Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Jantung Lewat Vitamin K2, Simak 4 Manfaat dan Sumber Makanannya
ilustrasi sumber makanan vitamin K2. Sumber foto: Freepik
09:57
26 April 2024

Tingkatkan Kesehatan Tulang dan Jantung Lewat Vitamin K2, Simak 4 Manfaat dan Sumber Makanannya

Vitamin K2 sangat penting bagi tubuh terutama untuk kesehatan tulang. Ketika tubuh mencoba memecah kalsium, vitamin tersebut membantu mengikatnya ke tulang dengan mengaktifkan protein.

“Vitamin K juga sangat baik untuk kesehatan usus,” jelas ahli gizi Jasleen Kaur, dikutip dari Healthshots, Jumat (26/4).

Vitamin K inilah rahasia dibalik pembekuan darah, dan vitamin K2 merupakan salah satu bentuk vitamin K. 

Bentuk lainnya ialah Vitamin K1 atau dikenal menaquinone, vitamin K2 juga diproduksi oleh bakteri usus.

Lantas, apa saja manfaat konsumsi vitamin K2? Simak uraiannya di sini:

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin K2 mengaktifkan produksi dua jenis protein yakni matriks GLA dan osteokalsin, keduanya membantu membuat tulang lebih kuat dengan memfasilitasi penyerapan kalsium.

Sebuah penelitian dari jurnal Frontiers in Public Health menyebutkan bahwa vitamin K2 baik untuk mineralisasi tulang dan kekuatan tulang pada wanita menopause.

  1. Penurunan risiko penyakit jantung

Jika menyangkut penyakit jantung, penumpukan kalsium harus dihindari. Vitamin K2 sangat baik dalam menghindari timbunan kalsium dalam tubuh.

Penelitian dari European Journal of Nutrition menghubungkan penurunan risiko penyakit jantung koroner dengan pasien yang diberi peningkatan asupan vitamin K1 dan vitamin K2.

Terlihat vitamin K1 bekerja lebih baik daripada vitamin K2. Sebagian besar vitamin K1 diubah menjadi vitamin K2 di dalam tubuh.

  1. Membantu kesehatan gigi

Baik itu memperkuat gigi atau mencegah gigi copot, vitamin K2 mempunyai banyak kontribusi.

Penelitian dari BMC Oral Health menemukan ketika subjek lansia diberi suplemen vitamin K dan serat secara teratur, hal ini membantu mencegah penyakit periodontal dan kehilangan gigi.

Vitamin K2 juga membantu metabolisme tulang karena mengandung osteokalsin, protein yang dibutuhkan untuk melakukan hal sama.

  1. Membantu mencegah penyakit kanker

Meskipun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin K2 membantu pencegahan kanker terutama kanker hati, masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Sebuah penelitian dari Frontiers in Oncology menyatakan vitamin K2 menghentikan pertumbuhan sel kanker hati. Namun, dampaknya terhadap tingkat kekambuhan dan tingkat kelangsungan hidup masih perlu diteliti.

Menurut penelitian dari Nutrients, vitamin K1 ditemukan sembilan kali lebih banyak dalam makanan dibandingkan vitamin K2. Bakteri usus manusia juga menghasilkan vitamin K2.

Dari segi pola makan, produk hewani dan makanan fermentasi mengandung vitamin K2. Makanan tersebut antara lain:

- Dada ayam

- Fermentasi kol atau kubis

- Blue cheese

- Kuning telur

- Hati ayam

- Alpukat

- Susu

- Tempe

- Belut

- Mentega

Jika makanan tersebut tidak tersedia, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin K2. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai suplementasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tingkatkan #kesehatan #tulang #jantung #lewat #vitamin #simak #manfaat #sumber #makanannya

KOMENTAR