Mengenal Gejala TTS, Efek Samping Langka Akibat Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Selasa (19/12/2023). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
19:19
2 Mei 2024

Mengenal Gejala TTS, Efek Samping Langka Akibat Vaksin Covid-19 AstraZeneca

 

- Belakangan ramai dibicarakan terkait efek samping langka vaksin Covid-19 AstraZeneca yang dapat menyebabkan kasus sindrom trombosis dengan trombositopenia atau thrombosis with thrombocytopenia syndrome (TTS). Kementerian Kesehatan RI sudah menyampaikan bahwa hingga kini tak ada kasus TTS karena Covid-19. 

Lantas, apa itu penyakit TTS yang diakui AstraZeneca sebagai efek samping langka penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca?    Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI) Prof. Hinky Hindra Irawan Satari menerangkan, TTS merupakan penyakit yang menyebabkan penderita mengalami pembekuan darah serta trombosit darah yang rendah.    Namun begitu, kasusnya sangat jarang terjadi di masyarakat, tapi bisa menyebabkan gejala yang serius. Dalam hal TTS sebagai Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), ia mengatakan bahwa seharusnya ditemukan gejalanya antara 4 sampai 42 hari setelah vaksin disuntikkan.    "Kalaupun saat ini ditemukan kasus TTS di Indonesia, ya pasti bukan karena vaksin COVID-19 karena sudah lewat rentang waktu kejadianya,” ujar Hinky kepada wartawan, Kamis (2/5).   Menurutnya TTS bisa disebut terjadi lantaran vaksin Covid-19 apabila terjadi di otak muncul gejala pusing, di saluran cerna mual, di kaki pegal, dalau jumlah trombositnya menurun, ada perdarahan, biru biru di tempat suntikan.   "Tapi 4-42 hari setelah vaksin. Kalau sekarang terjadi, ya, kemungkinan besar terjadi karena penyebab lain, bukan karena vaksin,” tegas Hinky.   Namun begitu, Hinky mengatakan bahwa masyarakat juga masih bisa melaporkan kejadian ikutan pasca-imunisasi atau KIPI kepada Komnas KIPI melalui puskesmas terdekat.   “Puskesmas sudah terlatih, akan dilakukan investigasi, anamnesis, dan rujukan ke RS untuk akhirnya dikaji Pokja KIPI dan dikeluarkan rekomendasi berdasarkan bukti yang ada,” pungkasnya. 

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #mengenal #gejala #efek #samping #langka #akibat #vaksin #covid #astrazeneca

KOMENTAR