7 Manfaat Vitamin P, Mulai dari Mengurangi Risiko Kanker hingga Diabetes
Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin P. (Pexels/Jane Trang Doan)
14:32
16 April 2024

7 Manfaat Vitamin P, Mulai dari Mengurangi Risiko Kanker hingga Diabetes

Vitamin P merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kelompok senyawa fitonutrien yang disebut dengan flavonoid atau bioflavanoid.

Fitonutrien sendiri merupakan senyawa yang memberikan warna pada buah dan sayuran.

Vitamin P sendiri punya beragam manfaat untuk tubuh, mulai dari menangkal radikal bebas hingga membantu mengurangi peradangan.

Dilansir dari Hello Sehat dan Healthline, Selasa (16/4), berikut manfaat-manfaat vitamin P bagi tubuh:

1. Mengurangi Risiko Kanker
Senyawa flavonoid memiliki efek sitotoksik. Efek ini dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengukur efektivitas flavonoid dalam membantu mencegah kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Menurut sebuah studi dalam jurnal Hypertension, makanan yang kaya akan flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Flavonoid dapat mengendurkan otot-otot pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan.

3. Mencegah Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta membuat seseorang mengalami perubahan perilaku.

Sebuah studi dalam Journal of Nutritional Science menemukan bahwa flavonoid dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif, mengurangi peradangan, hingga mencegah kerusakan saraf yang menjadi faktor risiko penyakit Alzheimer.

4. Memiliki Sifat Antibakteri
Senyawa flavonoid memiliki sifat antibakteri. Kemampuan ini dapat membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit. Contohnya membunuh bakteri penyebab infeksi kulit seperti impetigo ataupun bisul.

5. Memiliki Sifat Anti-inflamasi
Vitamin P memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mencegah peradangan. Vitamin ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit peradangan, seperti radang lambung, radang sendi, hingga radang usus.

6. Mencegah Penuaan Dini
Vitamin P dapat bertindak sebagai antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Kemampuan ini mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

7. Mengurangi Risiko Diabetes
Kemampuan vitamin P yang lainnya yaitu mengurangi risiko diabetes. Vitamin P dapat mencegah risiko diabetes tipe 2 karena mampu mengurangi resistensi insulin, meningkatkan metabolisme glukosa, dan memperbaiki fungsi pankreas yang berfungsi memproduksi hormon insulin.

Sumber Makanan yang Kaya Akan Vitamin P
Untuk mendapatkan vitamin P setiap harinya, kamu bisa rutin mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan.

Vitamin P banyak ditemukan pada buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, anggur, apel, bluberi, stroberi, dan ceri.

Kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin P dengan mengonsumsi berbagai jenis teh, seperti teh hitam, teh hijau, dan teh chamomile. Vitamin P juga terdapat pada sayur-sayuran seperti seledri, peppermint, hingga parsley.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #vitamin #mulai #dari #mengurangi #risiko #kanker #hingga #diabetes

KOMENTAR