Mengenal 8 Manfaat Konsumsi Kimchi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Kimchi. (Pexels)
14:14
8 Mei 2024

Mengenal 8 Manfaat Konsumsi Kimchi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kimchi sudah tidak terdengar asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka penggemar K-Pop ataupun budaya Korea. Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional khas Korea yang terbuat dari sayuran hasil fermentasi dan diberi bumbu pedas.

Karena merupakan makanan fermentasi, kimchi mengandung probiotik yang sehat, seperti bakteri asam laktat yang sama yang ditemukan dalam yogurt dan produk susu fermentasi lain.

Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi makanan fermentasi, termasuk kimchi, dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya bagi usus.

Mengutip laman Women’s Health, Rabu (8/5), berikut adalah 8 manfaat dari mengonsumsi kimchi yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk usus

Seorang ahli diet yang berbasis di New York, Samantah Cassetty mengatakan bahwa seperti sayuran dan makanan fermentasi lainnya, kimchi kaya akan probiotik yang bermanfaat. Bakteri baik ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, yang semuanya dimulai dari saluran pencernaan.

Mengonsumsi kimchi dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri di usus, yang pada akhirnya bermanfaat bagi kesehatan usus dengan membantu kelancaran pencernaan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Probiotik dalam kimchi bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh karena sebagian besar fungsi kekebalan tubuh terjadi di usus. Ketika mikrobiota usus dalam kondisi yang baik, sistem kekebalan akan lebih mampu berfungsi secara optimal.

3. Menurunkan kolesterol

Meskipun hubungan pasti antara kimchi dan kolesterol belum sepenuhnya jelas, beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan kimchi secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah.

“Para ilmuwan tidak yakin bahan mana dalam kimchi yang bertanggung jawab,” kata Alissa Rumsey, seorang ahli gizi.

Kubis, cabai merah, bawang putih, daun bawang, dan jahe yang merupakan beberapa bahan umum yang digunakan dalam kimchi, semuanya memberikan potensi manfaat kesehatan dalam komposisinya masing-masing.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain mendukung kolesterol sehat, kimchi juga dapat menyehatkan jantung dengan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh berkat bahan-bahan, seperti jahe dan cabai merah.

“Antioksidan membantu menstabilkan sel-sel rusak yang dapat mempercepat proses penyakit, sehingga memiliki status antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung,” jelas Samantah Cassetty.

5. Memberikan efek antiinflamasi pada usus

Peradangan yang berlebihan atau kronis berdampak buruk pada kesehatan seiring berjalannya waktu. Pprobiotik, seperti yang ditemukan dalam kimchi, dapat memiliki efek antiinflamasi pada usus. Faktanya, sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa strain spesifik probiotik yang ditemukan dalam kimchi mengurangi beberapa penanda peradangan di usus.

6. Menjaga kesehatan mata

Kimchi adalah sumber antioksidan beta karoten yang baik. Hal itu disebabkan berkat bahan utamanya, yaitu kubis. Tubuh mengubahnya menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan dan kesehatan mata.

Beta karoten telah dikaitkan dengan kesehatan mata yang lebih baik, terutama seiring bertambahnya usia, dan merupakan salah satu nutrisi terpenting dalam hal penglihatan.

7. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan dengan peserta pra-diabetes mengungkapkan toleransi glukosa yang lebih baik setelah peserta penelitian mengonsumsi makanan yang mengandung kimchi yang difermentasi selama minimal 8 minggu. Hal ini menunjukkan bahwa kimchi dapat membantu menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

8. Mencegah infeksi jamur

“Probiotik dalam kimchi dapat membantu mencegah infeksi jamur,” kata Mia Syn, seorang ahli gizi. Penelitian yang terbit pada tahun 2019 menunjukkan bahwa bakteri baik yang ditemukan dalam kimchi memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan jamur penyebab infeksi jamur, sehingga mengurangi kemungkinan berkembangnya infeksi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mengenal #manfaat #konsumsi #kimchi #yang #baik #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR