7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak, Bikin Anak Jenius hingga Kurangi Resiko ADHD
Minyak ikan. (pexels/Pixabay)
18:59
23 Maret 2024

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak, Bikin Anak Jenius hingga Kurangi Resiko ADHD

 – Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak diperlukan asupan, suplemen dan vitamin tak terkecuali minyak ikan.  Terdapat banyak manfaat minyak ikan untuk anak yang perlu diketahui oleh para orang tua.

Manfaat minyak ikan untuk anak sangat sayang untuk dilewatkan karena di dalamnya mengandung omega 3.

Dikutip dari laman Nutriclub, salah satu manfaat minyak ikan untuk anak yaitu mampu menjaga kesehatan mata dan sel saraf.

Dengan memahami manfaat minyak ikan untuk anak tentunya orang tua bisa memberikan nutrisi seimbang untuk pertumbuhan otak si buah hati.

Dilansir dari laman Mother Care, terdapat 7 manfaat lain dari minyak ikan untuk anak anak diantaranya :

1. Membantu pertumbuhan otak

Minyak ikan mampu membantu pertumbuhan otak termasuk dalam hal pembelajaran dan daya ingat anak. Sehingga tidak heran jika anak yang rajin mengonsumsi minyak ikan memiliki daya tangkap dan ingat yang tinggi.

Tidak hanya daya ingat, minyak ikan juga mampu membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata, konsentrasi dan kecerdasan si buah hati.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain untuk kecerdasan otak, minyak ikan juga bisa menjaga kesehatan jantung anak. Dengan memberikan anak minyak ikan tentu akan lebih terjaga dari berbagai penyakit yang ada kaitannya dengan jantung.

 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Anak yang susah tidur menyebabkan kualitas tidur kurang baik sehingga mempengaruhi kesehatannya. Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur si buah hati perlu diberikan vitamin minyak ikan.

4. Mengurangi gejala ADHD

Manfaat lain dari minyak ikan yaitu mampu mengurangi gejala ADHD. ADHD sendiri merupakan gangguan perilaku yang membuat anak sulit konsentrasi dan fokus.

Sehingga tidak heran jika anak kekurangan omega 3 yang mana bisa didapatkan dari minyak ikan tentu mengalami kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu.

5. Mengurangi resiko diabetes dan gangguan insulin

Resiko diabetes ternyata bisa dikurangi dan dicegah sejak dini bahkan saat orang tua dalam masa kehamilan dengan cara rajin mengonsumsi minyak ikan.

Anak yang sejak usia dini diberikan vitamin minyak ikan tentu mengurangi resiko terkena diabetes saat dewasa kelak.

6. Mengurangi gejala asma

Minyak ikan mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan yang sering dialami si buah hati saat asmanya kambuh.

7. Menurunkan resiko alergi

Anak yang mengonsumsi minyak ikan memiliki daya tahan tubuh yang baik karena omega-3 yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #manfaat #minyak #ikan #untuk #anak #bikin #anak #jenius #hingga #kurangi #resiko #adhd

KOMENTAR