Cara Mengatasi Batuk dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh dan Tidak Bikin Ketergantungan
Ilustrasi batuk (Freepik)
14:06
22 Maret 2024

Cara Mengatasi Batuk dengan Bahan Alami, Terbukti Ampuh dan Tidak Bikin Ketergantungan

 

 

 - Batuk adalah resposn alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi pada saluran pernapasan. Saat batuk, udara dikeluarkan dengan kuat melalui tenggorokan untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, debu, atau partikel asing lainnya.

Batuk bisa menjadi gejala ringan hingga serius tergantung pada penyebabnya, dan sering kali merupakan bagian dari penyakit seperti flu, pilek, atau bahkan kondisi kronis seperti asma atau bronkitis.

Penting untuk memperhatikan jenis batuk dan gejala lainnya untuk mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Namun, ternyata ada beberapa cara alami yang terbukti dapat membantu menyembuhkan batuk yang tidak membuat seseorang ketergantungan dengan obat.

Dilansir dari situs Medical News Today pada (28/11/23) berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati batuk secara alami menurut penelitian.

  1. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma karena memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Hanya beberapa penelitian lama yang meneliti efek jahe terhadap batuk. Sebuah studi dari tahun 2015 meneliti 10 produk alami yang berbeda yang digunakan dalam pengobatan tradisional Asia, termasuk jahe.

Para peneliti menemukan bahwa jahe dan pengobatan lainnya, termasuk madu, telah sangat berperan dalam pengobatan tradisional.

Para peneliti mencatat bahwa penelitian mereka dapat menjadi ruang bagi para peneliti di masa depan untuk meneliti lebih dalam terkait solusi alami untuk batuk.

Orang sering menambahkan jahe ke dalam masakan atau meminumnya dalam teh. Namun, dalam beberapa kasus, teh jahe dapat menyebabkan sakit perut atau mulas.

  1. Uap

Batuk berdahak dapat membaik dengan uap. Untuk mencoba metode ini, seseorang harus mandi air panas atau berendam dan membiarkan kamar mandi uap.

Mereka harus tetap berada di dalam uap ini selama beberapa menit sampai gejala mereda. Mereka dapat minum segelas air setelahnya untuk mendinginkan diri dan mencegah dehidrasi.

Sebagai alternatif, Anda dapat membuat mangkuk uap dengan cara

- Siapkan wadah berisi air panas

- Tambahkan rempah-rempah atau minyak esensial, seperti kayu putih atau rosemary yang dapat membantu meredakan hidung tersumbat

- Menunduk di atas mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala yang akan memerangkap uap sehingga Anda dapat menghirupnya

- Hirup uap selama sekitar 10-15 menit

Beberapa orang merasa menghirup uap bermanfaat jika dilakukan satu hingga dua kali sehari.

  1. Madu

Menurut penelitian, madu dapat meredakan batuk.

Dalam tinjauan studi tahun 2021, para peneliti melihat efek penggunaan madu untuk mengobati batuk pada infeksi saluran pernapasan atas.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa madu lebih unggul daripada perawatan biasa, baik dalam menekan batuk maupun dalam membantu mengurangi kebutuhan antibiotik.

Dalam penelitian lain, para peneliti membandingkan madu dengan dekstrometorfan, penekan batuk yang umum. Para peneliti menemukan bahwa madu dan dekstrometorfan bekerja untuk menekan batuk.

Mereka mencatat bahwa madu memiliki skor sedikit lebih tinggi dalam satu percobaan dan setara dengan dekstrometorfan dalam percobaan lainnya.

Seseorang dapat menggunakan obat ini dengan mengonsumsi sesendok madu atau menambahkannya ke dalam minuman panas seperti teh herbal.

  1. Cairan panas

Sebuah penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa minum cairan dengan suhu ruang dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin.

Namun, orang yang mengalami gejala pilek atau flu tambahan dapat menghangatkan minumannya terlebih dahulu.

Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas dapat meredakan lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan.

Pereda gejala ini langsung terasa dan tetap bertahan selama beberapa saat setelah menghabiskan minuman panas.

Minuman panas yang dapat meredakan gejala batuk antara lain:

- Kaldu bening

- Teh herbal

- Teh hitam tanpa kafein

- Air hangat

- Jus buah hangat

  1. Berkumur air garam

Masyarakat telah menggunakan obat kumur air garam sejak lama untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan gejala yang berhubungan dengan flu biasa. Hal ini dapat membantu melonggarkan lendir dan mengurangi rasa sakit.

Berkumur air asin dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan gejala yang berhubungan dengan flu biasa. Ini dapat membantu melonggarkan lendir dan mengurangi rasa sakit.

Anda dapat membuat obat kumur air garam dengan cara:

- Masukkan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut

- Biarkan larutan agak dingin sebelum menggunakannya untuk berkumur

- Biarkan campuran tersebut berada di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum memuntahkannya

- Lakukan hal ini beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik

Anak kecil dan orang dengan tekanan darah tinggi harus menghindari penggunaan obat kumur air garam.

  1. Perbaiki pola makan untuk mengurangi refluks asam

Refluks asam adalah salah satu penyebab batuk. Menghindari makanan yang dapat memicu refluks asam adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini dan mengurangi batuk.

Setiap orang mungkin memiliki pemicu refluks yang berbeda yang perlu mereka hindari. Orang yang tidak yakin apa yang menyebabkan refluks dapat memulai dengan menghilangkan pemicu yang paling umum dan memantau gejalanya.

Makanan dan minuman yang paling sering memicu refluks asam meliputi:

- Alkohol

- Kafein

- Cokelat

- Jeruk

- Makanan yang digoreng dan berlemak

- Bawang putih dan bawang bombay

- Mint

- Rempah-rempah dan makanan pedas

- Tomat dan produk berbasis tomat

  1. Probiotik

Probiotik tidak secara langsung dapat meredakan batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri dalam usus.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu melawan infeksi yang mungkin menjadi penyebab batuk.

Menurut sebuah penelitian lama yang diterbitkan pada tahun 2013, salah satu jenis probiotik bakteri yang disebut Lactobacillus, memberikan bermanfaat untuk mencegah flu biasa.

Meta analisis yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik membantu mengurangi jumlah anak yang terserang infeksi saluran pernapasan, yang secara tidak langsung dapat mengurangi batuk.

Beberapa makanan yang kaya probiotik, di antaranya:

- Yogurt

- Kimchi

- Asinan kubis

Namun, jumlah dan keragaman probiotik dalam makanan dapat sangat bervariasi. Mungkin yang terbaik adalah mengonsumsi suplemen probiotik selain mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Itulah cara mengatasi batuk menggunakan bahan alami menurut penelitian.

Anda dapat menggunakan cara tersebut agar sembuh dari batuk jika tidak ingin minum obat yang ada di pasaran.

Bahan-bahan alami dan cara yang telah disebutkan di atas juga dapat mengurangi ketergantungan yang bisa ditimbulkan dari obat-obatan.

Editor: Kuswandi

Tag:  #cara #mengatasi #batuk #dengan #bahan #alami #terbukti #ampuh #tidak #bikin #ketergantungan

KOMENTAR