3 Manfaat Buah Anggur Hijau untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya
Anggur hijau adalah buah yang tumbuh berkelompok dan rasanya manis yang biasanya dijadikan camilan atau makanan pencuci mulut. (ALFIAN RIZAL/JAWA POS)
09:36
31 Maret 2024

3 Manfaat Buah Anggur Hijau untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

rha

- Ada banyak manfaat bauh anggur hijau bagi siapapun yang mengonsumsinya, khususnya manfaat untuk kesehatan. Anggur hijau adalah buah yang tumbuh berkelompok dan rasanya manis yang biasanya dijadikan camilan atau makanan pencuci mulut.

Tentunya buah ini tidak hanya sekedar buah biasa, namun di dalamnya terkandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu menjaga tubuh Anda tetap kuat. Buah ini sangat praktis sekali ketika ingin memakannya, karena mudah dibawa dan bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak lebih dulu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat memakan buah anggur hijau yang dikutip dari halaman Webmd.

Mengurangi Berat Badan

Anggur mengandung senyawa kimia yang disebut resveratrol yang dapat membantu untuk mengurangi berat badan. Dalam sebuah penelitian resveratrol disebut dapat membantu tubuh melancarkan metabolisme asam lemak, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, anggur juga mengandung banyak flavonoid, atau sejenis antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, bagi yang memakannya.

Mencegah Darah rendah

Tekanan darah tinggi sudah menjadi penyakit yang umum bagi semua orang ketika sudah berusia lanjut. Untuk mencegah gejala tersebut maka disarankan mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium, seperti anggur hijau.

Kalium yang mengikat natrium dalam aliran darah membantu mengeluarkannya dari sistem aliran darah.

Selain kaya akan potasium anggur hijau juga kaya akan serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur sistem kardiovaskular.

Menambah Nutrisi

Seperti banyak buah lainnya, anggur hijau kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Nutrisi yang paling menonjol pada anggur hijau adalah tingginya kadar Vitamin C dan Vitamin K. Selain itu anggur hijau juga mengandung beberapa nutrisi lainya seperti Vitamin B6, Kalium dan mangan yang berguna untuk tubuh.

Adapun isi kandungan Nutrisi per Porsi setiap satu ½ cangkir porsi anggur hijau adalah:
Kalori: 52
Lemak: 0 gram
Kolesterol: 0 miligram
Natrium: 2 miligram
Karbohidrat: 14 gram
Serat Makanan: 1 gram
Gula : 7,75 gram
Protein: Kurang dari 1 gram

Takaran Penyajian

Anggur adalah makanan tinggi fruktosa, sehingga tidak dianjurkan bagi sedang menderita diabetes tipe 2 atau intoleransi fruktosa. Namun, bukan berarti harus menghindari anggur sama sekali, bahkan penderita diabetes tipe 2 pun bisa mengkonsumsi buah anggur sebagai bagian dari pola makan sehat.

Kuncinya adalah memperhatikan ukuran porsi dan membatasi hingga 4-5 porsi buah per hari. Cobalah untuk menyeimbangkan buah-buahan tinggi fruktosa seperti anggur dengan buah-buahan rendah fruktosa seperti pisang.

Cara Mengonsumsi Anggur Hijau

Salah satu manfaat mengkonsumsi anggur hijau adalah bisa memakannya secara langsung dari batangnya.

Cuci anggur hijau sebelum dimakan untuk menghilangkan pestisida yang mungkin telah disemprotkan padanya.

Selain mengonsumsi anggur hijau mentah, banyak orang yang senang mengkonsumsi anggur hijau beku.

Salah satu triknya adalah dengan membekukan anggur hijau lalu menggunakannya untuk mendinginkan segelas anggur atau jus anggur.

Anggur juga cocok dipadukan dengan salad buah dan yogurt, dan menghasilkan rasa dan warna yang ideal untuk papan keju.

Tambahkan ke hidangan gurih dingin seperti salad ayam untuk mengubah tekstur dan menambah sedikit rasa manis.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #buah #anggur #hijau #untuk #kesehatan #cara #mengonsumsinya

KOMENTAR