Mengenal Tujuh Manfaat Mengonsumsi Buah Cranberry Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi teh cranberry. Sumber foto: Freepik
16:08
5 Mei 2024

Mengenal Tujuh Manfaat Mengonsumsi Buah Cranberry Bagi Kesehatan Tubuh

- Cranberry memang bukan buah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, tapi manfaat cranberry bagi kesehatan tetap patut untuk diperhitungkan, lho.

Untuk tahu apa saja manfaat cranberry yang bisa kamu dapat, yuk simak di artikel ini.

Buah cranberry (Vaccinium macrocarpon) masih satu kerabat dengan buah blueberry, lingonberry, dan bilberry.

Buah yang satu ini khas dengan rasanya yang asam, sehingga jarang dimakan secara langsung. Umumnya, cranberry bisa ditemukan dalam bentuk buah yang dikeringkan, jus, atau selai.

Cranberry tumbuh di daerah rawa dan rawa-rawa di Amerika Utara dan Eropa Utara. Mereka adalah bagian dari keluarga tanaman Ericaceae.

Buah cranberry biasanya berwarna merah cerah dan memiliki rasa asam yang khas. Mereka umumnya dipanen pada musim gugur.

Ada beberapa varietas cranberry, termasuk varietas yang lebih besar dan lebih kecil, serta varietas dengan rasa yang lebih manis atau lebih asam.

Buah cranberry juga memiliki beragam manfaat bagi Kesehatan, berikut ini beberapa manfaatnya ikutip dari beberapa sumber:

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih: Cranberry memiliki senyawa yang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih, sehingga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK), terutama pada wanita.

2. Mengandung Antioksidan: Buah cranberry kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid, yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

3. Mendukung Kesehatan Jantung: Antioksidan dalam cranberry dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko peradangan dan oksidasi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Mengandung Vitamin C: Cranberry merupakan sumber vitamin C yang baik, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan produksi kolagen.

5. Mendukung Pencernaan yang Sehat: Serat dalam cranberry membantu mempromosikan pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit.

6. Mengurangi Risiko Infeksi Perut: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cranberry dapat membantu melawan bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan infeksi lambung dan luka pada lambung.

7.Mengurangi Risiko Kanker: Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumsi cranberry dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, payudara, dan kolorektal, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengenal #tujuh #manfaat #mengonsumsi #buah #cranberry #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR