12 Makanan Ini Mengandung Vitamin B6 yang Baik untuk Kesehatan, Yuk Simak!
ILUSTRASI: Menu makanan ikan salmon. (Pexels)
10:39
18 Maret 2024

12 Makanan Ini Mengandung Vitamin B6 yang Baik untuk Kesehatan, Yuk Simak!

Vitamin B6 (piridoksin) merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang diperlukan untuk fungsi vital tubuh.

National Institutes Health (NIH) merekomendasikan orang dewasa berusia 19-50 tahun untuk mengonsumsi 1,3 miligram vitamin B6 setiap hari. Untuk yang di atas 50 tahun, direkomendasikan 1,7 miligram untuk pria dan 1,5 miligram untuk wanita.

Vitamin yang larut dalam air ini diperlukan untuk memproses asam amino dalam tubuh, yang membentuk bahan penyusun protein dan beberapa hormon.

Selain itu, vitamin B6 meningkatkan produksi sel darah merah dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Oleh karena itu, mengonsumsi B6 dalam jumlah yang tepat penting untuk kesehatan.

Berikut adalah daftar makanan yang mengandung vitamin B6, melansir laman Healthline, Senin (18/3).

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki salah satu konsentrasi vitamin B6 tertinggi yang tersedia dalam makanan. B6 penting untuk kesehatan adrenal.

Kelenjar adrenal menghasilkan hormon penting, termasuk kortisol, adrenalin, dan aldosteron. Hormon yang diproduksi di adrenal membantu mengatur tekanan darah dan bekerja mengontrol gula darah.

Salmon juga kaya akan banyak nutrisi lain dan merupakan sumber protein rendah lemak. Jika memasak salmon di rumah, carilah varietas liar atau salmon liar. Salmon ini memiliki konsentrasi B6 yang lebih tinggi dibandingkan salmon yang dibudidayakan.

2. Ikan Tuna

Vitamin B6 membantu produksi hemoglobin, protein yang membawa oksigen melalui darah. Konsentrasi B6 yang sangat tinggi dapat ditemukan pada tuna, terutama pada varietas sirip kuning dan albakora (albacore).

Konsentrasi B6 tertinggi ditemukan pada steak tuna, meskipun tuna kalengan juga mengandung kadar yang signifikan.

3. Telur

Dua butir telur menyediakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin B6, serta protein dan nutrisi lainnya, tidak peduli bagaimana cara memasaknya. Yang paling mudah bisa dibuat telur dadar berisi sayuran untuk menambah serat.

4. Hati ayam

Hati ayam merupakan sumber protein, folat, dan vitamin A, serta B6 dan B12 yang baik. B6 membantu tubuh untuk memecah dan menggunakan protein secara efisien. Usahakan untuk tidak memasak hati terlalu lama, karena hal tersebut dapat membuat hati menjadi kenyal.

5. Daging sapi

Daging sapi memang tinggi lemak, tetapi juga menyediakan sejumlah besar protein dan nutrisi lainnya, termasuk vitamin B6. Jika memilih daging sapi yang diberi pakan rumput dan tanpa lemak, bisa mendapatkan manfaat nutrisinya sekaligus menghilangkan banyak lemak.

6. Wortel

Satu batang wortel berukuran sedang memasok vitamin B6 sebanyak segelas susu, ditambah serat dan vitamin A dalam jumlah yang sangat tinggi. Vitamin B6 membantu membentuk selubung protein di sekitar sel saraf, yang disebut mielin. Mengonsumsinya bisa langsung dimakan mentah, dimasak dulu, atau dibuat smoothie atau jus.

7. Bayam

Vitamin B6 membantu membuat antibodi, yang membantu mencegah penyakit dan infeksi. Bayam kaya akan B6, serta vitamin A dan C, juga zat besi.

8. Ubi jalar

Satu ubi jalar memasok 15 persen dari nilai harian vitamin B6 yang direkomendasikan. Ubi jalar juga memiliki banyak serat, vitamin A, dan magnesium. Vitamin B6 membantu tubuh mengatur glikogen, cadangan energi yang disimpan di hati dan otot.

9. Pisang

Pisang berukuran sedang kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 membantu produksi serotonin dan norepinefrin, bahan kimia yang membantu fungsi saraf dan transmisi sinyal di dalam otak.

10. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang lezat dan penuh akan nutrisi. Alpukat kaya akan vitamin B6 dan C, ditambah dengan serat dan lemak sehat.

11. Susu

Satu cangkir susu sapi atau kambing menyediakan 5 persen dari nilai harian vitamin B6 yang direkomendasikan. Selain itu, susu juga menyediakan vitamin B12 dan kalsium dalam jumlah yang tinggi.

12. Keju Ricotta

Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air, ditemukan dalam kandungan whey keju. Semakin banyak whey yang dimiliki keju, semakin besar kemungkinan kandungan B6 di dalamnya.

Nutrisi lainnya yang ditemukan dalam whey termasuk vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan folat. Keju yang kandungan wheynya paling tinggi adalah ricotta.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #mengandung #vitamin #yang #baik #untuk #kesehatan #simak

KOMENTAR