Self Awareness, Bagaimana Cara Memiliki Kesadaran pada Diri Sendiri? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya
self awareness untuk memahami kesadaran diri (Pexels/Oleksandr P)
11:45
19 Maret 2024

Self Awareness, Bagaimana Cara Memiliki Kesadaran pada Diri Sendiri? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

 

 

Banyak orang mengalami kepayahan untuk mengenal diri sendiri, di tengah gempuran arus digital. Self awareness adalah salah satu cara untuk memiliki kesadaran pada diri sendiri.

Istilah self awareness barangkali sudah tidak begitu asing bagi kita. Namun, penjelasan dan cara memaksimalkannya masih belum begitu banyak dilakukan.

Bahkan tak jarang self awareness hanya sebatas istilah, kerena yang kerap berseliweran di media sosial kita.

Pengertian

Apa yang dimaksud dengan self awareness sebenarnya? Dilansir dari kesadaran diri.

Dengan kata lain, kesadaran diri ini yakni sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengenali maupun memahami dirinya sendiri secara kompleks.

Bukan hanya kenal nama, tapi juga kenal berbagai hal tentang dirinya. Mulai dari sifat, watak, perasaan, emosi, cara pandang, pikiran, cara beradaptasi dengan lingkungannya dan lain sebagainya.

Selain itu, self awareness juga suatu kemampuan untuk memandang diri secara objektif, melalui cara-cara refleksi dan intropeksi.

Melalui pemahaman akan diri, seseorang dapat berpikir sebelum bertindak, sebelum melangkah lebih jauh di sebuah realitas sosial.

Manfaat

Memangnya apa pentingnya memiliki kesadaran pada diri sendiri ini? Apakah bermanfaat bagi diri sendiri?

Jangan salah, sebagaimana yang dikutip dari ners.unair.ac.id, jika kita dapat memaksimalkan self awareness pada diri, kita akan memiliki kontrol yang lebih pada diri sendiri, alias self control.

Selain itu, manfaat lain yang dapat diambil dari penguasaan self awareness adalah kemampuan dalam membaca kondisi sosial, empati yang tinggi dan toleransi yang tinggi, alias yang disebut juga sebagai kemampuan perspective taking (pengambilan perspektif).

Tidak hanya itu, melalui self awareness juga kita dapat memaksimalkan kreatifitas atau creative achievement (Pencapaian kreatif). Pasalnya, terdapat pemilihan ide yang selektif untuk memilih yang terbaik.

Bahkan kesadaran diri sendiri juga dapat memantik perasaan bangga pada diri dan memiliki harga diri alias pride and high self-esteem (Kebanggaan dan harga diri yang tinggi).

Cara membangun self awareness

Lantas bagaimana kita dalam mengenali diri kita sendiri, memahamai bahkan memiliki kesadaran akan diri kita sendiri?

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat memiliki kesadaran pada diri sendiri.

  1. Self talk

Cara sederhana yang paling awal adalah dengan berbicara pada diri kita sendiri, berbicara pada inner voice diri sendiri tentang berbagai kondisi yang dialami. Bisa diungkapkan di dalam hati, maupun dengan suara pada diri sendiri sebagai sugesti untuk diri.

  1. Refleksi diri

Di dalam segala perjalanan hidup, kita perlu meluangkan waktu untuk refleksi diri, intropeksi diri atau mengevaluasi segala hal yang telah kita lakukan. Dengan begitu, kita dapat memahami apa yang menjadi kelemahan maupun kekuatan pada diri kita.

  1. Menilai diri dari orang lain

Kita dapat meminta pendapat orang lain tentang diri kita, tentang segala hal yang melekat pada kita. Dengan begitu, kita dapat memahami diri dengan lebih objektif, tidak hanya melihat diri dari sudut kita sendiri.

  1. Open-self

Pada kondisi tertentu kita perlu menjadi diri yang terbuka, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Pasalnya, dengan demikian kita dapat memahami apa yang membentuk diri kita dan memperkaya diri kita.

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #self #awareness #bagaimana #cara #memiliki #kesadaran #pada #diri #sendiri #berikut #penjelasan #manfaatnya

KOMENTAR