan. Dengan mengetahui secara detail mengenai gejala dan cara mengatasinya, diharapkan penderita dapat mengelola kecemasan dan menjalani hidup yang lebih bahagia.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #gangguan #kecemasan #gejala #cara #mengatasinya

KOMENTAR