Cara Agar Ibu Baru Bisa Mendapatkan Waktu Tidur yang Lebih Banyak
Seorang ibu baru biasanya akan mengalami gangguan tidur. (Freepik)
16:58
12 Mei 2024

Cara Agar Ibu Baru Bisa Mendapatkan Waktu Tidur yang Lebih Banyak

 - Tidur yang cukup itu sangat penting, terutama bagi seorang ibu baru, dimana ia membutuhkannya lebih banyak waktu beristirahat.

"Ibu baru biasanya mengatur waktu tidur sekitar empat hingga lima jam per malam." 

"Tetapi mereka benar-benar membutuhkan tujuh hingga sembilan jam untuk beristirahat dan merasa pulih," jelas dr Shelby Harris, direktur kesehatan tidur di Sleepopolis kepada New York Post.

Kurang tidur dapat merusak kesehatan mental ibu baru

"Penelitian telah menunjukkan, bahwa ada risiko yang lebih besar untuk mengalami depresi dan kecemasan pasca persalinan pada ibu baru."

"Dimana sang ibu tidak mendapatkan setidaknya empat jam tidur yang terkonsolidasi, terutama jika mereka juga mengalami depresi atau kecemasan sebelumnya," ujar Harris, yang merupakan seorang psikolog dan penulis buku 'The Women's Guide to Overcoming Insomnia.'

Harris menyarankan agar para ibu memiliki waktu tidur selama empat hingga enam jam dalam satu hari, dan menambahkan tidur siang sesuai dengan kebutuhan. 

Meminta bantuan

"Ibu baru dapat meningkatkan kualitas tidur mereka dengan tidur siang, saat bayi tidur siang dan membuat sistem untuk berbagi tugas di malam hari dengan pasangan, keluarga, atau teman," katanya.

"Menerima bantuan dari keluarga dan teman, meskipun hanya untuk istirahat sejenak, juga dapat membuat perbedaan besar dalam mendapatkan lebih banyak istirahat," tambahnya.

Dia mengatakan jika seorang ibu baru hanya menyusui, dan meminta pasangan, keluarga atau teman untuk melakukan segala sesuatu selain menyusui.

Seperti mengganti bayi popok atau pakaian, hal ini dapat membantu ibu untuk meminimalkan waktu terjaga. Harris mengatakan bahwa menyusui bagi beberapa ibu, dapat membantunya untuk tertidur.

"Jika Anda memompa atau memberi susu botol, mengatur jadwal jika memungkinkan dapat membantu ibu mendapatkan sedikit waktu tidur yang terkonsolidasi," tambahnya. 

Tidur saat bayi tidur

Tidur siang bersama bayi mungkin tampak seperti solusi yang bagus, tetapi ini bisa menjadi tantangan bagi para ibu yang harus melakukan banyak tugas secara bersamaan.

"Mencoba tidur, saat bayi tidur sangat sulit bagi sebagian besar ibu. Sebagai gantinya, berusahalah untuk menemukan saat-saat istirahat, dan memprioritaskan apa yang harus diselesaikan dan apa yang ingin Anda selesaikan," jelas Harris. 

"Para ibu baru, dapat memprioritaskan untuk beristirahat selama bayi mereka tidur siang. Meskipun itu berarti, meninggalkan beberapa piring di wastafel atau menunda pekerjaan rumah lainnya," tambahnya. 

Kelompokan tugas-tugas Anda

"Membagi tugas menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, dan meminta bantuan dari keluarga atau teman juga dapat memberikan mereka lebih banyak waktu untuk mengejar waktu istirahat yang terlewatkan dari malam sebelumnya.

"Meminta bantuan sangatlah penting, kebanyakan orang (termasuk saya) kesulitan dengan hal itu pada masa-masa awal bayi," kata Harris.

Rutinitas sebelum tidur yang menenangkan

"Kurangi kafein dan waktu menonton (televisi atau ponsel) sebelum tidur, dan pastikan ruang tidur nyaman, gelap, sejuk, dan tenang."

"Mendapatkan cahaya di siang hari, berjalan-jalan ringan, dan berolahraga dengan bayi atau sendirian sangat berguna," sarannya.

Pekerjakan asisten

Jika ini bisa menjadi sebuah pilihan, para ibu baru mungkin bisa mempertimbangkan untuk menyewa doula (orang yang membantu, mendukung calon ibu selama persalinan, dan setelah melahirkan) atau pengasuh anak.

"Doula menawarkan dukungan emosional serta fisik, selama dan setelah melahirkan." 

"Sementara pengasuh, memberikan kesempatan kepada para ibu untuk beristirahat atau menangani tugas-tugas lain, sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan kualitas tidur yang mereka butuhkan," katanya. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #agar #baru #bisa #mendapatkan #waktu #tidur #yang #lebih #banyak

KOMENTAR