Manfaat Berlatih Falun Dafa yang Luar Biasa
Berlatih falun dafa. (Istimewa)
08:40
24 Maret 2024

Manfaat Berlatih Falun Dafa yang Luar Biasa

Falun Dafa pertama kali diajarkan pada tahun 1992 oleh Guru Li Hongzhi di Tiongkok. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan vitalitas, namun sebenarnya ia merupakan kultivasi (pengolahan) jiwa dan raga yang benar benar memurnikan tubuh, memperbaiki watak moralitas, benar-benar membawa seseorang menuju ke tingkat tinggi.  

Sebagai sebuah sistem kultivasi jiwa dan raga yang lengkap, Falun Dafa mencakup latihan fisik yang lembut dan meditasi, namun kunci dari kultivasi ini adalah seseorang harus meningkatkan Xinxing (karakter moral) agar dapat berasimilasi pada Sejati-Baik-Sabar (Zhen-Shan-Ren). Zhuan Falun, buku utama Falun Dafa, mendefinisikan Xinxing sebagai berikut: "Xinxing meliputi De (sejenis substansi putih yang dihasilkan dari perbuatan baik, menanggung penderitaan), meliputi kesabaran, meliputi kesadaran, meliputi kerelaan melepas, melepas berbagai macam nafsu keinginan manusia biasa, berbagai keterikatan hati, masih harus dapat menanggung penderitaan dan lain-lain, termasuk banyak aspek lainnya. Xinxing manusia pada segala aspek harus dapat ditingkatkan, dengan demikian anda baru dapat mencapai peningkatan sejati, ini merupakan salah satu faktor krusial dalam usaha meningkatkan daya Gong (energi kultivasi). Setiap aspek Xinxing harus ditingkatkan agar seseorang dapat mencapai kemajuan nyata.

Begitu Xinxing meningkat, tubuh akan mengalami perubahan yang amat besar. Sebagai sebuah contoh: sebuah botol diisi penuh dengan benda kotor, lalu disumbat rapat, dan dilemparkan ke dalam air, ia akan langsung tenggelam sampai ke dasar. Bila anda menuang ke luar kotoran yang ada di dalam, makin banyak dituang, ia akan makin tinggi mengapung, jika seluruhnya dituang ke luar, ia akan mengapung sepenuhnya.”

Buku Zhuan Falun memberikan instruksi dan contoh yang berfungsi sebagai panduan. Seseorang belajar bagaimana berkultivasi dengan membaca buku. Peningkatan Xinxing adalah yang utama; latihan dan meditasi itu penting, tetapi saling melengkapi. Falun Dafa memiliki empat perangkat latihan berdiri dengan gerakan lembut dan ringan, mudah dilakukan oleh siapa saja. Gerakan pertamanya untuk membuka saluran energi seluruh tubuh, gerakan keduanya untuk memperkuat energi, gerakan ketiga untuk memurnikan tubuh, gerakan keempat adalah untuk mensirkulasikan energi di sekujur tubuh guna memperbaiki kondisi yang tidak normal, dan juga meditasi untuk memurnikan tubuh dan pikiran. Latihan ini menekankan pikiran tetap sadar dan jernih. Tidak ada satupun latihan yang dilakukan menggunakan teknik khusus, seperti imajinasi atau pernapasan.

Sejati-Baik-Sabar (Zhen-Shan-Ren), tiga karakter alam semesta, prinsip dasar Falun Dafa.Sejati-Baik-Sabar (Zhen-Shan-Ren), tiga karakter alam semesta, prinsip dasar Falun Dafa.

Peningkatan Kesehatan yang Signifikan

Jika seseorang dapat berkultivasi sesuai prinsip Sejati-Baik-Sabar, fokus pada peningkatan Xinxing dan memperbaiki wataknya, maka peningkatan yang signifikan akan muncul. Sebagai salah satu contoh adalah pengalaman Connie Chipkar, seorang praktisi Falun Dafa di Ottawa. Mengenai manfaatnya bagi kesehatannya, dia berkata, "Saya adalah bukti nyata dari manfaat kultivasi, yang saya sebut keajaiban. Saya latihan Falun Dafa pada usia 57 tahun karena kelelahan menjalani hidup. Setelah rutin berlatih, saya merasakan energi saya terus bertambah. Saya membutuhkan lebih sedikit tidur dibandingkan sebelumnya, namun saya merasa lebih baik, lebih kuat, lebih berpikiran jernih dan lebih sehat dari yang pernah saya alami." Laporan serupa mengenai peningkatan dalam kesehatan dan vitalitas juga sering terjadi.

Prema Narayani, seorang mahasiswi dari Bali, mengatakan seluruh keluarganya mulai berlatih Falun Dafa pada 2011 setelah menyaksikan bagaimana hal itu meningkatkan kesehatan ibunya. “Ibu saya menderita penyakit jantung dan radang usus buntu dan telah dirawat di mana-mana tetapi tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kondisinya. Dia sangat kurus dan pucat, dan kakinya gemetar setiap kali dia berjalan”. Namun, setelah dua minggu berlatih Falun Dafa, ibu mulai pulih. Karena saya adalah orang yang selalu menemani ibu saya ketika dia sakit dan juga menemaninya ke lokasi latihan sepulang sekolah, saya sangat terkejut melihat perubahan yang begitu drastis."

