Vaksin Covid-19 AstraZeneca Ditarik dari Peredaran di Seluruh Dunia
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (Dok : Istimewa)
11:00
8 Mei 2024

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Ditarik dari Peredaran di Seluruh Dunia

AstraZeneca menarik vaksin Covid-19 di seluruh dunia karena ketersediaan vaksin terbaru yang ditargetkan untuk varian virus baru. Keputusan tersebut menyusul pencabutan izin edar sukarela di Uni Eropa pada bulan Maret dan pemberitahuan dari Badan Obat Eropa pada tanggal 7 Mei yang menetapkan bahwa vaksin tersebut tidak boleh lagi digunakan.

Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa penurunan permintaan vaksin AstraZeneca karena ketersediaan vaksin baru yang telah disesuaikan untuk varian Covid-19 telah menyebabkan keputusan tersebut.

“Menurut perkiraan independen, lebih dari 6,5 juta nyawa terselamatkan pada tahun pertama penggunaan saja dan lebih dari 3 miliar dosis telah dipasok secara global,” kata pernyataan itu.

Ilustrasi Vaksin Covid-19.(Unsplash/towfiquy barbiquy)Ilustrasi Vaksin Covid-19.(Unsplash/towfiquy barbiquy)

Meskipun vaksin ini telah menyelamatkan jutaan nyawa, perusahaan akan mengkoordinasikan langkah selanjutnya dengan regulator dan mitra mereka untuk mengakhiri bab ini dalam pandemi Covid-19.

Ketua epidemiologi di Universitas Deakin di Australia, Prof Catherine Bennett, mengatakan vaksin telah memainkan peran penting dalam perjuangan melawan virus di seluruh dunia, terutama pada masa-masa awal pandemi ketika ketersediaan vaksin masih terbatas.

“Ini telah menyelamatkan jutaan nyawa dan hal itu tidak boleh dilupakan,” katanya.

“Ini adalah bagian yang sangat penting dari respons global awal. Namun, mereka menargetkan varian leluhur awal. Kita sekarang telah beralih ke rantai vaksin di mana kita memiliki produk yang tersedia untuk mengejar varian yang muncul.

“Ada juga pergeseran dalam kalkulus risiko, mengingat masyarakat lebih terlindungi dan, meskipun Covid masih menyebabkan kematian, secara keseluruhan kita tidak terlalu rentan terhadap penyakit ini.”

Saran vaksin Covid-19 terbaru yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada bulan April menyarankan agar formulasi vaksin Covid-19 harus menargetkan garis keturunan virus JN.1, yang menggantikan varian garis keturunan XBB yang sudah ada.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #vaksin #covid #astrazeneca #ditarik #dari #peredaran #seluruh #dunia

KOMENTAR