Dibuang Kaesang Pangarep, Ini Manfaat Serat yang Ada di Serabut Jeruk Buat Ibu Hamil
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Instagram)
14:24
19 Juni 2024

Dibuang Kaesang Pangarep, Ini Manfaat Serat yang Ada di Serabut Jeruk Buat Ibu Hamil

Kaesang Pangarep memang dikenal bucin kepada sang istri Erina Gudono. Terlebih Erina kini tengah hamil anak pertama mereka. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu pun kian memanjakan sang istri meski dengan hal-hal sederhana.

Seperti dibagikan oleh Erina lewat Instagram story pribadinya, kebucinan Kaesang terlihat saat dia rela mengupaskan jeruk untuk sang istri. Tidak sekadar membuka kulit jeruk, Kaesang bahkan sampai membersihkan serabut putih pada daging buah serta mengeluarkan seluruh bijinya. Sehingga Erina pun bisa langsung menyantap buah tersebut.

"Kalau aku makan jeruk suamiku ngupasin se-serabut serabutnya dan keluarin bijinya satu-satu katanya biar enak," tulis Erina pada postingannya, dikutip Selasa (18/6/2024).

Meski terasa romantis dan bucin, namun tindakan Kaesang nampaknya berpotensi menghilangkan sebagian nutrisi pada jeruk. Sebab, serabut putih yang menempel pada daging jeruk itu juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya tinggi akan serat.

Baca Juga: Duet Anies-Kaesang di Pilkada DKI 2024? Pengamat: Bapaknya Gibran Gak Akan Setuju

Dikutip dari Hello Sehat, mengonsumsi jeruk dengan menghilangkan serabut putihnya membuat kandungan serat akan berkurang. Semakin banyak mengurangi serabut, maka akan semakin sedikit kandungan serat dari jeruk.
Menghilangkan serabut putih bahkan bisa mengurangi 30 persen kandungan serat pada buah tersebut.

Padahal, serat sendiri juga sangat diperlukan oleh ibu hamil. Ibu hamil setidaknya membutuhkan makanan tinggi serat karena harus mencukupi sekitar 25 hingga 30 gram per hari.

Berikut sederet manfaat serat bagi ibu hamil, sebagaimana dilansir dari Halodoc:

1. Menghindari Sembelit

Salah satu manfaat dari konsumsi serat secara rutin pada ibu hamil ialah menghindari sembelit yang terbilang rentan terjadi ketika mengandung. Gangguan ini sering terjadi pada bulan kedua atau ketiga kehamilan dan mungkin saja berlangsung, hingga bayi dilahirkan. Serat dapat menambah tumpukan pada kotoran yang akan dikeluarkan sehingga lebih mudah untuk melewati sistem pencernaan.

Baca Juga: Milomir Seslija Out, Risto Vidakovic Jadi Pelatih Baru Persis Solo? Kaesang Pangarep Beri Keputusan

2. Menyehatkan Tubuh

Dengan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, kamu dapat membuat perut terasa lebih baik karena sistem pencernaan lebih sehat. Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan serat saat melakukan program hamil juga dapat menurunkan tekanan darah yang mampu menghindari risiko terjadinya preeklamsia. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengatur gula darah yang dapat melindungi tubuh dari diabetes gestasional.

3. Lebih Cepat Kenyang

Makanan dengan serat tinggi padat akan nutrisi yang dapat membantu tubuh agar lebih cepat kenyang tanpa perlu mengonsumsi banyak kalori berlebih. Dengan melakukan rutinitas ini, diharapkan tubuh dapat menjadi lebih sehat dan pertumbuhan janin normal hingga waktunya persalinan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #dibuang #kaesang #pangarep #manfaat #serat #yang #serabut #jeruk #buat #hamil

KOMENTAR