Ngilu! Pria Ini Nyaris Meninggal Usai Sekrup Implan Gigi
Ilustrasi dokter gigi. [Pexels.com/Pavel Danilyuk]
18:16
2 Mei 2024

Ngilu! Pria Ini Nyaris Meninggal Usai Sekrup Implan Gigi

Seorang pria Turki berusia 40 tahun beruntung masih hidup setelah sekrup implan gigi didorong ke dalam rongga otaknya oleh seorang dokter gigi. Ramazan Yilmaz pergi ke klinik gigi swasta di kota kelahirannya Bursa, Turki, setelah mengalami sakit gigi yang parah.

Setelah memeriksanya, dokter gigi di sana memberi tahu pria tersebut bahwa giginya goyang dan struktur tulangnya rapuh. Solusi terbaiknya adalah mencabut gigi aslinya dan menggantinya dengan implan.

Mempercayai pendapat ahlinya, Yilmaz menyetujui biaya prosedur perawatan gigi dan pencabutan sebagian giginya pada hari yang sama. Tapi segalanya mulai mengarah ke selatan dari sana.

Pertama, dia mendengar dokter tersebut, yang hanya disebut sebagai A.D. oleh media Turki, memberi tahu asistennya bahwa alat yang digunakan untuk memasukkan sekrup implan ke dalam tulang tidak berfungsi dengan baik, dan kemudian dia harus menahan rasa sakit saat memasang sekrup tersebut. secara manual oleh dokter.

Ilustrasi dokter gigi. [Pexels.com/Pavel Danilyuk]Ilustrasi dokter gigi. [Pexels.com/Pavel Danilyuk]

“Saat dia mencoba memasang sekrup, saya melihat dia mengerahkan tenaga yang berlebihan,” kata Ramazan Yilmaz. Saya menunjukkan hal ini kepadanya, menyebutkan bahwa saya mendengar suara retakan tulang, namun dia meyakinkan saya bahwa itu normal. Namun saat dia terus menekan sekrup tersebut, sekrup tersebut menembus tulang rahang saya dan masuk ke area di belakang mata, tempat otak dan cairan tulang belakang berada.”

Saat sekrup logam menembus tulang rahangnya dan masuk ke rongga otak, rasa sakit yang luar biasa menyebabkan Yilmaz menjerit kesakitan, dan dokter gigi menyadari keseriusan situasi setelah melakukan rontgen pada tengkorak pria tersebut. Sekrup logam itu terletak di dekat otak dan mengancam akan membunuhnya atau membuatnya cacat parah.

Dokter gigi segera membawa Yilmaz ke mobilnya dan secara pribadi mengantarnya ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Universitas Uludag, di mana dokter menjadwalkan pria berusia 40 tahun itu untuk menjalani operasi darurat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan sekrup tersebut menembus area otak dan cairan tulang belakang,” kata Ramazan Yilmaz. “Sebelum operasi, mereka memperingatkan saya bahwa saya bisa kehilangan nyawa. Saya mengucapkan selamat tinggal kepada anak-anak saya, tetapi untungnya saya berhasil melewati operasi.”

Dokter mampu melepas sekrup logam tersebut tanpa menyebabkan kerusakan otak, dan setelah beberapa hari pemulihan, Yilmaz dipulangkan. Dia mencoba menghubungi dokter gigi tersebut, meminta pengembalian dana dan kompensasi atas tagihan pengobatannya, namun A.D. diduga menolak, sehingga pria Turki berusia 40 tahun itu tidak punya pilihan selain menyelesaikan masalah tersebut di pengadilan.

“Saya ingin pihak berwenang dan pejabat negara kita menangani masalah ini,” kata Yilmaz. Saya punya dua anak, jika terjadi sesuatu pada saya, siapa yang bertanggung jawab?”

Di sisi lain, dokter gigi tersebut menolak untuk bertanggung jawab atas apa yang terjadi, dan mengklaim bahwa pengalaman mendekati kematian Yilmaz adalah akibat dari komplikasi medis yang tidak terduga.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #ngilu #pria #nyaris #meninggal #usai #sekrup #implan #gigi

KOMENTAR