5 Makanan untuk Menambah Kualitas Sperma, Daging Merah dan Oyster Termasuk
Ilustrasi seafood (Freepik/dashu83)
12:56
21 Maret 2024

5 Makanan untuk Menambah Kualitas Sperma, Daging Merah dan Oyster Termasuk

Olivia Allan, istri Denny Sumargo saat ini dinyatakan hamil dengan janin yang tumbuh sehat. Bahkan, kandungannya kini sudah masuk timester 4.

Namun siapa sangka, perjalanan pasangan ini mendapatkan keturunan cukup berliku, pasalnya Olivia mengalami keguguran berkali-kali.

Menariknya di antara kisah pilu soal keguguran, Olivia menceritakan kisah lucu sang suami yang saat itu berusaha memperbaiki kualitas sperma dengan otak kelinci.

"Jadi pada saat dia ketakutan spermanya dia jelek, tahu nggak dia bilang apa? 'Gebi, carikan gue otak kelinci!'," kata Olivia Allan, dikutip Kamis (21/3).

"Karena gue baca tuh otak kelinci tuh bagus untuk memperbaiki sperma. Carikan gue kerang, carikan gue oyster," imbuh Denny Sumargo sembari tertawa.

Potret Olivia Allan. (Instagram/oliviasumargo)Potret Denny Sumargo dan Olivia Allan. (Instagram/oliviasumargo)

Seperti yang diketahui, makanan yang dikonsumsi memang berpengaruh untuk kesuburan pria. Namun alih-alih otak kelinci yang belum jelas khasiatnya, berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi supaya memiliki sperma yang subur, sehat, dan berkualitas.

1. Daging

Daging merah atau daging unggas sama-sama baik bagi kualitas sperma. Dalam daging terdapat senyawa L-arginin yang nantinya diubah oleh tubuh menjadi oksida nitrat untuk memaksimalkan fungsi dari sperma. Tapi tentunya makan dalam jumlah secukupnya ya. Selain daging sapi dan ayam, Anda juga bisa mengonsumsi daging kelinci untuk variasi.

2. Tiram (oyster)

Kerang-kerangan seperti tiram dan remis kaya akan kandungan zinc atau seng yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testosteron.

ilustrasi Tiram (Pxhere.com)ilustrasi Tiram (Pxhere.com)

3. Makanan laut

Selain tiram, seafood seperti udang, ikan tuna, hingga ikan salmon juga direkomendasikan. Pasalnya, seafood kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

4. Jamur

Pada jamur, terdapat salah satu vitamin yang baik untuk sperma, yaitu vitamin D. Vitamin ini masuk dalam nutrisi yang baik untuk sperma dan dapat mendukung pergerakan sperma. Vitamin D juga bisa ditemukan pada kacang-kacangan, kuning telur, hingga keju.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga tak bolek dilewatkan demi meningkatkan kualitas serta penyubur sperma. Pasalnya di dalam sayur hijau terdapat nutrisi yang baik untuk sperma, yaitu asam folat atau vitamin B9.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #makanan #untuk #menambah #kualitas #sperma #daging #merah #oyster #termasuk

KOMENTAR