5 Buah yang Dapat Membantu Meredakan Diare, Apa Saja?
Apel adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan sering dipuji karena manfaat nutrisinya. (Freepik)
12:50
16 April 2024

5 Buah yang Dapat Membantu Meredakan Diare, Apa Saja?

- Diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami peningkatan frekuensi buang air besar secara signifikan. Ketika menderita penyakit ini, feses menjadi encer dan tubuh akan kehilangan banyak cairan serta elektrolit.

Terdapat beragam penyebab diare, mulai dari mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor, kondisi tangan yang kotor ketika makan, alergi, infeksi, hingga karena penyakit tertentu seperti sindrom iritasi usus besar misalnya.

Untuk meredakan diare, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang lembut agar lebih mudah dicerna. Kamu juga perlu memperbanyak konsumsi cairan dan elektrolit. Dilansir dari Alodokter dan Hello Sehat, berikut lima buah yang dapat membantu untuk meredakan diare. Apa saja?

1. Pisang

Buah dengan tekstur yang lunak ini menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi kala menderita diare. Pisang juga banyak mengandung kalium, salah satu jenis elektrolit yang banyak hilang saat menderita diare. Kandungan serat larut pada pisang juga dapat membantu memadatkan feses.

2. Kelapa

Kelapa dikenal sebagai buah yang kaya akan elektrolit, terutama airnya. Kandungan kalium pada air kelapa, serta protein dan karbohidrat dalam daging buah kelapa juga dapat membantu memulihkan energi yang banyak hilang saat menderita diare.

Meski begitu, mengonsumsi air kelapa juga perlu diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

3. Semangka

Semangka merupakan buah yang mengandung banyak sekali air. Makan beberapa potong semangka dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama menderita diare. Selain itu, semangka juga mengandung likopen yang bagus untuk mengurangi peradangan pada usus akibat infeksi.

4. Alpukat

Sama seperti pisang, alpukat juga merupakan buah dengan tekstur yang lunak dan lembut serta banyak mengandung kalium. Tekstur daging buah yang lunak dan lembut membuat alpukat mudah dicerna. Sementara itu, kandungan kaliumnya dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan elektrolit.

5. Apel

Kandungan pektin dalam apel dapat membantu memadatkan feses. Sementara kandungan kaliumnya dapat membantu tubuh untuk menyerap cairan berlebih pada usus serta mengembalikan elektrolit yang hilang selama menderita diare.

Ketika hendak mengonsumsi apel saat diare, ada baiknya kamu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Selain itu, penderita diare juga lebih disarankan mengonsumsi apel merah ketimbang apel hijau yang umumnya lebih asam.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #buah #yang #dapat #membantu #meredakan #diare #saja

KOMENTAR