Ada Kombucha hingga Teh Matcha, Ini 7 Sumber Kafein yang Tersembunyi, Apakah Kamu Sering Mengonsumsinya?
Teh matcha adalah salah satu minuman yang mengandung kafein (pexels/ Roman Odintsov)
15:09
12 April 2024

Ada Kombucha hingga Teh Matcha, Ini 7 Sumber Kafein yang Tersembunyi, Apakah Kamu Sering Mengonsumsinya?

Kafein adalah stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mulai dari meningkatkan mood, fokus, memori hingga konsentrasi. Ada beberapa sumber kafein yang sudah familiar diantaranya kopi, biji kakao, dan daun teh.

Namun, mengonsumsi kafein yang berlebihan jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila Anda berlebihan mengonsumsi kafein seperti kecemasan, dehidrasi, masalah pencernaan, sakit kepala, meningkatkan denyut jantung, gangguan tidur, migrain, dan hipertensi.

Menurut Sarah Hutchinson seorang ahli diet yang terdaftar di Henry Ford Health, banyak orang tidak menyadari bahwa kafein ada dalam banyak makanan dan minuman termasuk kopi dan teh tanpa kafein, soda non cola dan snack bar.

Hutchinson juga merekomendasikan untuk membatasi kafein mulai 300 hingga 400 miligram per hari. Hal ini setara dengan dua hingga 3 cangkir kopi seberat 8 ons.

Dilansir dari laman Henry Ford Health, terdapat beberapa makanan dan minuman yang tersembunyi mengandung kafein:

  1. Coklat

Makanan apapun yang diberi rasa kakao mengandung kafein termasuk makanan yang dipanggang, minuman dan es krim. Salah satunya coklat. Coklat ini sering diolah dengan berbagai menu mulai menjadi minuman ataupun es krim.

  1. Kopi dan Teh 'Tanpa Kafein'

Sumber kafein lainnya berasal dari kopi dan teh yang diklaim tidak memiliki kandungan kafein. Kenyataannya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) hanya mewajibkan produsen untuk menghilangkan 97 % kafein dari produk “tanpa kafein”.

Secangkir kopi atau teh yang dilabeli 'tanpa kafein' mungkin masih mengandung 2 hingga 15 miligram kafein.

  1. Kombucha

Kombucha merupakah salah satu jenis teh fermentasi yang sangat populer untuk kesehatan usus. Sama halnya dengan yogurt dan kimchi, kombucha mengandung probiotik.

Namun banyak orang tidak memahami kalau kombucha juga mengandung kafein yang bisa menyebabkan kesusahan bagi sebagian orang dengan kondisi pencernaan.

  1. Teh Matcha dan Yerba

Teh herbal seperti matcha dan yerba juga mengandung banyak kafein. Secangkir teh matcha mengandung sekitar 49 miligram dan satu sendok teh bubuk matcha mengandung 88 miligram. Sedangkan teh yerba mate bisa mengandung hingga 80 miligram.

  1. Makanan ringan

Ada beberapa merek yang dipasarkan sebagai sumber nutrisi dan energi mungkin mengandung kafein dari coklat, biji kopi atau ekstraknya, guarana, matcha atau teh yerba mate.

  1. Soda Non Cola dan Air Kemasan

Kacang kola yang digunakan untuk membumbui soda rasa cola dapat digunakan dalam soda rasa jeruk atau lemon jeruk nipis. 

Sementara cola mengandung sekitar 45 miligram kafein per botol 16 ons,soda cola mengandung sekitar 78 miligram.

  1. Suplemen

Suplemen seperti untuk pra latihan, penurunan berat badan, dan energi yang dijual bebas mungkin mengandung kafein.

Hutchinson merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen untuk memastikan suplemen yang tepat.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kombucha #hingga #matcha #sumber #kafein #yang #tersembunyi #apakah #kamu #sering #mengonsumsinya

KOMENTAR