11 Manfaat Buah Jamblang, Mulai dari Menurunkan Risiko Anemia Hingga Mengontrol Gula Darah
Buah Jambang. (Istimewa)
11:20
18 Maret 2024

11 Manfaat Buah Jamblang, Mulai dari Menurunkan Risiko Anemia Hingga Mengontrol Gula Darah

Buah Jamblang merupakan nama buah yang berasal dari tumbuhan jambu liar (Syzygium cumini), yang juga dikenal dengan nama lain seperti buah Duwet. Buah ini tumbuh pada pohon yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae.

Buah jamblang adalah buah yang cantik dengan warna biru tua atau ungu yang indah. Buah asal India ini berukuran kecil ini sekilas mirip dengan anggur, tetapi jamblang sebenarnya merupakan bagian dari keluarga jambu air.

Buah jamblang memiliki rasa masam saat dimakan, meski begitu buah ini memiliki banyak khasiat seperti mengandung kalsium, fosfor, zat besi, dan mampu mengontrol kadar gula.

Dikutip dari Laman Hallosehat.com (18/03) Berikut 11 manfaat dari buah jamblang, mulai dari khasiatnya untuk kesehatan tubuh hingga sebagai pewarna makanan.

1. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi
Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram buah jamblang mengandung 33 mg kalsium dan 138 g fosfor. Kedua kandungan di dalam buah jamblang ini memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Fungsi fosfor bekerja sama dengan kalsium membentuk gusi dan email gigi yang sehat. Fosfor juga memiliki peran penting untuk mengatasi penyakit tulang, seperti osteoporosis

2. Mengontrol kadar gula darah
Studi dalam jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine mengungkapkan bahwa ekstrak biji dan buah duwet dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan pada tikus dengan diabetes.

Selain itu, ekstrak buah ini dapat membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh tikus. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan manfaat buah duwet dalam mengontrol gula darah pada manusia

3. Menurunkan risiko anemia
Anemia defisiensi zat besi merupakan salah satu jenis anemia yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi sehingga tubuh tidak dapat menghasilkan sel darah merah yang cukup.

Dengan mengkonsumsi buah jamblang yang mengandung zat besi yang berperan penting dalam menghasilkan sel darah merah yang sehat.

Perlu diketahui bahwa tubuh tidak bisa menghasilkan zat besi secara alami, sehingga Anda mendapatkannya dari suplemen atau makanan.

4. Sebagai pewarna alami untuk makanan
Buah jamblang kaya akan pigmen antosianin terutama pada bagian kulitnya. Senyawa antosianin inilah yang memberikan warna ungu kehitaman pada buah jamblang.

Kandungan pigmen antosianin di dalam buah ini dapat berperan sebagai antioksidan dan pewarna makanan alami.

Studi dalam Journal of Food Science and Technology mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan total antosianin yang maksimal sebagai pewarna makanan, buah ini perlu dipanaskan dalam suhu 44 °C selama 93 menit.

5. Bantu menurunkan tekanan darah
Manfaat buah jamblang membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena biji dari buah jamblang mengandung asam ellagic, yakni salah satu jenis polifenol yang bersifat antioksidan.

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh buah duwet ini dapat membantu mencegah reaksi stres oksidatif di dalam tubuh akibat radikal bebas.

Stres oksidatif dapat memicu naiknya kadar kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan kalium di dalam buah ini dapat membantu mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah.

6. Berpotensi mengobati tukak lambung
Buah jamblang diketahui dapat berpotensi mengobati penyakit tukak lambung karena memiliki sifat antiinflamasi.

Tukak lambung adalah peradangan pada dinding lambung yang disebabkan oleh kadar asam lambung yang tinggi.

Studi dalam jurnal Gastroenterology Research and Practice mengungkapkan bahwa sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh buah jamblang dapat mengurangi peradangan pada lambung. Caranya dengan menghambat Nitric Oxide (NO) dan TNF-α yang berperan dalam proses peradangan dalam tubuh.

Namun, penelitian ini masih dilakukan pada hewan, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek buah ini dalam mengobati tukak lambung pada manusia.

7. Mengobati pneumonia
Biji buah jamblang memiliki sifat antibakteri yang diketahui memiliki potensi untuk pengobatan pneumonia.

Penelitian yang terbit dalam jurnal AMB Express menunjukkan bahwa ekstrak biji metanol buah jamblang dapat membunuh bakteri Bacillus subtilis, yakni bakteri yang menyebabkan pneumonia.

Namun, penelitian ini belum diuji coba pada manusia dan masih dalam tahap pengujian laboratorium. Jadi, masih diperlukan penelitian tambahan untuk membuktikkan manfaat dalam pengobatan pneumonia.

8. Menjaga daya tahan tubuh
Sistem imun tubuh merupakan mekanisme penting yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan zat berbahaya lainnya.

Namun, paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah, sehingga tubuh rentan terkena penyakit.

Buah duwet memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, kinerja sistem imun tubuh tetap terjaga.


9. Berpotensi mengurangi risiko terkena kanker
Selain membantu menjaga daya tahn tubuh, buah jamblang berpotensi untuk mengurangi risiko terkena kanker ovarium.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Cancer Research and Therapeutics mengungkapkan bahwa ekstrak buah jamblang memiliki kandungan quercetin, gallic acid, dan asam oleanolik yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium.

Namun, masih dibutuhkan penelitian tambahan untuk membuktikkan manfaat buah ini sebagai agen terapi pengobatan kanker.

10. Menjaga kesehatan kulit
Mengonsumsi buah jamblang juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur kulit.

Selain itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit terlihat kencang dan tampak lebih muda.

11. Mempercepat penyembuhan luka
Studi dalam jurnal Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa mengoleskan ekstrak madu buah jamblang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada tikus dengan diabetes.

Buah jamblang punya manfaat membantu meningkatkan produksi kolagen dan myofibroblast yang berperan dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menutup luka. Karena buah satu ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi bakteri pada luka.

Meski buah jamblang memiliki manfaat kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter bila memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu. Buah-buahan hanya bisa mengurangi efek dari satu penyakit, bukan menyembuhkan seutuhnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #manfaat #buah #jamblang #mulai #dari #menurunkan #risiko #anemia #hingga #mengontrol #gula #darah

KOMENTAR