Hati-hati Ya! Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas Bisa Berbahaya, Kecuali...
Minum air dingin di cuaca panas. (Dok. Kolase/Pexels)
15:08
15 Juli 2024

Hati-hati Ya! Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas Bisa Berbahaya, Kecuali...

Saat cuaca panas, banyak orang merasa segar dan terhidrasi dengan minuman dingin. Namun, konsumsi air dingin saat cuaca panas sering menjadi perdebatan. Ada anggapan bahwa minum air dingin di cuaca panas bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit. Apakah benar demikian?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa E. Djuanda, menjelaskan bahwa mengonsumsi air dingin saat musim panas sebenarnya tidak masalah. Bahkan, air dingin dianjurkan saat cuaca panas karena dapat mengembalikan kandungan air dalam tubuh lebih cepat.

"Sebenarnya, tidak ada hubungannya antara air dingin dan cuaca panas. Justru, untuk mengembalikan cairan tubuh secara cepat, disarankan minum air dingin, terutama saat cuaca panas. Jadi, jangan minum teh panas saat cuaca panas," kata dr. Raissa kepada Suara.com, ditulis Jumat (12/7/2024).

Ilustrasi Minuman Dingin. (Pixabay.com)Ilustrasi Minuman Dingin. (Pixabay.com)

Siapa yang Harus Menghindari Air Dingin?

Baca Juga: 6 Tips Tetap Semangat dan Segar di Tengah Cuaca Panas, Jangan Mau Kalah Sama Matahari!

Namun, dr. Raissa mencatat bahwa ada pengecualian untuk beberapa orang. Air dingin dapat memperburuk kondisi bagi mereka yang memiliki radang tenggorokan atau amandel besar. Untuk kelompok ini, disarankan untuk minum air suhu ruang.

"Orang-orang yang sering mengalami radang tenggorokan atau memiliki amandel besar sebaiknya minum air pada suhu ruang. Minum air dingin bisa memicu kambuhnya radang tenggorokan," tambahnya.

Jenis Minuman Dingin yang Dianjurkan

Minuman dingin yang dianjurkan saat cuaca panas adalah air mineral. Minuman dingin yang manis-manis, seperti es sirup, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan.

"Minuman manis boleh dikonsumsi selama takarannya tepat. Namun, minuman manis yang diminum secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan," jelas dr. Raissa.

Baca Juga: Jemaah Haji Rentan Sakit Karena Cuaca Panas, Kemenkes Bagikan Tips Jaga Kesehatan Selama di Tanah Suci

Rekomendasi Minuman Dingin Saat Cuaca Panas
Cuaca panas sering membuat kita merasa tidak nyaman dan cepat lelah. Untuk mengatasi ini, minuman dingin dapat menjadi solusi yang menyegarkan. Berikut adalah lima cara terbaik untuk mendinginkan tubuh dengan minuman dingin saat cuaca panas.

1. Minum Air Dingin Secara Teratur

Air dingin adalah pilihan paling sederhana dan efektif untuk mendinginkan tubuh. Minumlah air dingin sepanjang hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan suhu tubuh tetap stabil. Membawa botol air dingin kemanapun Anda pergi dapat membantu Anda tetap segar dan nyaman.

2. Nikmati Jus Buah Segar

Jus buah segar, seperti jus semangka, jeruk, atau stroberi, tidak hanya menyegarkan tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral. Pastikan untuk membuat jus tanpa tambahan gula untuk menjaga kesehatannya. Jus buah dingin dapat membantu mengembalikan energi dan menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

3. Coba Smoothie yang Sehat

Smoothie yang terbuat dari campuran buah-buahan, sayuran, dan yoghurt dingin bisa menjadi pilihan yang lezat dan menyehatkan. Tambahkan es batu untuk sensasi ekstra dingin. Smoothie tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap bertenaga selama cuaca panas.

4. Konsumsi Air Kelapa Dingin

Air kelapa adalah minuman alami yang kaya elektrolit, sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Minum air kelapa dingin dapat membantu menggantikan cairan dan mineral yang hilang akibat keringat berlebih. Selain itu, air kelapa juga membantu menyeimbangkan suhu tubuh dan memberikan rasa segar.

5. Teh Herbal Dingin

Teh herbal seperti teh mint atau teh chamomile yang disajikan dingin bisa menjadi minuman yang menenangkan dan menyegarkan. Teh mint khususnya memiliki efek pendinginan alami yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Sajikan teh herbal dingin dengan es batu untuk kesegaran maksimal.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #hati #hati #minum #dingin #saat #cuaca #panas #bisa #berbahaya #kecuali

KOMENTAR