9 Cara Mengatasi Rambut Kering, Rajin Lakukan Ini Agar Tetap Sehat dan Lembab
Ilustrasi rambut kering. (Freepik)
13:14
26 April 2024

9 Cara Mengatasi Rambut Kering, Rajin Lakukan Ini Agar Tetap Sehat dan Lembab

- Rambut kering seringkali menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Faktor seperti cuaca ekstrem, perawatan yang kurang tepat, dan paparan zat-zat kimia dari produk perawatan rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh.

Jangan khawatir, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut kering dan menjaga kelembaban alami rambut Anda.

Terdapat sembilan cara praktis dan efektif untuk merawat rambut Anda agar tetap sehat, lembut, dan berkilau. Melansir dari Alodokter dan Halodoc, berikut sembilan cara untuk Anda mengatasi rambut yang kering:

Cuci Rambut 1-2 Kali Seminggu

Untuk rambut kering dan mengembang, kurangi frekuensi mencuci rambut agar tidak semakin kering dan rusak. Cukup bersihkan rambut 1–2 kali dalam seminggu atau saat terasa kotor.

Pilih Shampo yang Tepat dan Ringan

Pilih shampo yang cocok dengan jenis rambut Anda saat keramas. Gunakan shampo yang lembut, dirancang untuk rambut kering dan mengembang, dengan sedikit deterjen. Hindari yang mengandung sulfat dan alkohol.

Pilih shampo yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembabkan rambut, seperti minyak argan, zaitun, atau almond.. Minyak ini bisa membantu menjaga kelembaban rambut lebih lama, membuatnya terasa lembut dan halus.

Gunakan Kondisioner

Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk menjaga kesehatan kutikula rambut dan menjaga kadar minyak alami. Kondisioner membantu melembabkan rambut dan menjadikannya lebih sehat. Untuk hasil yang lebih baik, terapkan teknik deep conditioner untuk memberikan kelembaban ekstra.

Keringkan Rambut dengan Benar

Gunakan kain lembut seperti katun atau handuk microfiber yang tidak menghasilkan gesekan berlebihan saat mengeringkan rambut. Teknik pengeringan yang tepat dapat mencegah rambut menjadi kering dengan menyerap kelebihan air tanpa menghilangkan kelembaban alami rambut.

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Disarankan untuk mengurangi penggunaan alat-alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang menghasilkan panas. Penggunaan berlebihan alat-alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan Vitamin Rambut

Selain kondisioner, Anda dapat menggunakan vitamin rambut seperti dengan kandungan Moroccan oil atau argan oil. Vitamin ini membantu menjaga kelembaban, merawat, dan menguatkan rambut hingga ke akar. Kandungan Moroccan oil juga melindungi rambut dari kerusakan, mengembalikan kilau alami, dan menjaga rambut tetap sehat.

Gunakan Minyak Rambut

Minyak rambut tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga mengunci kelembaban rambut. Oleskan beberapa tetes minyak ke tangan, lalu ratakan dengan mengusap atau sedikit menyisir rambut.

Lindungi Rambut

Lindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Saat cuaca panas, disarankan untuk menggunakan topi saat di luar ruangan. Saat mandi atau berenang di kolam atau laut, gunakan penutup kepala untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Konsumsi Makanan Sehat

Penting juga merawat rambut dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Contohnya, konsumsi ikan salmon bisa membantu memperbaiki kesehatan dan kilau rambut. Selain itu, makan sayur bayam bisa mengatasi rambut rapuh, dan jambu biji dapat mencegah kerusakan rambut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #mengatasi #rambut #kering #rajin #lakukan #agar #tetap #sehat #lembab

KOMENTAR