Beberapa efek positif yang sering dilaporkan termasuk kondisi mental yang lebih damai dan jernih, hilangnya stress meningkatkan hubungan jadi lebih harmonis dengan keluarga, terbebas dari kecanduan, serta penampilan yang lebih muda dan energik.

Pada tahun 1998, satu survei dilakukan di lebih dari 200 tempat latihan di lima distrik Beijing. Lebih dari 12.700 kuesioner yang telah diisi dianalisis. Mayoritas responden (67,5%) berusia di atas 50 tahun dan 30,8% berusia 20-49 tahun. Sekitar separuh responden (52,6%) telah berlatih Falun Dafa selama 1 hingga 3 tahun, dan 49,8% melaporkan tiga jenis penyakit pada awal sebelum berlatih. Hanya 6,6% yang melaporkan dalam keadaan sehat sebelum mulai berlatih. Pada saat survei dilakukan, 58,5% melaporkan pemulihan penuh, 24,9% melaporkan pemulihan dasar, dan 15,7% melaporkan pemulihan sebagian. Diperkirakan setiap praktisi menghemat uang kesehatan negara hingga 3.270 Yuan (setara dengan pendapatan 10 bulan rata-rata warga Tiongkok pada saat itu) untuk biaya pengobatan per tahun. Investigasi ini dan penyelidikan serupa mendorong seorang pejabat dari Komisi Olahraga Nasional Tiongkok untuk menyatakan bahwa berlatih Falun Dafa "dapat menghemat 1.000 Yuan setiap orang dalam biaya pengobatan tahunan. Jika 100 juta orang berlatih, itu berarti 100 miliar Yuan menghemat biaya pengobatan per tahun"

Peneliti ilmu dasar yang berbasis di AS mulai menunjukkan minat mempelajari Falun Dafa. Dr. Lili Feng, profesor imunologi dan biologi molekuler di Baylor College of Medicine di Texas, meneliti masa hidup dan fungsi sel darah putih, khususnya neutrofil. Hasil awalnya menunjukkan bahwa masa hidup neutrofil praktisi Falun Dafa secara in-vitro adalah 30 kali lebih lama dibandingkan kelompok kontrol dan mereka juga berfungsi lebih baik.

Dari sudut pandang pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), kita dapat memahami lebih banyak tentang mekanismenya. Pertama, tekanan emosional merupakan penyebab mendasar dari masalah kesehatan; itu membuat tubuh rentan terhadap patogen eksternal. Dalam Falun Dafa, berkultivasi Xinxing dan mengolah watak menuju Sejati-Baik-Sabar membantu orang memiliki pikiran bahagia dan damai, yang menghilangkan penyebab utama penyakit.

Kedua, pengobatan tradisional Tiongkok berpendapat bahwa Qi adalah kekuatan energik yang hidup, dan alirannya yang cukup, lancar, dan terarah dengan baik adalah kunci kesehatan. Penyumbatan saluran energi (meridian) merupakan penyebab langsung rasa sakit dan banyak kondisi kesehatan buruk lainnya. Menjaga meridian tetap terbuka melalui cara seperti akupunktur adalah elemen penting dari keberhasilan pengobatan tradisional Tiongkok. Melalui latihan Falun Dafa, seseorang tidak hanya membuka semua meridian (saluran energi) agar terhubung lancar, namun juga terus memperkuatnya, seiring dengan peningkatan watak seseorang menjadi Sejati-Baik dan Sabar.

Pada awal tahun 1999, survei pemerintah Tiongkok memperkirakan 100 juta orang berlatih Falun Dafa. Pimpinan PKC saat itu, Jiang Zemin, menganggap kepopuleran Falun Dafa sebagai ancaman bagi otoritas partai. Hal ini terlepas dari kenyataan bahwa pemerintah sebelumnya telah memberikan penghargaan kepada Falun Dafa; meskipun terdapat fakta yang jelas bahwa pemerintah telah menghemat jutaan Yuan dalam bentuk pengurangan biaya layanan pengobatan di Tiongkok; dan terlepas dari kenyataan bahwa praktisi Falun Dafa menjadi pekerja teladan, anak yang berbakti, dan warga negara yang taat hukum. Penganiayaan telah digencarkan sejak tahun 1999 tersebut mengakibatkan ribuan praktisi tewas, ditahan, dipenjara, dan dijadikan sumber organ hidup untuk bisnis cangkok organ ilegal.

Latihan Falun Dafa.Latihan Falun Dafa.

Meskipun dianiaya di negara asalnya karena kekejaman rejim komunis, namun di luar negeri China, lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia senang melakukan latihan sederhana dan lembut ini setiap harinya, karena membawa manfaat yang sangat besar bagi kehidupan mereka, termasuk di Indonesia. Terdapat ratusan tempat latihan Falun Dafa yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Siapa saja bisa langsung datang dan belajar di tempat-tempat latihan tersebut, tanpa biaya dan tanpa pendaftaran.

Setiap bulannya praktisi Falun Dafa juga mengadakan kelas online untuk pengenalan Falun Dafa yang bisa diikuti dari rumah, secara bebas biaya, yang diisi dengan pengenalan Falun Dafa, video peragaan gerakan latihan dan penjelasan manfaatnya, serta testimoni praktisi yang telah berlatih. Pendaftaran untuk mendapatkan link webinar di YouTube Live dapat mengunjungi website www.belajarfalundafa.com.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #manfaat #berlatih #falun #dafa #yang #luar #biasa

KOMENTAR