Perlu Saran Dokter untuk Menentukan Pilihan antara Pakai Gigi Palsu atau Implan Gigi
Gigi palsu 
16:30
18 April 2024

Perlu Saran Dokter untuk Menentukan Pilihan antara Pakai Gigi Palsu atau Implan Gigi

Kehilangan gigi dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan kehilangan rasa percaya diri.

Aktivitas sehari-hari seperti makan dan berbicara bisa menjadi lebih sulit dan sering kali menyebabkan rasa malu.

Namun, yang lebih penting lagi, kehilangan gigi juga dapat menimbulkan dampak yang serius pada kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan.

Menghadapi masalah ini, ada 2 solusi mengatasinya yakni dengan gigi palsu atau implan gigi.

Lalu mana yang paling tepat? 

Gigi palsu telah mengalami perkembangan signifikan dari waktu ke waktu, menawarkan solusi yang layak bagi mereka yang kehilangan beberapa gigi ataupun yang membutuhkan set lengkap atau penggantian parsial.

Berbeda dengan implan gigi, gigi palsu memberikan fleksibilitas dan keterjangkauan, dapat dilepas, dan memungkinkan pembersihan dan perawatan yang mudah sepanjang hari.

Meskipun gigi palsu menawarkan kenyamanan dan estetika, mereka datang dengan serangkaian tantangan sendiri.

Tanpa perekat yang tepat, gigi palsu dapat tergelincir selama makan atau berbicara, menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa malu.

Gigi palsu yang tidak pas dapat menyebabkan masalah kesehatan oral seperti infeksi dan kerusakan.

Pembersihan dan penggantian berkala diperlukan untuk memastikan ketahanan dan efektivitas mereka.

dr Kim dari Arirang Dental Clinic mengarakan, meskipun gigi palsu dapat menjadi solusi yang layak bagi mereka yang kehilangan gigi, penting untuk diingat bahwa pemilihan dan perawatan yang tepat sangat penting.

"Gigi palsu yang tidak pas atau tidak terjaga dengan baik dapat menyebabkan masalah kesehatan oral yang serius, termasuk infeksi dan kerusakan," kata dr Kim dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).

Di sisi lain, kata dia, implan gigi menawarkan solusi yang permanen dan alami untuk penggantian gigi.

Meskipun mungkin memerlukan investasi awal yang lebih tinggi, implan gigi memiliki masa pakai yang panjang dan tahan lama, akhirnya menghemat waktu dan uang Anda dalam jangka panjang.

Berbeda dengan gigi palsu, implan gigi berintegrasi dengan sempurna dengan tulang rahang sehingga memberikan stabilitas dan mencegah kehilangan tulang lebih lanjut.

Salah satu keuntungan utama dari implan gigi adalah keandalannya yakni ketidaknyamanan selama interaksi sosial dan implan gigi terasa dan berfungsi seperti gigi asli.

"Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, implan gigi dapat bertahan seumur hidup, memerlukan kunjungan ke dokter gigi yang lebih sedikit dibandingkan dengan gigi palsu," katanya.

Saat berada dalam proses memilih antara implan gigi dan gigi palsu, penting untuk mencari pandangan profesional dari dokter gigi.

"Mereka adalah sumber pengetahuan dan pengalaman yang tak ternilai dalam membantu membuat keputusan terbaik untuk kesehatan dan kebutuhan gigi. Dokter gigi akan memberikan kesempatan untuk menilai dengan cermat keadaan kesehatan oral Anda secara keseluruhan," katanya.

Dokter gigi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap struktur rahang, kesehatan gusi, dan kondisi gigi yang tersisa dan akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kekuatan rahang, kepadatan tulang, dan kondisi umum mulut sebelum merekomendasikan pilihan penggantian gigi yang paling sesuai.

Selain itu, dokter gigi juga akan mendengarkan preferensi dan kebutuhan spesifik Anda, seperti keinginan estetika dan tingkat kenyamanan yang diinginkan.

Berdasarkan informasi ini, dokter gigi  di Arirang Dental Clinic akan dapat memberikan saran yang terperinci tentang apakah implan gigi atau gigi palsu lebih cocok. 

"Mereka akan membimbing Anda melalui proses pemilihan, menjelaskan pro dan kontra masing-masing opsi, serta memberikan informasi tentang prosedur, biaya, dan perawatan pasca-pemasangan yang terlibat," katanya.

Editor: Erik S

Tag:  #perlu #saran #dokter #untuk #menentukan #pilihan #antara #pakai #gigi #palsu #atau #implan #gigi

KOMENTAR