7 Strategi Ampuh Menghentikan Negative Self Talk, Sayangi Kesehatan Mentalmu
ILUSTRASI (Pexels)
06:30
7 Mei 2024

7 Strategi Ampuh Menghentikan Negative Self Talk, Sayangi Kesehatan Mentalmu

- Negative self talk adalah pola pikir seseorang yang berulang kali memikirkan hal-hal negatif. Bentuk komentar negatif atau kritikan terhadap diri sendiri, karena merasa tidak mampu melakukan sesuatu dengan baik dan merasa insecure.

Contohnya saat melakukan kesalahan kecil, seseorang menyalahkan diri secara berlebihan sehingga menimbulkan stres dan depresi. Negative self talk tidak dapat dibiarkan terus-menerus menjadi kebiasaan ketika tidak mampu menyelesaikan masalah.

Masalah psikologis yang bisa memicu negative self talk antara lain, depresi, kecemasan, masalah hubungan, harga diri rendah, dan merasa cepat lelah. Hal itu dapat mempersulit dalam mengambil tindakan, karena tidak percaya diri dan cenderung menghindari tantangan.

Dilansir dari REALSIMPLE, terdapat 7 strategi terbaik yang dapat menghentikan negative self talk.

1. Gantilah dengan pemikiran yang positif atau netral

Lawan dari pemikiran negatif adalah positif. Maka, biasakan diri berpikir yang baik demi kesehatan mental. Jika menyadari adanya pikiran negatif yang berusaha mengontrol dirimu, perhatikan satu atau dua hal yang telah dilakukan dengan baik.

2. Cobalah untuk menyayangi diri sendiri

Selalu ingat bahwa momen yang buruk tidak berarti akan menjalani hari yang buruk juga. Luangkan waktu sejenak dan katakan pada diri sendiri, semuanya akan berhasil dan bisa melewati hal sulit tersebut.

3. Akui kritikan dan membalasnya dengan kebaikan

Saat mendengar kritikan di dalam pikiran, coba untuk menyadari kesalahan yang telah dibuat dan segera ambil tindakan untuk memperbaikinya.

4. Berlatih kesadaran

Pikiran negatif dapat membebani diri secara tidak langsung. Cobalah untuk mengatur napas dengan manual dan beristirahat dari pikiran buruk.

5. Terapkan rutinitas perawatan diri yang bermanfaat

Perawatan diri sangat penting diterapkan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan fisik dan batin. Terutama perawatan yang membantu menghentikan pola pembicaraan diri sendiri yang negatif. Perlakukan diri sendiri dengan perhatian dan kebaikan, seperti perasaan kamu mencintai bagian dari dirimu.

6. Gandeng orang-orang yang suportif

Kita tentu butuh bantuan dari orang lain untuk menyadarkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Kelilingi diri dengan keluarga, sahabat, pasangan yang mendukung kebaikanmu dengan sepenuh hati untuk membuang pikiran negatif tersebut.

7. Kerja sama dengan ahli kesehatan mental

Jika kamu masih kesulitan mengatasi negative self talk, cari bantuan dengan orang yang ahli dalam bidang kesehatan mental. Mereka akan memberikanmu strategi yang lebih konkrit untuk meningkatkan kualitas pola pembicaraan dalam diri anda.

Itulah tujuh strategi yang ampuh untuk menghentikan pola pikir negative self talk dalam diri.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #strategi #ampuh #menghentikan #negative #self #talk #sayangi #kesehatan #mentalmu

KOMENTAR