Mengandung Asam Folat, Berikut Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Mengonsumsi alpukat adalah salah satu opsi yang bisa dilakukan selama kehamilan, karena buah ini mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin. (Family World News)
17:31
1 April 2024

Mengandung Asam Folat, Berikut Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

– Asupan makanan bergizi tinggi sangat dibutuhkan demi kesehatan ibu dan tentu saja tumbuh kembang sang buah hati. Buah-buahan dengan vitamin dan mineral tinggi menjadi salah satu kudapan yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Mengonsumsi alpukat adalah salah satu opsi yang bisa dilakukan selama kehamilan, karena buah ini mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin. Selain rasanya yang enak, alpukat juga bisa dinikmati dengan berbagai macam cara yakni dijus, dimakan langsung, atau divariasikan ke dalam menu makan siang.

Berbagai kandungan gizi dalam alpukat juga baik untuk ibu hamil. Dilansir dari alodokter, berikut 5 manfaat alpukat untuk ibu hamil:

1. Menyehatkan tulang dan gigi bayi

Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur, yang disebabkan oleh kekurangan asam folat pada bayi sebelum lahir. Karena gangguan rahang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit mulut yang berbentuk terlalu melengkung, sehingga dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal.

Hal ini yang membuat ibu hamil membutuhkan alpukat sebagai penyedia asam folat yang tinggi. Selain itu asam folat yang tinggi ini mampu mendukung pertumbuhan organ tubuh bayi selama dalam kandungan.

2. Asupan kalsium

Selanjutnya memenuhi asupan kalsium. Biasanya saat hamil, tubuh akan membutuhkan jumlah gizi yang naik berlipat ganda, termasuk kalsium. Alpukat dengan sejuta kandungan kalsiumnya tentu dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Manfaat kalsium bagi ibu hamil sendiri sangatlah penting, yakni sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

3. Lebih cepat menyerap zat besi

Selain asam folat dan kalsium, vitamin C juga diperlukan ibu hamil untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini disebabkan ibu hamil sering kali mengalami anemia.

Mengonsumsi vitamin C dengan bahan kimia tidak disarankan karena bisa menyebabkan keguguran, sebab vitamin C akan membuat tekanan lebih besar pada progesteron. Maka dari itu, mengonsumsi alpukat dipercaya mampu menyerap zat besi lebih cepat.

4. Meningkatkan produksi hormon prolaktin

Kemudian manfaat alpukat berikutnya yakni memberi asupan vitamin E. Vitamin E dalam alpukat dapat menghasilkan hormon prolaktin.

Bila kekurangan hormon tersebut, maka kondisi emosional akan sedikit mengalami gangguan selama hamil. Selain itu, vitamin E juga dipercaya bisa memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi bahkan memelihara kecantikan kulit selama hamil.

5. Membentuk sel darah merah

Selanjutnya yakni membentuk sel darah merah, secara fungsi hampir sama dengan vitamin E, namun vitamin K dalam alpukat berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dengan maksimal.

Selain untuk pembentukan sel darah merah, vitamin K juga berperan dalam membetuk tulang bagi janin. Jadi manfaat alpukat untuk ibu hamil tentu sangat banyak dan sangat dibutuhkan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengandung #asam #folat #berikut #manfaat #buah #alpukat #untuk #hamil

KOMENTAR