Ide Olahraga Efektif Membakar Kalori setelah Lebaran, Efektif Hempaskan Lemak Berlebih di Badan
Ilustrasi olahraga untuk membakar kalori setelah lebaran. (gpointstudio on Freepik)
14:52
8 April 2024

Ide Olahraga Efektif Membakar Kalori setelah Lebaran, Efektif Hempaskan Lemak Berlebih di Badan

 – Pada momen Lebaran kita banyak mengonsumsi makanan lezat dan manis. Penting untuk melakukan olahraga efektif untuk membakar kalori dan hempaskan lemak berlebih.

Rutin olahraga akan efektif untuk membakar kalori dan menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, jika timbunan lemak sudah terbentuk pasca menyantap makanan enak di momen lebaran.

Anda harus segera mengikisnya dengan olahraga efektif untuk membakar kalori. Jika tidak, maka usai liburan penampilan fisik Anda akan berubah sedikit lebih besar.

Melansir KilkDokter, berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga efektif yang dapat membantu membakar lemak setelah momen Lebaran:

1. Lari atau Jogging

Lari atau jogging sejauh ini menjadi olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori.

Anda dapat melakukan jogging di luar ruangan di taman atau jalur lari terdekat, atau menggunakan treadmill di pusat kebugaran.

Bahkan, lari-lari kecil di halaman rumah juga bisa membantu mengikis timbunan lemak. Setidaknya, merutinkan bergerak akan membuat badan Anda lebih bugar.

2. Bersepeda

Salah satu olahraga efektif untuk membakar kalori adalah bersepeda. Aktivitas ini juga menyenangkan dan sekarang memiliki banyak komunitas yang saling support.

Anda dapat bersepeda di luar ruangan di jalur sepeda atau di dalam ruangan menggunakan sepeda statis.

3. Renang

Anda juga dapat mencoba aktivitas lain yang tak kalah efektif membakar kalori. Renang adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dan dapat membakar banyak kalori dengan cepat.

Situs HaloDoc juga merekomendasikan renang sebagai latihan yang rendah dampak pada sendi. Olahraga ini bisa dilakukan dengan santai, minim risiko serta bisa sambil mengajak serta keluarga.

4. Senam

Aktivitas olahraga efektif untuk membakar kalori yang bisa Anda coba adalah senam. Anda bisa memilih senam aerobik atau zumba, karena lebih banyak gerakan untuk fat burning.

Kelas aerobik atau zumba adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk membakar kalori sambil meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kekuatan otot.

5. Skipping

Olahraga lain yang bisa membakar lemak dengan efektif adalah skipping. Lompat tali juga meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan otot kaki.

6. Pilates atau Yoga

Belakangan sedang marak olahraga yang terlihat ringan yaitu Pilates dan yoga, namun tetap efektif menurunkan berat badan.

Pada dasarnya olahraga ini menitikberatkan pada pernapasan, fleksibilitas, dan kekuatan inti. Alat yang digunakan juga tidak banyak, bahkan bisa menggunakan dinding.

Meskipun mungkin tidak membakar kalori sebanyak olahraga kardiovaskular, mereka tetap memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kebugaran Anda.

7. Berjalan Kaki

Olahraga sederhana ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berjalan kaki adalah cara yang mudah dan efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran.

Anda dapat berjalan di sekitar lingkungan Anda atau menggunakan treadmill di dalam ruangan. Lakukan minimal 30 menit setiap hari secara konsisten untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan tingkat kebugaran Anda. Konsistensi adalah kunci dalam setiap olahraga yang akan efektif untuk membakar kalori.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #olahraga #efektif #membakar #kalori #setelah #lebaran #efektif #hempaskan #lemak #berlebih #badan

KOMENTAR