Terkena Sengatan Lebah? Jangan Panik, Simak 4 Pertolongan Pertama Secara Alami dan Obat yang Tepat
Jangan sepelekan sengatan lebah! (Sumber Foto : The Wonder Of Life/Pexels)
20:12
25 April 2024

Terkena Sengatan Lebah? Jangan Panik, Simak 4 Pertolongan Pertama Secara Alami dan Obat yang Tepat

  - Semua orang pasti tidak ingin terkena sengatan lebah, sebab rasa sakitnya mungkin tidak seberapa hanya seperti tertusuk duri. Namun, jangan pernah menyepelekan sengatan lebah.   Saat seseorang bagian tubuhnya tersengat lebah ternyata bisa menimbulkan pembengkakan pada kulit dan rasa tidak nyaman selama beberapa hari loh.    Tak hanya itu, bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap racun lebah, gejala yang timbul bisa saja lebih serius dan perlu penanganan lebih lanjut. Sedangkan, bagi yang tidak memiliki alergi terhadap racun lebah, jangan panik, ya.   

  Lantas, bagaimana pertolongan pertama ketika kita terkena sengatan lebah?.    Dikutip dari laman halodoc.com ada 4 cara atau poin penting sebagai bentuk pertolongan pertama bagi seseorang yang tersengat lebah. Yuk simak penjelasan berikut ini.    1. Segera Cabut Sengatan Lebah    Usai menggigit, lebah biasanya akan meninggalkan jarum kecil berwarna hitam, yang bernama ‘sengat’. Jarum kecil itu menyimpan banyak racun dan bisa menyebar ke permukaan kulit.  

  Untuk itu, segera cabut sengat yang tertinggal di kulit dengan menggunakan pinset kecil. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan tidak ada lagi bagian yang tertinggal di kulit, untuk menghindari tersebarnya racun ke bagian kulit yang lain.    2. Bersihkan Bagian yang Tersengat   Apabila telah berhasil mengeluarkan sengat yang tertinggal di kulit. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencuci bagian kulit yang tersengat dengan menggunakan air mengalir dan sabun.    Kalau bisa, gunakan sabun yang mengandung anti-septik. Kemudian, keringkan dengan menggunakan handuk yang halus dan hindari untuk menggosok-gosok bagian yang terkena sengatan.   

  3. Kompres dengan Es Batu   Sengatan lebah di kulit tidak hanya akan menimbulkan bengkak, tetapi juga rasa terbakar dan pegal di area kulit yang terkena. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres bagian kulit yang tersengat dengan es batu. Tujuannya agar dapat meredakan bengkak dan rasa tidak nyaman.    Caranya cukup mudah, yaitu balut es batu dengan kain tipis lalu, kompreskan ke bagian kulit yang bengkak selama 20 hingga 30 menit. Sehingga, rasa sakit dan bengkak yang muncul akan berkurang.    4. Obati Bengkak dengan Bahan-Bahan Berikut   Sebenarnya, mengompres dengan es batu hanya meredakan sementara. Untuk mengobatinya memerlukan beberapa bahan alami yang dapat digunakan.   

  Contohnya, madu ternyata mampu menyerap racun yang menyebar di bagian kulit yang tersengat lebah loh. Caranya mudah yaitu cukup oleskan madu di area yang terkena sengatan dan diamkan selama 30 menit.    Selanjutnya, baking soda ternyata dapat memberi efek dingin pada kulit sehingga mampu meredakan rasa panas dan bengkak. Jadi, campurkan sekitar satu sendok makan baking soda dengan sedikit air dan oleskan di permukaan kulit yang bengkak hingga biarkan hingga mengering.   Bahan alami lainnya adalah daun pisang. Alasannya, daun pisang mampu meredakan bengkak dan mempercepat penyembuhan luka akibat sengatan lebah.   

  Ambilah sedikit daun pisang dari pohonnya, remas atau hancurkan hingga mengeluarkan getah dan oleskan pada bagian kulit yang tersengat.    Apabila rasa sakit dan nyeri akibat bengkak tak kunjung reda dan cenderung mengganggu aktivitas, obat pereda nyeri seperti asetaminofen atau ibuprofen bisa menjadi solusi.    Di sisi lain, dilansir dari alodokter.com pastikan area sengatan tetap terjaga kebersihannya untuk mencegah infeksi. Sengatan tawon biasanya membaik dalam waktu 2-5 hari.   

  Perlu diketahui, pada orang yang alergi terhadap sengatan lebah, gigitannya bisa menyebabkan reaksi alergi berat seperti syok anafilaksis.    Beberapa gejalanya bisa timbul adalah bengkak parah di bagian wajah atau tubuh yang tidak terkena sengatan, sulit bernapas, mual, muntah, bahkan kehilangan kesadaran. Jika kondisi ini terjadi, segeralah bawa penderita ke IGD karena berisiko fatal.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #terkena #sengatan #lebah #jangan #panik #simak #pertolongan #pertama #secara #alami #obat #yang #tepat

KOMENTAR